Sebutkan Unsur-Unsur Proposal & Penjelasannya [Lengkap]

Sebutkan unsur-unsur proposal! Ini adalah soal bahasa Indonesia tentang proposal. Kamu akan temukan jawabannya di sini secara lengkap mulai dari pengertian hingga unsur-unsur proposal dan penjelasannya.

Kamu akan belajar mengenai proposal secara mendalam di sini. Kamu akan temukan jawabannya secara lengkap.

Mari kita mulai dari pembahasan proposal secara definisi terlebih dahulu.

Apa itu Proposal?

Proposal merupakan rancangan kegiatan yang dituangkan kedalam bentuk tulisan dan ditulis secara sistematis dan terperinci. Sehingga pembaca nya bisa memahami apa maksud dan tujuan pembuatan proposal tersebut.

Proposal biasanya dibuat untuk mengadakan event atau kegiatan tertentu yang membutuhkan sumbangsih dana atau pun bantuan dari pihak-pihak tertentu untuk terkait dengan pelaksanaan acara.

Biasanya proposal dibuat oleh sebuah organisasi tertentu yang akan melaksanakan acara di sebuah tempat. Secara lengkap, kamu akan memahami apa itu proposal dari uraian di bawah.

Sebutkan Unsur-Unsur Proposal!

Proposal memiliki beberapa unsur yang menjadikannya satu kesatuan yang utuh. Adapun unsur-unsur proposal di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Nama Kegiatan/Acara

Nama kegiatan biasanya dicantumkan di bagian depan atau cover proposal. Bagian ini adalah bagian wajib yang harus ada dalam proposal. Karena pembaca bisa tahu secara singkat apa isi dari proposal melalui judul.

Judul haus dibuat sebaik mungkin dan harus jelas dapat menggambarkan isi dari keseluruhan yang ada dalam proposal. Judul juga harus dibuat menarik agar pembaca penasaran untuk melihatnya.

2. Dasar Pemikiran (Pendahuluan)

Kemudian berikutnya adalah pendahuluan. Bagian ini mengandung dasar-dasar pemikiran kenapa diadakan kegiatan tersebut yang dimaksud dalam proposal.

Dibagian ini pembaca penulis harus bisa menyampaikan kenapa acara itu dibuat, apa saja dasar pemikirannya dan kenapa penulis butuh bantuan dari pihak ketiga untuk diadakan acara atau kegiatan tersebut.

3. Tema Kegiatan

Tema kegiatan juga harus ditulis secara eksplisit atau jelas. Tema kegiatannya apa saja dan jenis-jenis kegiatan yang ada dalam proposal harus dituliskan secara jelas pula.

Ini bertujuan agar acara lebih transparan dan mudah dipahami oleh pembaca. Sehingga pihak donatur yang membaca proposal tersebut akan mudah memahaminya dan mereka akan tahu alasannya kenapa harus peduli dengan kegiatan tersebut.

4. Tujuan Kegiatan

Unsur lain yang harus ada dalam proposal adalah tujuan kegiatan diadakan. Kenapa penulis mengadakan acara tersebut, apa tujuan yang ingin dicapai dari acara atau kegiatan yang dibuat.

Tujuan kegiatan ini menjadi alasan penting kenapa donatur harus terlibat dalam pendanaan kegiatan tersebut. Jika tujuannya tidak jelas, sulit sekali untuk mencari donatur.

5. Ruang Lingkung Kegiatan

Ruang lingkup proposal juga harus dituliskan secara jelas. Sehingga pembaca bisa mengetahui secara pasti dan jelas apa saja yang menjadi batasan-batasan dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dibuat dalam proposal harus punya ruang lingkup yang jelas dan pasti. Agar pembaca yang menjadi calon donatur bisa memahaminya dengan baik dan anggap itu sebagai acara yang bagus.

6. Pelaksanaan Kegiatan

Dalam bagian pelaksanaan kegiatan proposal, akan dijelaskan mengenai tanggal, waktu dan tempat dilaksanakannya acara serta jumlah peserta yang akan ikut dalam acara tersebut.

Semua dijelaskan secara rinci, mulai dari tanggal, waktu, tempat dan spesifikasi peserta yang terlibat dalam acara tersebut.

7. Susunan Panitia Kegiatan

Sebutkan unsur-unsur proposal! Unsur lain yang ada dalam proposal yaitu susunan panitia. Susunan panitia berisikan struktur organisasi acara kegiatan tersebut.

Mulai dari ketua, sekretaris hingga divisi tertentu dengan tanggung jawabnya masing-masing. Semua bagian harus dijelaskan secara jelas mulai dari nama hingga tanggung jawab yang dipegangnya.

Tujuannya, agar calon donatur atau pembaca bisa memahami bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara resmi dengan susunan panitia yang jelas.

8. Anggaran Biaya

Anggaran biaya adalah bagian paling krusial dan paling penting dalam proposal. Di sini pembaca harus tahu berapa jumlah dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan acara atau kegiatan tersebut.

Di bagian ini harus dijelaskan mengenai kebutuhan dana untuk pelaksanaan kegiatan. Berapa saldo yang tersedia saat ini dan berapa jumlah kekurangan dana yang dibutuhkan.

Aliran dana juga harus dijelaskan secara pasti dan lengkap. Agar pembaca tahu acara tersebut bukan hanya untuk himpun dana semata namun di salurkan sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam artian, harus jelas mulai dari uang masuk dan keluar arah nya kemana. Sehingga lebih transparan dan lebih dipercaya oleh pihak donatur yang akan menyumbangkan dananya.

9. Jadwal Kegiatan

Jadwal atau susunan acara juga harus dituliskan secara jelas, ringkas dan padat serta mudah dipahami pembaca. Dari jadwal acara ini, pembaca bisa tahu waktu, tempat dan susunan acara di setiap kegiatannya.

10. Penutup

Dibagian penutup proposal penulis harus bisa menekankan bahwa acara atau kegiatan tersebut dibuat dengan niat yang sungguh-sungguh. Kemudian jelaskan pula pentingnya dilaksanakan acara tersebut.

Berikan sedikit motivasi kepada pembaca agar mereka lebih tertarik untuk menjadi salah satu bagian dari acara tersebut.

Struktur Penulisan Proposal yang Benar

Proposal ditulis dengan menggunakan struktur baku yang membuatnya memiliki susunan tertentu. Ketika kamu akan membuatnya, maka kamu harus menggunakan struktur proposal baku tersebut.

Adapun format atau struktur proposal yang sering digunakan yaitu sebagai berikut:

1. Sampul

Sampul proposal harus dibuat dengan baik. Dalam sampul proposal ini terdapat judul proposal, logo organisasi yang menyelenggarakan acara tersebut.

Di dalam sampul proposal juga ditulis nama instansi yang menyelenggarakan acara tersebut.

2. Latar Belakang

Selanjutnya adalah halaman latar belakang. Di sini dijelaskan landasan teori, pendahuluan serta dasar-dasar pemikiran hingga diselenggarakan acara atau kegiatan tersebut.

Latar belakang proposal harus dapat menjelaskan apa yang menjadi landasan kuat diselenggarakannya acara tersebut.

3. Nama Kegiatan

Nama kegiatan adalah nama kegiatan yang diselenggarakan dalam proposal tersebut.

4. Tema Kegiatan

Tema kegiatan adalah tema acara yang sudah disepakati bersama berdasarkan landasan pemikiran sebelumnya.

5. Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan berisi target atau tujuan akhir dilaksanakannya acara atau kegiatan tersebut.

6. Jenis Kegiatan/Acara Kegiatan

Jenis kegiatan atau acara menjelaskan apa saja jenis-jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Jelaskan semua jenis kegiatannya secara jelas, lengkap dan terperinci.

7. Sarana Promosi

Sarana promosi menjelaskan tentang keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak donatur atau sponsor acara. Bagian ini harus dapat menjelaskan kenapa mereka harus ikut peduli pada acara tersebut.

Benefitnya harus jelas dan jenis-jenis sarana promosi yang kita tawarkan pun harus jelas. Apakah melalui banner, kaos, pamplet, brosur, tiket, atau pun yang lainnya.

8. Estimasi Anggaran

Estimasi anggaran harus menjelaskan berapa jumlah biaya yang dibutuhkan untuk kelangsungan acara. Semua kebutuhan biayanya harus dijelaskan secara ringkas dan terperinci.

Kebutuhan acara harus dijelaskan secara lengkap mulai dari kebutuhan konsumsi, piala, hadiah, plakat, panggung, sound system dan kebutuhan lainnya secara jelas dan rinci.

9. Penutup

Berisi penekanan kegiatan acara, pentingnya acara tersebut serta sedikit motivasi bagi calon donatur agar mereka peduli dengan kegiatan yang akan dilaksanakan.

10. Susunan Kepanitiaan

Dibagian akhir, harus ditulis susunan kepanitiaan kegiatan yang berlangsung. Dalam proposal harus dijelaskan siapa saja yang menjadi motor acara atau kegiatan tersebut.

Tujuan & Fungsi Proposal

Proposal dibuat dengan tujuan dan fungsi tertentu. Sejak jaman sekolah hingga organisasi luar sekolah, proposal ini selalu digunakan ketika ada kegiatan tertentu.

Dan memang, proposal menjadi salah satu hal penting yang harus ada dan dibuat ketika akan melakukan kegiatan atau acara tertentu. Adapun tujuan dan fungsi proposal itu sebagai berikut:

Tujuan Penulisan Proposal:

  • Untuk mendapatkan bantuan dana
  • Untuk mendapatkan dukungan
  • Untuk mendapatkan perizinan

Sedangkan Fungsi Proposal, yaitu:

  • Untuk melakukan penelitian yang ada kaitannya dengan sosial, budaya, ekonomi dan lain-lain
  • Dapat digunakan untuk mengajukan mendirikan suatu usaha
  • Dapat digunakan juga untuk mengajukan tender dari berbagai macam lembaga
  • Dapat digunakan untuk mengadakan acara-acara kegiatan misalnya seperti acara perayaan, seminar, pelatihan, perlombaan dan lain-lain

Akhir Kata

Sebutkan unsur-unsur proposal! berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa unsur proposal itu ada 10, yaitu:

  1. Nama Kegiatan/Acara
  2. Dasar Pemikiran (Pendahuluan)
  3. Tema Kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan
  5. Ruang Lingkung Kegiatan
  6. Pelaksanaan Kegiatan
  7. Susunan Panitia Kegiatan
  8. Anggaran Biaya
  9. Jadwal Kegiatan
  10. Penutup

Sudah paham? Semoga artikel ini membantu buat kamu yang khususnya sedang menyusun proposal. Terimakasih, jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kamu.

Tinggalkan komentar