20 Rekomendasi Novel Sejarah Islam Terbaik & Best Seller

20 Rekomendasi Novel Sejarah Islam Terbaik & Best Seller

Gambar Dibuat dengan Canva Pro | Novel Sejarah Islam

Novel sejarah islam terbaik dengan ide cerita yang keren di antaranya adalah Wali Sanga, Suluk Gunung Jati, Syehk Maulana Ishaq dan Sejarah Islam Di Jawa.

Selain itu, masih ada banyak banget novel dengan cerita menarik dan seru banget. Bagi kamu yang sedang mencari referensi daftar bacaan bertemakan agama, ini adalah daftar bacaan terbaik kamu.

Ide ceritanya keren banget dan bisa membuat pikiran kamu lebih terbuka terhadap perkembangan agama Islam di tanah air.

Gak cuma itu, novel ini juga dapat menambah rasa cinta kamu pada Islam. Bahwa perjalanannya emang gak mudah di tanah air ini. Apa saja novel sejarah Islam dengan cerita terbaik?

Rekomendasi Novel Sejarah Islam Terbaik

Berikut beberapa judul novel sejarah islam terbaik yang paling saya rekomendasikan untuk kalian baca. Diantaranya adalah:

1. Wali Sanga

Buku novel sejarah islam pertama adalah Wali Sanga. Wali Sanga ini menceritakan sejarah penyebaran islam di Indonesia. Cerita dimulai setelah Majapahit hancur oleh serangan Demak pada tahun 1478.

Pada saat itu tanah Jawa penuh pergolakan dan saat itulah penyebaran agama islam secara besar-besaran di lakukan oleh para Wali Sanga tersebut.

2. Suluk Gunung Jati

Buku novel sejarah islam selanjutnya adalah Suluk Gunung Jati. Buku ini mengisahkan sejarah perjalanan ruhani Syaikh Sarif Hidayatullah.

Mulai dar perjalanan spritualnya, hingga pertemuannya dengan sunan ampel sebagai rekonsiliasi sunda-jawa pasca perang bubat. Lalu menghadapi eyangnya sendiri yang berbeda keyakinan.

3. Kesaktian dan Tarekat Sunan Kalijaga

Novel ini merupakan novel sejarah yang secara umum menceritakan riwayat Raden Sahid atau Sunan Kali Jaga yang merupakan salah satu wali, ulama, dan penyebar agama islam di tanah Jawa.

4. Syehk Maulana Ishaq

Novel ini mengisahkan Syekh Maulana Ishaq yang merupakan yang di dalamnya menyerukan ketulusan, kearifan serta keluhuran budi dari sosok penyebar agama islam di tanah jawa tersebut.

5. Dhaeng Sekara

Buku ini mengisahkan Mahesa Sekar atau Dhaeng Sekara yang merupakan pemuda yang pandai dan jago kanuragannya. Dan ia merupakan murid dari Sunan Gresik.

Dhaeng Sekara memiliki wirid yang mampu bertahan hidup serta warisan pedang dari sang guru.

6. Sejarah Islam Nusantara

Buku karya Michael Laffan ini menceritakan sejarah peradaban islam di Nusantara. Islam memang bukan lahir di Indonesia. Namun, disinilah penduduk muslim terbesar di dunia.

7. Buya Hamka : Setangkai Bunga Di Taman Pujangga

Buku novel sejarah islam ini mengisahkan sosok ulama dan sastrawan Indonesia. Buku ini mengisahkan titik balik Malik yaitu Buya Hamka semasa kecil yang penuh dengan kenakalan.

8. API Tauhid: Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujjadid

Adalah kisah pemuda Lumajang yang bernama Fahmi yang menuntut pendidikan di Madinah. Novel ini mengangkat tema sejarah agama islam bekas kekuasaan khilafah Turki Ustmani dengan latar tempat sebuah kota di Turki.

9. Muhammad Lelaki Penggenggam Hujan

Buku novel ini menceritakan kisah baginda nabi Muhammad SAW. Novel ini mengajak umat untuk meneladani sifat teladan Rosulullah seperti Dermawan, kasih sayang, ramah dan sifat kenabian lainnya yang patut kita teladani sebagai umat beliau.

10. Sejarah Islam Di Jawa

Buku ini mengisahkan bagaimana awal mula agama islam masuk ke daerah Jawa. Banyak para sejarawan yang berbeda pendapat mengenai hal ini.

Dan dalam buku ini dapat di ambil 3 bagian penting yaitu awal mula kedatangan islam, para penyebar islam, dan strategi penyebarannya.

11. Kronolobgi Sejarah Islam & Dunia (571 S/D 2016)

Selanjutnya buku tentang sejarah Islam yang terbilang lengkap dari awal masuk islam di dunia hingga tahun 2016. Bagi penyuka sejarah islam buku ini bisa dijadikan buku pintar karena mencakup semua sejarah dari tahun awal hingga 2016.

12. Bangkit Dan Runtuhnya Daulah Islamiyah

Dengan adanya buku ini mengajak kita untuk meneladani para pendahulunya dan dapat melanjutkan sejarah dengan sebaik-baiknya penerus.

Ada 10 cerita di dalam buku tersebut dari mulai bangkit dan runtuhnya khilafah bani umayyah hingga bangkit dan runtuhnya dinasti mamluk.

13. Buku Pintar Sejarah Islam

Buku ini mengisahkan tentang jejak langkah peradaban islam dari masa Nabi Muhammad SAW hingga masa kini. Di sajikan dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami buku ini cocok bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah islam dari awal.

14. Sunan Drajat : Si Pemurah yang Gagah Berani

buku ini mengisahkan Sunan Drajat yang memiliki hati pemurah namun gagah berani dalam menyiarkan agama islam.

15. 17 Tuntunan Hidup Muslim

Buku ini mengajak anda sebagai umat islam untuk menjadi umat yang lebih baik lagi seperti judulnya didalamnya ada 17 tuntunan yang dapat anda laksanakan agar menjadi umat islam yang lebih baik.

16. Sunan Musafir

Novel karya dari Ramlee Awang Murshid ini merupakan penulis yang berasal dari malaysia. Mengisahkan tentang sunan musafir dengan latar waktu tahun 1511.

17. Sejarah Peradaban Islam

Buku sejarah islam ini menceritakan bagaimana peradaban agama islam terjadi hingga lima belas abad kini mulai dari kawasan arab, turki, hingga ke Indonesia.

18. Sunan Bonang Wali Keramat

Buku sejarah islam selanjutnya adalah Sunan Bonang. Buku ini mengisahkan kesaktian dan karomah dari Sunan Bonang dan pengajaran sunan mengenai ajaran islam yang rahmatan lilalamin.

19. Sunan Kudus Sang Panglima Perang

Buku sejarah islam berikutnya adalah Sunan Kudus. Mengisahkan Sayyid Ja’far Shadiq yang dikenal sunan kudus yang merupakan seorang panglima perang dari kesultanan Demak yang memiliki ilmu sakti.

20. Sejarah Sunan Muria

Terakhir novel sejarah islam adalah Sejarah Sunan Muria. Buku ini menceritakan secara lengkap baik biografi, strategi dakwah serta ajaran-ajarannya.

Akhir Kata

Dari daftar novel sejarah Islam terbaik di atas, mana novel yang pernah kamu baca? Ada? Jika belum pilih salah satu novel di atas dan rasakan keseruan dalam ceritanya.

Ide ceritanya sangat menarik dan ilustratif banget. Seperti membawa kita ke dunia berbeda dari saat ini. Namun bisa mengembangkan imajinasi dengan baik.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: