Resensi Novel Matahari Tere Liye: Sinopsis & Intrinsiknya

Resensi Novel Matahari Tere Liye: Sinopsis & Intrinsiknya

Resensi novel Matahari Tere Liye

Resensi novel Matahari Tere Liye menuai penilaian berupa kelebihan dan kekurangan dari sinopsis, unsur intrinsik dan ekstrinsiknya.

Novel ini berisi kisah petualangan yang lebih seru dibandingkan novel bulan dan bumi karya Tere Liye. Yuk ketahui lebih mendetail mengenai isi ceritanya dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Resensi Novel Matahari Tere Liye

Berikut ini resensi novel Matahari Tere Liye secara lengkap yang harus kamu ketahui.

1. Identitas Novel Matahari Tere Liye

Judul NovelMatahari
PenulisTere Liye
Jumlah halaman400 halaman
Ukuran buku13.5 X 20 CM
PenerbitGramedia Pustaka Utama
KategoriRoman
Tahun Terbit2016

2. Sinopsis Novel Matahari Tere Liye

Sinopsis novel Matahari karya Tere Liye dimulai dari ceita duka yang menyelimuti kisah kehiudpan Seli, Raib, dan Ali. Kesedihan tersebut terjadi karena Ily sahabatnya tewas dalam pertarungan Klan Matahari.

Ksatria dari Klan Bulan ikut merasakan kesedihan yang sama atas meningganya Ily. Hal tersebut membuat Miss Selana tidak dapat kembali pulang di Klan Bumi.

Ketika, mereka kembali ke Klan Bumi maka akan disambut dengan tugas anak sekolah seperti pada umumnya. Terutama, tokoh Ali yang berperan sebagai bintang lapangan dalam kompetisi basket.

Dicurigai bahwa tokoh Raib melakukan kecurangan dengan menyalahgunakan hasil eksperimennya.

Oleh karena itu, saat final terjadi hal yang tidak sportif dilakukan oleh para lawan. Hal tersebut tentunya membuat Ali menjadi marah, bahkan ia nyaris berubah menjadi seekor beruang yang besar.

Raib mengetahui hal tersebut sehingga ia mencoba untuk menenangkan Ali dengan cara menggunakan kemampuan teleportasi. Tetapi, Ali sudah dibawa lebih cepat oleh pesawat kapsul perak.

Dari kejadian tersebut muncullah aksi kejar mengejar sampai membawa Raib dan Seli ke parkiran pesawat kapsul perak ke basement rumah mewahnya tokoh Ali.

Ternyata, Kapsul perak tersebut adalah eksperimen Ali yang diberi nama Ily. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada sahabat mereka yang sudah tewas di pertarungan sehingga Ily eksperimennya dapat disebut sebagai Ily versi kedua.

Tokoh Ali mengakui sebelum membuat pesawat kapsul perak tersebut harus mengumpulkan berbagai ilmu bari tentang tabung perak yang sudah diberikan oleh Av. Merchandise Gift saat pulang dari klan Bulan.

Keseruan kisah petualangan Raib, Seli, dan Ali dalam menghadapi berbagai pertarungan semakin seru terutama saat menghadapi pertarungan yang terjadi di klan Bintang.

3. Kelebihan Novel Matahari Tere Liye

Kelebihan novel Matahari Tere Liye yaitu dapat terlihat dari pemilihan dan penggunaan bahasa yang ringan sehingga mudah untuk dipahami oleh pembacanya.

Selain itu, penulis membuat alur cerita dengan sangat imajinatif sehingga dapat membuat pembaca benar-benar ikut dalam dunia imajinatif tersebut. Bahkan, alur dalam cerita juga sangat menarik hingga melahirkan rasa penasaran.

Kelebihan berikutnya yaitu novel Matahari mempunyai nilai edukasi yang tinggi karena di dalam cerita banyak mengulas keilmuan bidang Fisika yang sulit dipahami oleh banyak orang.

Lalu, novel Matahari juga memuat pesan moral dari setiap kejadian atau peristiwa yang dialami para tokoh. Oleh karena itu, buku ini cocok dijadikan sebagai bahan bacaan para remaja.

Tokoh di dalam novel juga digambarkan secara detail dan jelas sehingga pembaca dapat memahami setiap karakter tokoh dengan mudah.

4. Kekurangan Novel Matahari Tere Liye

Tidak hanya mempunyai kelebihan, di dalam resensi novel Matahari Tere Leye juga terdapat sedikit kekurangannya.

Terdapat bagian alur cerita dalam novel yang diulas sangat panjang yaitu cerita tentang Bulan yang membuat kisah cerita menjadi monoton, bahkan pembaca juga akan sulit memahami alur ceritanya.

Kemudian, terdapat kesalahan penulisan dalam novel sehingga dapat mengganggu perhatian pembaca. Contohnya, terdapat kesalahan penulisan di halaman 79 yaitu pada kata “tipis” dituliskan “tips”.

Kemudian klimaks dalam novel terdapat di bagian akhir cerita sehingga di awal cerita, pembaca kurang menemukan hal-hal yang mengejutkan hingga penasaran dengan alur ceritanya.

5. Unsur Intrinsik Novel Matahari Tere Liye

Berikut ini unsur intrinsik novel matahari Tere Liye yang harus kamu ketahui:

5.1. Tema

Tema dalam novel Matahari yaitu bercerita tentang petualangan para tokohnya.

5.2. Alur

Alur dalam novel Matahari menggunakan alur campuran yaitu alur maju dan alur mundur.

5.3. Sudut Pandang

Sudut pandang novel Matahari menggunakan sudut pandang orang pertama karena muncul tokoh aku di dalam novel.

5.4. Diksi dan Gaya Bahasa

Diksi yang digunakan dalam novel sangat ringan karena menggunakan kata-kata sehari-hari sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

5.5. Latar Tempat

Latar tempat novel Ayah berada di aula sekolah, ruang kelas, kantin, rumah Raib, rumah Ali, Klan Bintang, Klan Bulan, dan rumah Seli.

5.6. Penokohan

  • Raib, tokoh utama yang mempunyai karakter judes, pemarah, dan teguh pendirian.
  • Ali, tokoh yang berkatakter usil, pantang menyerah, dan introvert.
  • Seli berkarakter polos, ceria, dan ramah.
  • Faar berkarakter bijaksana, nekat, dan prinsipil.
  • Kaar berkarakter Meer.

5.7. Latar Waktu

Latar waktu novel Matahari yaitu di siang hari, pagi hari, dan malam hari.

5.8. Amanat

Amanat yang terdapat dalam novel Matahari yaitu dalam sebuah kelompok regu atau persahabatan memang sangat diperlukan adanya kekompakan.

Tidak disarankan untuk menakuti kegagalan yang belum tentu terjadi.

Hidup adalah petualangan. Setiap orang mempunyai petualangan masing-masing. Jadi, jalanilah petualangan terbaikmu dengan semangat dan lakukan yang terbaik.

6. Unsur Ekstrinsik Novel Matahari Tere Liye

Berikut ini unsur-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Matahari karya Tere Liye:

5.1. Biografi Pengarang

Terlihat dari biografi pengarangnya, Tere Liye merupakan novelis yang lahir di tahun 1979. Beliau memiliki nama asli yaitu Darwis. Ia lahir di daerah pedalaman Sumatra.

Ia memang dikenal sebagai penulis dengan karya imajinasi yang tinggi sehingga tak heran apabila karya-karyanya mempunyai khayalan fiksi yang berbeda dari novel Indonesia lainnya.

5.2. Kondisi Latar Belakang Pengarang

Awalnya, Tere Liye mengalami banyak permasalahan untuk menerbitkan hasil tulisannya.

Namun, dengan semangat yang tinggi ia selalu membuat karya yang berbeda dari penulis Indonesia lainnya.

Dengan kondisi latar belakang pengarang bukan dari keluarga yang sudah terkenal dan kaya raya. Beliau tetap berusaha membuat karya yang bagus hingga kini banyak karyanya yang best seller.

5.3. Nilai Moral

Nilai moral dalam novel Matahari terlihat dari kekompakan antara tokoh Seli, Raib, dan Ali. Mereka sangat kompak dalam menghadapi segala hal masalah.

Tidak ada kata menyerah diantara ketiga tokoh tersebut. Mereka selalu bersikap saling menolong, saling peduli, dan saling memperhatikan antara satu dengan yang lainnya.

5.4. Nilai Sosial

Dalam menjalankan sebuah petualangan, kita harus selalu bekerjasama dengan kelompok kita. Tidak diperbolehkan untuk mempunyai sifat egois yang nantinya akan menghancurkan diri kita sendiri.

7. Pesan Moral Novel Matahari Tere Liye

Pesan moral dalam novel Matahari yaitu setiap orang mempunyai petualangan hidup masing-masing.

Bersikaplah untuk saling menolong, saling peduli, dan saling menghargai dengan orang lain agar petualangan kita di dunia mencapai keberhasilan.

Seorang guru Bahasa Indonesia yang kebetulan suka membaca novel dan mencurahkannya ke dalam tulisan.

Artikel Menarik Lainnya: