Resensi Novel Samuel: Sinopsis, Identitas & Intrinsiknya

Resensi novel Samuel Ita Kurniawati lengkap berupa sinopsis, identitas, dan unsur-unsurnya memberikan gambaran cerita novel secara mendetail. Dengan begitu kamu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan novel.

Sebagai novel best seller, tentu saja mengundang minat para pembaca untuk memahami resensi lengkapnya.

Resensi Novel Samuel Lengkap

Berikut ini resensi novel Samuel Lengkap untuk kamu ketahui sebagai bahan bacaan di waktu luang.

1. Identitas Novel Samuel

Judul NovelSamuel
PenulisIta Kurniawati
Jumlah halaman260 halaman
Ukuran buku14 X 20 CM
PenerbitPenerbit Akad
KategoriRoman
Tahun Terbit2021

2. Sinopsis Novel Samuel

Sinopsis Novel Samuel karya Ita Kurniawati mengkisahkan kehidupan tokoh utama yang bernama Samuel Erlangga. Tokoh ini juga sering dipanggil dengan nama Samuel. Azura memanggilnya dengan sebutan Baby El.

Tokoh Samuel dikenal sebagai sosok pria tampan yang berkepribadian tegas, tidak baperan, dan kejam.

Tetapi, sebenarnya sifat tersebut berbanding terbalik dengan sifatnya yang sebenarnya. Di kehidup nyatanya, saat berada di rumah, Samuel adalah sosok anak yang manja, apalagi saat sudah bertemu dengan susu di botol spidermen buatan ibunya.

Tokoh Samuel memang selalu menyembunyikan kehidupan aslinya dibalik topeng. Di depan banyak orang, Samuel terlihat mempunyai kehidupan yang sempurna.

Hal tersebut dikarenakan Samuel trauma dengan kejadian dua tahun yang lalu. Wanita yang dicintai Samuel meninggal karena kesalahannya. Oleh karena itu, ia selalu dihantui oleh perasaan bersalah sehingga tidak mempunyai hubungan romantis lagi dengan wanita lainnya.

Samuel yang sedang tenang menjalani kembali hidupnya dari masa lalunya, kini diganggu oleh kehadiran tokoh gadis yang bernama Azura Anastasia.

Tokoh gadis tersebut merupakan anak dari sabahat ayahnya yang sudah dijodohkan dengan Samuel sejak masih kecil. Bahkan, sudah tertera di surat wasiat ayah Azura sebelum meninggal.

Azura mempunyai kepribadian yang manja, polos, dan menyebalkan. Tokoh Samuel dan Azura memang mempunyai kepribadian yang sangat bertolak belakang.

Samuel tidak diperbolehkan untuk menolak perjodohannya dengan Azura. Setelah Samuel dan Azura resmi bertunangan, Azura pindah ke sekolah yang sama dengan tokoh Samuel di SMA TAruna Bakti.

Suatu saat, terjadi pertengkarang hebar antara Azura dan Samuel. Hal tersebut dikarenakan Azura mematahkan barang berharga Samuel yaitu peninggal kekasih Samuel yang sudah meninggal.

Diam-diam Azura terlihat dekat dengan Raskal yang menjadi Samuel. Bahkan, tokoh Raskal mengatakan kepada Samuel bahwa ia ingin Azura menjadi kekasihnya.

Seringkali, Samuel melarang Azura untuk bertemu dengan Raskal. Tetapi, pertengkaran terus terjadi diantara Azura dan Samuel karena sikap gadis manja itu yang sangat polos.

Lama kelamaan, tokoh Samuel mulai merasakan perasaan yang berbeda terhadap Azura. Ia mulai merasa takut untuk kehilangan orang-orang terdekatnya, salah satunya yaitu Azura.

Samuel kini selalu berusaha melindungi Azura dari bahaya. Dengan kehadiran Azura kini Samuel juga merasa hidupnya semakin berwarna, meski sering dibuat kesal oleh gadis manja tersebut.

Perasaan cinta Samuel kepada Azura terus tumbuh, kini Samuel menjaga Azzura berdasarkan rasa cinta.

3. Kelebihan Novel Samuel

Novel Samuel Ita Kurniawati mempunyai kelebihan dari cara penulisnya menyampaikan cerita secara to the point. Oleh karena itu, novel ini jumlah halamannya sedikit yaitu hanya 260 halaman saja.

Selain itu, penulis novel Samuel juga menuangkan imajinatifnya berdasarkan pandangan dirinya sebagai sosok gadis remaja. Oleh karena itu, buku ini sangat cocok dibaca oleh para anak remaja.

Karakter tokoh dan latar dalam cerita novel Samuel sangat realistis seperti kehidupan nyata secara umum sehingga membuat pembaca mudah untuk membayangkan kisah yang diceritakan karena sering pembaca temukan pada kehidupan nyata.

Gaya bahasa yang digunakan penulis dalam menyampaikan cerita sangat santai, menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan sehingga mudah untuk dipahami isi ceritanya.

Tidak hanya mengkisahkan cerita remaja, novel Samuel juga mengangkat isu-isu trauma masa lalu, pembunuhan, dan bullying. Beberapa ceritanya sangat menarik dibaca dengan unsur edukatif yang tersirat di dalamnya.

4. Kekurangan Novel Samuel

Kekurangan yang dijumpai dalam resensi novel Samuel yaitu adanya kata-kata kasar yang tertulis di dalam novel. Oleh karena itu, novel ini sebaiknya dibaca dengan bijak. Mungkin orang yang tidak suka dengan kata-kata kasar tersebut, tidak akan melanjutkan membaca cerpennya.

Penulis menyampaikan isi cerita secara to the point sehingga banyak adegan yang kurang jelas dan tidak detail bagiannya. Tentu saja, membuat pembaca menjadi kurang puas dengan bagian cerita tertentu.

5. Unsur Intrinsik Novel Samuel

Berikut ini unsur intrinsik novel Samuel yang dapat menceriminkan isi cerita dalam novel.

5.1. Tema

Tema novel Samuel yaitu percintaan. Terlihat dari garis besar cerita membahas kisah cinta tokoh utamanya yaitu Samuel.

5.2. Tokoh

  • Samuel.
  • Azura.
  • Raskal.
  • Mantan kekasih Samuel.
  • Orangtua Azura.
  • Orangtua Samuel.
  • Anggota geng motor Samuel.

5.3. Latar Tempat

Latar tempat novel Samuel berada di jalan, di rumah Samuel, di sekolah.

5.4. Latar waktu

Latar waktu dalam novel Samuel terjadi di pagi hari, siang hari, dan malam hari.

5.5. Alur

Alur novel Samuel menggunakan alur campuran yaitu alur maju dan alur mundur.

5.6. Sudut Pandang

Sudut pandang novel menggunakan sudut pandang orang ketiga karena menggunakan nama-nama tokoh.

5.7. Diksi

Diksi dalam novel Samuel menggunakan bahasa sehari-hari sehingga sangat mudah untuk dipahami.

5.8. Amanat

Janganlah kamu menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi dengan orang-orang di sekitarmu.

Hargai dan sayangilah apa yang sekarang kamu punya, buatlah orang-orang disekitarmu merasa bahagia dengan kehadiranmu.

6. Unsur Ekstrinsik Novel Samuel

Berikut ini unsur ekstrinsik dalam novel Samuel yang cukup lengkap dan menarik untuk kamu ketahui.

5.1. Biografi Pengarang

Berdasarkan biografi pengarang yang masih berusia muda. Ita Kurniawati mampu menuliskan cerita percintaan anak remaja di jaman sekarang dengan sangat menarik.

5.2. Psikologi Pengarang

Di usianya yang masih remaja, pengarang dapat menggambarkan tokoh-tokoh remaja dengan karakter yang realistis sangat mirip dengan anak-anak remaja di jaman sekarang.

5.3. Nilai Sosial

Terdapat nilai sosial yang tersirat dalam novel Samuel yaitu untuk menepati janji, meskipun itu berat.

Terlihat dari perilaku kedua orangtua Samuel yang bersedia menepati janji kepada orangtua Azura, meski harus memaksa Samuel.

5.4. Nilai Moral

Nilai moral dalam novel terlihat dari tidak diperbolehkannya perlakuan bullying dimanapun dan kepada siapapun.

5.5. Nilai Pendidikan

Saat bestatus sebagai siswa maka kita harus tetap berprestasi dalam bidang akademik.

7. Pesan Moral Novel Samuel

Pesan moral Novel Samuel Ita Kurniawati yaitu tidak boleh menyalahkan diri sendiri atas kejadian buruk yang terjadi pada dirimu sendiri maupun orang lain disekitarmu.

Setiap orang tidak mampu mengendalikan banyak hal sehingga kamu juga tidak akan mengetahui realita yang akan terjadi.

Tidak menutupi kebenaran meskipun kejujuran itu akan merugikanmu karena segala bentuk kebenaran yang ditutupi pasti akan terbuka juga.

Cintai dan harga apa yang menjadi milikmu saat ini karena kamu tidak pernah tahu kapan milikmu itu akan hilang. Jadi, berikan yang terbaik untuk orang-orang terkasihmu.

Artikel Menarik Lainnya: