Kalimat Persuasif Adalah: Definisi, Ciri, Format & Contoh

Kalimat persuasif pasti sering didengar oleh beberapa orang yang berkecimpung di industri periklanan. Kalimat persuasif adalah salah satu jenis kalimat yang bertujuan untuk mengajak pembacanya untuk melakukan hal yang disampaikan.

1 Fashion murah

Kalimat persuasif biasa digunakan pada saat penyampaian pidato, promosi, negosiasi dan aktivitas ajakan lainnya sehari-hari. Agar lebih jelasnya, silahkan simak pembahasan lebih lengkapnya mengenai kalimat persuasif di bawah ini.

fashion muslim murah

Kalimat Persuasif Adalah

Maksud atau arti dari kalimat persuasif adalah suatu jenis kalimat yang bertujuan atau digunakan untuk mengajak, menyerukan, meyakinkan, membujuk pembaca untuk melakukan suatu hal atau aktivitas yang disampaikan oleh penulisnya.

Atau singkatnya adalah kalimat persuasif ini dapat diartikan sebagai suatu kalimat ajakan yang tentunya mengajak seseorang sebagai pembaca untuk melakukan suatu hal ataupun yang memiliki pendapat yang sama tentunya.

1. Pengertian Kalimat Persuasif Menurut Para Ahli

Menurut Keraf sebagai ahli (2006: 115), suatu seni verbal yang bertujuan untuk meyakinkan seseorang sebagai pembaca agar melakukan sesuatu yang dihendaki oleh pembicara atau penulis pada waktu sekarang atau waktu yang akan datang.

Terdapat perbedaan dengan Finoza sebagai ahli (2008: 247) bahwa persuasi suatu karangan yang membuat percaya, yakin, terbujuk akan hal-hal yang dikatakan berupa sebuah fakta pendapat atau gagasan dari si penulis atau pembicara.

1 Fashion murah

2. Pengertian Kalimat Persuasif Menurut KBBI

Selain definisi atau pengertian menurut para ahli, kalimat persuasif juga terdapat penjelasan atau pengertian berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Kalimat persuasif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan suatu alasan dan prospek yang baik dan juga meyakinkan. Atau diartikan sebagai ajakan dan juga saat membuktikan pendapat.

Ciri Ciri Kalimat Persuasif

Setelah kamu mengetahui pengertian kalimat persuasif adalah suatu kalimat ajakan baik menurut para ahli dan juga menuru Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selanjutnya ada beberapa ciri-ciri kalimat persuasif pada realitanya.

Ciri-ciri ini ditujukan agar kita semua mengetahui tidak sekedar definisinya akan tetapi memahami dan mengetahui beserta contoh nyatanya. Simak beberapa ciri-ciri kalimat persuasif berikut ini agar tidak salah ketika akan mengidentifikasinya.

  • Penulis mampu menghindari konflik agar terjadi kesepakatan
  • Tulisannya bersifat mempengaruhi pembaca melalui fakta dan juga data
  • Penulis mampu meyakinkan pembaca atas ide atau gagasannya
  • Membangun ikatan kepercayaan antara penulis dan juga pembaca
  • Kalimat yang dibuat mampu menimbulkan kepercayaan bagi pembacanya
  • Bertolak bahwasanya pikiran pembaca dapat mudah diubah
  • Memuat fakta dan juga data yang sangat akurat kebenarannya
  • Mampu menyesuaikan diri dengan lawan komunikasi, baik dari sisi lisan maupun sisi tulisan
  • Penulis kalimat persuasif harus memiliki dasar atau integritas yang kuat
  • Kalimat mengandung atau bersifat ajakan atau imbauan
  • Menggunakan kalimat yang menghindari konflik demi tercapainya tujuan

Struktur Kalimat Persuasif

Struktur kalimat persuasif adalah unsur yang wajib ada dari suatu kalimat persuasif atau suatu ajakan, imbauan dan juga lainnya. Struktur kalimat persuasif memiliki 2 definisi yang berbeda baik dari ahli maupun Kementerian Kebudayaan.

1. Menurut Para Ahli

Suparno dan Yunus menyebutkan bahwa struktur dalam kalimat persuasif memiliki beberapa poin pentingnya. Yaitu dalam menentukan topik atau tema yang akan diambil ataupun digunakan dalam suatu bahasan karya tulis ilmiah.

1 Fashion murah

Memiliki tujuan mendasar terhadap suatu peristiwa, mengumpulkan data, pengalaman hingga penelitian. Dan kemudian membuat kerangka karangan, pengembangan kerangka karangan dan juga judul yang tepat.

2. Menurut Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia

Sedangkan menurut Kementerian Kebudayaan Republik Indonesia, struktur kalimat persuasif haruslah memiliki 4 poin penting di dalamnnya. Mulai dari pengenalan isu, rangkuman argumen, pernyataan ajakan dan juga penegasan.

Penegasan tersebut haruslah sesuai dengan pernyataan ajakan sebelumnya yang sudah ditentukan. Ungkapan yang sering digunakan pada kalimat persuasif ini biasanya menggunakan penegasan kata berupa “Demikianlah”, “Oleh karena itu”.

15 Contoh Kalimat Persuasif

Berikutnya akan terdapat beberapa contoh kalimat persuasif, baik kalimat yang panjang maupun kalimat persuasif yang singkat. Langsung saja simak beberapa poin dari contoh kalimat persuasif di bawah ini:

  • Susu sapi merupakan salah satu jenis susu terbaik yang mengandung sangat banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyaknya nutrisi yang terkandung akan membuat diri sehat. Ayo sehatkan tubuh dengan susu sapi
  • Mari kita belajar menanam pohon untuk program penghijauan bumi kita
  • Ayo belajarlah dengan giat agar dapat sukses di kemudian hari
  • Tingkatkan perlindungan diri dan keluarga dari virus. Mari gunakan masker saat beraktifitas
  • Mari berolahraga secara rutin agar tubuh selalu sehat
  • Dengan membuang sampah pada tempatnya, maka akan menjauhi lingkungan dari banjir. Maka dari itu mari buang sampah pada tempatnya
  • Dengan mengonsumsi makanan yang sehat setiap hari, maka tubuh akan sehat. Mari makan makanan yang sehat dan bernutrisi
  • Ayo terapkan hidup sehat sebelum penyakit menyerang
  • Banyaknya daerah rawan longsor ini salah satu penyebabnya dikarenakan kurangnya pohon. Dengan begitu ayo tanami dataran tinggi dengan tumbuhan agar mengantisipasi bencana longsor
  • Mari belajar bersama-sama agar kelak menjadi orang yang cermat dan juga pandai
  • Mari kita panjatkan do’a agar semuanya mendapatkan keselamatan di dunia maupun di akhirat
  • Ayo selesaikan pekerjaan secara menyeluruh agar kelak tidak menumpuk
  • Berbuat baik ke sesama bisa dilakukan dengan berbagai bentuk cara. Maka dari itu marilah berbuat baik ke semua orang

Kesimpulan

Dengan begitu, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa kalimat persuasif adalah salah satu jenis kalimat yang bertujuan untuk mengajak pembacanya untuk melakukan hal yang disampaikan oleh penulis maupun pengisi acara.

Semoga dengan adanya informasi di atas tadi bisa lebih memperjelas maksud atau arti dari kalimat persuasif secara luas. Mohon maaf apabila terdapat salah tulis ataupun kekurangan informasi yang tersedia. Terimakasih dan sampai jumpa.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu