Tujuan Dari Resensi Novel Adalah: Definisi, Manfaat & Metode

Tujuan Dari Resensi Novel Adalah: Definisi, Manfaat & Metode

Tujuan Dari Resensi Novel Adalah

Tujuan dari resensi novel adalah untuk mengulas atau mempertimbangkan tentang baik buruknya suatu novel. Resensi novel dianggap penting sebelum kamu memutuskan apa yang ingin kamu baca.

Dengan adanya resensi novel kita tidak membuang-buang uang dan waktu sebelum menikmati bacaan novel tersebut. Karena penting bagi kamu untuk mengenal lebih dalam seputar hal-hal penting tentang resensi novel.

Mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, metode dan format penulisan yang sering digunakan dalam meresensi novel. Semuanya akan di bahas lengkap dalam artikel ini. Simak terus sampai selesai ya!

Pengertian Resensi Novel Adalah

Resensi novel adalah kegiatan memberikan ulasan pada suatu novel baik menceritakan kembali atau pun memberikan penilaian baik dan buruk terhadap novel tersebut dan orang yang melakukan resensi di sebut peresensi.

Resensi novel menurut KBBI adalah resensi merupakan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku.

Menurut Panuti Sudjiman resensi novel adalah penulisan karya tulis yang pendek. Hal ini termasuk mereview, menilai hingga mengkritik buku.

Tujuan Resensi Novel Adalah

Ada beberapa tujuan mengapa harus meresensi novel, dan tujuannya adalah sebagai berikut:

1. Membagikan Informasi Penting

Menulis resensi novel dapat membantu calon pembaca yang kebingungan terhadap isi dari novel. Dengan memberikan ulasan berupa rangkuman cerita serta penilaian baik buruk dari novel.

Dengan begitu calon pembaca dapat menentukan apakah novel terkait merupakan novel yang sesuai dengan selera atau novel yang ia butuhkan atau sebaliknya.

2. Membantu Audiens Berpikir Kritis

Novel di buat sebagai media penyampaian pesan oleh pengarang. Dengan membuat dan membaca resensi novel dapat membantu peresensi maupun pembaca memahami novel dengan lebih dalam.

3. Memberikan Saran Terhadap Novel

Dengan menulis resensi novel di harapkan dapat memberikan saran kepada penulis atau penerbit.

Contohnya saran yang diberikan mengenai kualitas dari kertas novel yang buram sehingga mengurangi keindahan dari novel tersebut.

4. Menguji Suatu Karya

Dengan resensi novel dapat menguji suatu karya. Misalnya kita dapat membandingkan satu buku dengan buku lainnya.

5. Mengetahui Latar Belakang Pengarang

Selanjutnya tujuan meresensi novel adalah untuk mengetahui latar belakang mengapa novel tersebut di tulis dan di terbitkan.

Manfaat Resensi Novel Adalah

Adapun berikut ini merupakan manfaat dari resensi novel diantaranya adalah:

1. Bahan Referensi Pembaca

Dengan resensi pembaca bisa tahu kelebihan dan juga kekurangan sebuah buku dari resensi yang buku atau novel yang di bacanya.

Resensi berisi penilaian dan hasil review orang yang pernah membacanya.

2. Bahan Penilaian Kualitas buku

Selain itu resensi juga bisa dijadikan sebagai bahan penilaian kualitas sebuah buku. Karena dalam resensi akan ada kelebihan dan kekurangan dari sebuah buku mulai dari kualitas dan kuantitasnya.

3. Mengembangkan Kreatifitas

Meresensi buku juga dapat mengembangkan kreatifitas. Karena meresensi akan menilai baik dan buruknya kualitas sebuah buku dan hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

4. Jadi Pemasukan

Resensi buku juga bisa menjadikan kamu berpenghasilan lho. Apalagi jika hasil resensimu di terbitkan si sebuah media. pihak penerbit akan bayar kamu jika hasil resensi kamu memang bagus dan objektif.

Metode Resensi Novel Adalah

Berikut metode resensi novel yaitu:

1. Memilih Nama Novel

Pilih judul novel yang aku jadikan resensi dan setidaknya kamu harus membaca atau pernah membaca novel tersebut.

2. Menentukan Judul Resensi

Tentukanlah judul resensi ingat menentukan judul resensi harus mewakili seluruh isi dari resensi tersebut.

3. Menyusun Novel

Selanjutnya kamu mulai bisa menyusun novel tersebut mulai dari identitas novel, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik kelebihan dan juga kekurangannya.

4. Menyertakan Katalog Penerbitan

Seperti yang telah dijelaskan di paragraf di atas kamu harus menyertakan identitas penerbit seperti judul novel, jumlah halaman, ukuran buku, penerbit dan tahun terbit.

5. Membuat Pembukaan

Di tahap ini kamu bisa memperkenalkan pengarangnya karya sebelumnya atau prestasi lainnya atau hal-hal unik lainnya.

6. Lalu Beri Tanggapan

Dan terakhir beri tanggapan kritis terhadap kelemahan novel tersebut termasuk kelemahan dan kesan kamu setelah membacanya.

Contoh Resensi Novel Adalah

Berikut contoh resensi novel adalah:

1. Contoh Resensi Novel Fiksi Promise

Judul Buku: Promise
Penulis Dwitasari
Penerbit: Loveable
Tahun terbit: 2016

Sinopsis
Novel Promise ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Rahman. Dia merupakan seorang anak dari pemiliki pondok pesantren di Yogyakarta. Dan ia memiliki kawan bernama Aji.

Dan prinsip seorang Aji adalah hidup itu adalah harus di isi dengan senang-senang karena hidup ini cuma sekali.sayang jika hanya dilewatkan termasuk soal pacaran.

Sehingga ia mencoba mempengaruhi Rahman untuk mengikuti gayanya. Disini Aji mencoba ragam cara untuk mempengaruhi Rahman. Salah satunya dengan memberikan Rahman DVD porno.

Pak Purnomo mengetahui hal tersebut dan mengambil keputusan yang cukup berat. Dan saat itu Aji dan Rahman tak lagi bertemu.

Lalu latar berpindah ke Milan di sana Rahman sedang menempuh pendidikan arsitektur. Ia juga sambil kerja paruh waktu selain itu ia juga sedang mencari seseorang yang sangat ia rindukan.

Kehidupan Rahman di Milan memang berubah. Di kota ini pula ia bertemu Moza yang menyimpan rasa kepadanya. Dan suatu malam ia mendapat telepon tak di sangka yaitu dari Aji.

Dan ada sesuatu yang aneh dari Aji saat itu. Dan saat bertemu kembali ada hal yang begitu berbeda dari Aji semuanya tak lagi sama. Di novel ini juga diceritakan sosok Salsabila dan Kanya.

Namun karakter Rahman, Aji dan moza mendapatkan porsi yang cukup banyak di novel ini. Sedangkan sosok Salsabila dan Kanya terasa hanya sebagai pelengkap cerita saja.

Meski begitu novel ini memiliki layout yang cukup masis dan memiliki gaya penceritaan yang cukup mengalir sehingga enak di baca dan di telusuri kelanjutan ceritanya.

  • Kelebihan Novel Promise
  • Novel ini memiliki bahasa yang ringan dan cukup dimengerti dan sangat enak dinikmati.
  • Kisah sederhana namun endingnya juga tidak mudah ditebak meski jalan ceritanya sudah sama seperti kebanyakan novel lainnya.
  • Penulis sangat cerdas membuat kita bisa berimajinasi dengan penggambaran deskripsi narasi tokoh yang jelas sehingga kita bisa membayangkan tokoh-tokoh dalam cerita tersebut.
  • Adanya pesan moral yang baik dari novel tersebut ketika Rahman ia berada di lingkungan yang jauh dari kata religius namun ia mampu bertahan dengan agama yang baik.

Kekurangan Novel Promise

Kekurangan dari novel Promise ini adalah masih adanya beberapa tyfo atau salah ketik. Di lihat dari kelebihan-kelebihannya kekurangan tersebut tidak lah seberapa di bandingkan dengan kelebihan-kelebihannya.

2. Contoh Resensi Novel Fiksi Jingga dan Senja

Judul Buku: Jingga dan Senja
Penulis: Esti Kinasih
Jumlah Halaman: 312 halaman
Ukuran Buku: 20×14 cm
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Kategori: novel fiksi
Tahun Terbit:2010

Novel Jingga dan Senja ini menceritakan seorang siswi yang baru masuk SMA yang bernama Jingga Matahari. Tari yang sangat menyukai warna orange. Mulai dari barang-barang yang melekat di tubuhnya semua berwarna orange.

