Resensi Novel Sang Pemimpi: Sinopsis, Kelebihan & Pesan

Apa saja ya isi novel sang pemimpi? Jika ini pertanyaan yang sedang kamu cari-cari, kamu sedang baca artikel yang tepat. Ini adalah resensi novel sang pemimpi karya Andrea Hirata.

Di sini kamu akan tahu latar belakang ceritanya hingga identitas lengkap novel ini beserta kelebihan dan kekurangannya. Kamu akan banyak paham tentang novel ini.

Identitas Novel Sang Pemimpi

Berikut di bawah ini merupakan identitas dari novel sang pemimpi. Diantaranya, yaitu:

Judul NovelSang Pemimpi
PenulisAndrea Hirata
PenerbitPT Bentang Pustaka
KategoriMotivasion
Tahun Terbit2006-2010

Sinopsis Novel Sang Pemimpi

Resensi Novel Sang Pemimpi

Sinopsis dari Novel Sang Pemimpi yaitu mengisahkan tiga bocah dari Belitong yang bernama Ikal, Arai dan Jimbron. Kisah dalam Novel Sang Pemimpi ini menceritakan sebuah persahabatan serta perjuangan dalam menghadapi kerasnya kehidupan.

Impian dan semangat menjadi dua kata utama dalam novel tersebut yang menggerakan semangat ketiga anak muda tersebut untuk terus bertahan dalam menghadapi hidup yang begitu keras.

Pak balia mampu mengobarkan rasa semangat dengan kata-kata motivasinya sehingga membuat Ikal dan Arai berhasil mendapatkan beasiswa ke Universite De Paris, Sorbone, Prancis.

Unsur Intrinsik Novel Sang Pemimpi

Resensi novel Sang Pemimpi

Beberapa unsur intrinsik dalam novel Sang Pemimpi, yaitu:

1. Tema

tema dalam novel sang pemimpi yaitu mengisahkan tentang tema persahabatan serta perjuangan dalam mengarungi kehidupan serta kepercayaannya dalam menggapai sebuah mimpi atau pengaharapan.

2. Tokoh utama

tokoh utama dalam novel sang pemimpi ini yaitu tiga sahabat yang bernama Ikal, Arai dan Jimbron

3. Tokoh tambahan

Pak balia, Pak mustar, Ibu Ikal, Ayah Ikal, Mahader, A Kiun, Pak Cik Basman, Taikong, Hanim, Capo, Bang Zaitun, Pendeta Geovany, Mak Cik dan Laksmi.

4. Sudut pandang

Sudut pandang dalam novel sang pemimpi menggunakan sudut pandang orang pertama atau akuan. Dimana penulis menempatkan dirinya sebagai Ikal sebagai tokoh utama dalam cerita tersebut.

5. Alur

Alur yang digunakan dalam novel sang pemimpi ini adalah alur gabungan yaitu alur maju dan alur mundur. Contoh alur maju dalam novel tersebut terlihat ketika penulis menceritakan sosok ikal mulai dari kecil hingga dewasa.

Dan alur mundur dari novel tersebut ketika sudah dewasa kisah ikal di ulas kembali pada beberapa bagian dalam cerita.

6. Gaya bahasa

Gaya bahasa yang di buat oleh Andrea Hirata sudah jangan diragukan lagi penulis tersebut mampu membuat para pembaca tanpa di sadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang dibuat dalam novel.

Penulisan novel ini menggunakan gaya realis namun bertabur metafora, selain itu penyampaian cerita yang cerdas dan menyentuh, penuh imajinasi dan inspiratif.

Baca juga: Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Kelebihan & Kekurangan Novel Sang Pemimpi

Resensi novel Sang Pemimpi

Berikut kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam novel sang pemimpi. diantaranya:

1. Kelebihan Novel Sang Pemimpi

Beberapa kelebihan Novel Sang Pemimpi, yaitu:

• Kelebihan dalam novel sang pemimpi yang pertama kekuatan alur sehingga pembaca bisa merasakan latar yang dideskripsikan oleh penulis.
• Bahasa-bahasa intelektual yang berkelas akan kamu temukan dalam novel sang pemimpi
• Setiap adegan di ungkapkan dengan jelas sehingga pembaca akan menerka-nerka apa yang akan terjadi selanjutnya.
• Kepandaian penulis dalam menuangkan karakternya sangat kuat sehingga pembaca merasakan kelekatan dalam karakter tersebut.

2. Kekurangan Novel Sang Pemimpi

Beberapa kekurangan novel Sang Pemimpi, yaitu:

Novel sang pemimpi memiliki kekurangan dalam konplik cerita yang tidak terlalu tajam antara Arai dan Ikal.

Setiap novel pasti memiliki kekurangan tidak terkecuali dalam novel sang pemimpi meski kekurangan ini tidak terlalu berarti dibandingkan dengan kelebihan-kelebihannya.

Pesan Dalam Novel Resensi Novel Sang Pemimpi

pesan yang disampaikan dalam novel sang pemimpi ini yaitu bekerja keras, semangat dan yakinlah tiada usaha yang akan menghianati hasil.

Setiap manusia pasti mempunyai mimpi besar namun terganjal oleh keterbatasan. Jangan berhenti bermimpi karena sang pemimpi adalah jangan pernah berhenti untuk bermimpi.

Baca juga: Resensi Novel Ayat Ayat Cinta dan 4 Pesannya

Akhir Kata

Resensi novel Sang Pemimpi ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi singkat tentang Novel Sang Pemimpi. Buat kamu yang ingin membeli buku ini bisa punya gambaran singkatnya.

Kamu juga bisa tahu apa yang jadi kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Sehingga kamu bisa putuskan apakah kamu akan membelinya atau tidak.

Tinggalkan komentar