Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan Singkat & Lengkap

Resensi novel Surat Kecil untuk Tuhan memiliki review yang bagus dari para penikmat sastra. Novel ini dapat menjadi pilihan koleksi bagi para penikmat karya sastra Indonesia.

Kisah inspiratif yang tidak hanya diberikan oleh tokoh utama, namun juga ayah dari tokoh utama dapat memberikan pesan yang mendalam mengenai perjuangan hidup dan kasih sayang orang tua.

Identitas Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Berikut ini informasi mengenai identitas novel Surat Kecil untuk Tuhan:

Judul NovelSurat Kecil untuk Tuhan
PenulisAgnes Davonar
PenerbitInandra Published 
KategoriNovel dan Sastra
Tahun Terbit2008

Sinopsis Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Novel dengan judul Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar adalah sebuah cerita yang diambil dari kisah nyata, perjuangan seorang gadis remaja bernama Gitta Sessa Wanda Cantika atau Keke dalam melawan penyakit ganasnya.

Keke terlahir dari keluarga berada yang tidak utuh. Kedua orang tuanya bercerai, dan keke harus tinggal bersama dengan ayah dan kedua kakak laki-lakinya. Prestasi akademik dan kehidupan sosial Keke sangat baik.

Meski kedua orang tuanya telah bercerai, namun kehidupan Keke masih bisa dikatakan hangat.

Keke anak yang cerdas, ramah, dan mudah bergaul. Sehingga, tidak heran jika dia memiliki banyak teman dekat serta kekasih yang menyayanginya.

Sayangnya, kehidupan damainya tidak bertahan lama. Kehangatan dan keceriaannya mendadak runtuh begitu saja dari kehidupannya.

Hal ini bermula setelah dokter mendiagnosa gadis Yang baru berusia 13 tahun itu terkena kangker ganas Rhabdomyoarcoma.

Awalnya Keke mengira itu hanya penyakit mata biasa. Namun ternyata, itu adalah awal kehidupannya direnggut oleh penyakit ganas yang menyerang sistem jaringan lunak pada bagian wajahnya.

Sejak saat itu, Keke diprediksi oleh dokter tidak akan dapat bertahan lama. Dalam kondisinya itu, Keke terus berjuang melawan penyakitnya dan terus melanjutkan hidupnya seperti hari-hari biasanya.

Joddy Tri Aprianto, ayah Keke yang tidak pernah patah arang mencari berbagai macam pengobatan untuk sang putri.

Tidak berhenti dipengobatan medis, berbagai macam pengobatan alternatif pun telah dia coba untuk dapat mengembalikan lagi keceriaan sang putri. Namun, segala upaya tersebut belum juga membawa hasil.

Akhirnya, dokter menyarankan Keke mencoba langkah terakhir, yaitu dengan jalan kemoterapi. Setelah 6 bulan menjalani upaya penyembuhan dengan kemoterapi, akhirnya pengobatan menunjukkan hasil yang baik. 

Meski Keke harus kehilangan seluruh rambutnya karena efek kemo yang terlalu keras, namun akhirnya setelah 25 kali Keke melakukan kemoterapi, ia dinyatakan sembuh dan dapat melewati vonis kematian yang telah ditetapkan oleh dokter.

Baca juga: Resensi Novel Teluk Alaska Lengkap

Sayangnya, tak lama Keke, keluarga dan sahabatnya merayakan kegembiraan mereka akan kesembuhan Keke, kanker itu muncul lagi. Keke kembali melakukan kemo, namun  sayangnya kemo tidak kembali menghasilkan respon positif.

Sel kanker pada tubuh Keke semakin kebal. Dan dengan sekejap menyerang seluruh sistem jaringan pada tubuh Keke. Hingga akhirnya Keke mengalami koma selama 3 hari.

Setelah dokter berupaya semakimal mungkin merawat Keke, Keke pun menghembukan nafas terakhirnya. Sebelum Keke pergi, dia sempat menuliskan sebuah surat yang ia tujukan kepada tuhan.

Isi surat tersebut berisi keikhlasan Keke menerima segala yang tuhan takdirkan dan ia berharap tidak ada yang mengalami musibah seperti dirinya lagi.

Unsur Intrinsik Novel Surat Kecil untuk Tuhan

1. Tema                           

Tema dari novel ini adalah tentang perjuangan Hidup.

2. Tokoh dan Penokohan

Tokoh dan penokohan dalam novel ini, yaitu:  

  • Keke: kuat, dewasa, jujur, pintar
  • Pak Jody: pantang menyerah, bijaksana, penuh kasih sayang
  • Chika dan Kiki (Kakak Keke): bertanggung jawab, dewasa, peduli keluarga
  • Andi (Kekasih Keke) : setia, perhatian
  • Sahabat Keke: setia dalam suka maupun duka
  • Pak Iyus: setia, lucu
  • Prof. Mukhlis: ramah, pantang menyerah

4. Alur                             

Sedangkan alur yang digunakan dalam novel ini yaitu menggunakan alur maju.

5. Sudut pandang            

Tokoh utama menceritakan dirinys sendiri

6. Amanat                        

Setiap orang harus menghadapi dan menjalani hidupnya dengan penuh perjuangan sehingga akan terasa kenikmatandalam hidupnya.

7. Latar Tempat                  

Jakarta Barat, Banten, Bandung, Luar Negeri, Sekolah, Rumah Sakit.

Baca juga: Resensi Novel Ayat Ayat Cinta dan 4 Pesan Pentingnya!

Kelebihan & Kekurangan Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Dalam resensi novel Surat Kecil untuk Tuhan memuat review dari para pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat dalam buku tersebut.

1. Kelebihan Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Kelebihan novel surat kecil untuk tuhan ini selain diambil dari kisah nyata, juga terletak pada gaya bahasa yang digunakan dalam alur cerita dalam disetiap dialog para tokohnya.

Hal tersebut membuat pembaca seolah menyaksikan secara langsung kisah Keke dalam novel.

Tak heran apabila para pembaca terhanyut dan merasak sedih, iba, haru hingga kagum pada apa yang telah dilakukan tokoh utama.

2. Kekurangan Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Tidak ada karya manusia yang sempurnya, dalam karya Agnes Devanor ini terdapat kekurangan pada bagian redakisonal, dimana dalam penulisannya masih terdapat kesalahan.

Terdapat juga diksi yang kurang tepat, dan kalimat yang bermakna ganda

Pesan Dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan

Dari resensi novel Surat Kecil untuk Tuhan memiliki isi cerita yang menarik dengan nilai-nilai positif yang terkandung didalamnya. Khususnya mengenai perjuangan hidup.

Novel ini akan sangat menginspiratif bagi remaja-remaja saat ini yang masih memperjuangkan hal-hal yang sebenarnya kurang penting. Berikut ini beberapa pesan yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan untuk para pembacanya:

  1. Menerima takdir hidup yang sudah ditentukan oleh Tuhan dengan rasa keikhlasan dan ketabahan.
  2. Beriman kepada Tuhan agar hidup menjadi tenang dan damai.
  3. Kasih sayang orang tua kepada anaknya melebihi apapun.
  4. Rasa kesetiakawanan antar sahabat dapat memberikan motivasi yang kuat.
  5. Nasihat orangtua kepada anaknya selalu yang terbaik.

Baca juga: Resensi Novel Sunda Sripanggung

Dengan membaca secara keseluruhan resensi novel Surat Kecil untuk Tuhan maka pembaca dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

Selain itu, juga dapat mengetahui nilai-nilai positif yang terdapat di dalam buku tersebut.

Tinggalkan komentar