Berbeda jauh dengan Ari atau Matahari Senja yang selalu bikin onar dan memberontak. Dan Ari merupakan kaka kelas Tari. Nama mereka sangat mirip bukan?
Dua karakter yang berbeda tersebut akhirnya di pertemukan di SMA. Meski selalu bertengkar. Namun lama kelamaan mulai memiliki keterrikan satu sama lain apalagi setelah mengetahui nama mereka hampir mirip.

Ari dan Tari telah dekat seperti benda dan bayanganggnya. Namun Angga teman SMP Ari yang selalu berselisih paham dengan Ari akhirnya memiliki kesempatan untuk mengganggu Ari dengan cara mendekati Tari.

Dan benar saja Ari sangat marah atas perlakuan Angga dan akhirnya mereka terlibat tawuran kembali. Dan Ari tak segan segan berkelahi dengan Angga di hadapan Tari.
Dan akhirnya hubungan Ari dan Tari mulai merenggang.

Namun, ada sesuatu yang mulai rumit dimana ada tokoh “Matahari Jingga” dia adalah kembaran Ari yang bernama Ata.

Lalu bagaimana kelanjutan kisah menarik mereka? Apakah Tari akan jatuh ke lain hati selain Ari? Jawabannya ada di novel Jingga dan Senja tersebut.

Berikut merupakan kelebihan dari novel Jingga dan Senja, diantaranya adalah:

  • Bahasa yang digunakan dalam novel ini sangat sederhana sehingga mudah dipahami apalagi di kalangan para remaja.
  • Kisah yang di angkat dalam novel ini merupakan kisah percintaan remaja yang selalu di gemari oleh para pecinta drama romance di Indonesia.
  • Buku ini dikemas dengan tampilan yang sangat menarik dengan warna Orange. Dimana warna tersebut adalah kesukaan sang tokoh.
  • Alur yang diceritakan sangat jelas sehingga terhindar dari kebingungan pembaca.
  • Perwatakan dari dua tokoh utama sangat berlawanan dan itu membuat cerita sangat menarik. Dengan penggambaran emosi tokoh yang menyertai membuat pembaca merasa terbawa emosi.

Kekurangan Novel Jingga Dan Senja
Adapun kekurangan dari novel Jingga dan Senja, diantaranya adalah:

  • Kelemahan pertama dari novel Jingga dan Senja ini adalah endingnya yang sangat menggantung karena novel ini tidak selesai melainkan ada kelanjutannya.
  • Prilaku tokoh Ari yang badung, tukang bikin onar, tukang tawuran dan segala kelakuan buruknya jiga pembaca kurang cermat maka menganngap hal tersebut seperti lumrah.
  • Adanya beberapa kata-kata anak SMA yang sedikit kasar atau tidak cocok untuk anak remaja.
  • Setting tempat dalam novel tersebut tidak terlalu identik sehingga pembaca kurang bisa memvisualisasikannya.
9 Langkah Pengujian Keputusan yang Benar

9 Langkah Pengujian Keputusan yang Benar

Pengujian keputusan adalah proses penting dalam pengembangan sistem informasi dan pengambilan keputusan yang efektif. Hal ini memastikan bahwa keputusan yang diambil berdasarkan data dan analisis yang tepat, sehingga meminimalkan risiko dan meningkatkan kesuksesan dalam mencapai tujuan bisnis. Berikut adalah 9 langkah pengujian keputusan yang dapat membantu organisasi meningkatkan ketepatan dan kebenaran keputusan mereka: 1. Menentukan […]
Keuntungan Menerbitkan Buku di Gramedia Dibandung yang Lain

Keuntungan Menerbitkan Buku di Gramedia Dibanding yang Lain

Apa keuntungan menerbitkan buku di Gramedia? Dan kenapa banyak penulis yang menerbitkan karya tulis mereka di Gramedia? Ini adalah sekelumit pertanyaan yang banyak lewat di DM IG ataupun PM akun Facebook saya. Banyak penulis pemula yang bingung tempat untuk menerbitkan bukunya. Karena Gramedia adalah penerbit yang paling populer, jadi mereka tahunya kalo mau nerbitin buku […]

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: