Unsur Unsur Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik & Contohnya

Unsur unsur surat lamaran pekerjaan merupakan bagian-bagian penting yang harus ada di surat lamaran kerja. Diantaranya ada tempat dan tanggal pembuatan surat, alamat lengkap perusahaan, salam pembuka, isi surat dan lain-lain.

Unsur unsur tersebut harus wajib ada dan di cantumkan di surat lamaran dan ada juga beberapa hal yang tidak perlu di isikan ke dalam surat lamaran kerja. Itu semua akan di bahas dalam artikel ini secara lengkap.

Mengapa kamu harus mengetahui unsur-unsur surat lamaran pekerjaan? Tentu saja agar surat yang kamu buat profesional dan semakin akan mendapat peluang besar kamu untuk di terima kerja.

Sehingga sangat penting mengetahui dan mempraktekkan cara menulis unsur-unsur surat lamaran pekerjaan.

Unsur Unsur Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik & Benar

Berikut unsur-unsur surat lamaran pekerjaan beserta contohnya yang baik dan benar, diantaranya adalah:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Unsur pertama yang harus ada dalam surat lamaran pekerjaan adalah harus adanya tempat dan tanggal pembuatan surat. Tulislah nama tempat tanda koma dan tanggal surat tersebut di bagian atas kanan surat.

Contoh:

Talegong, 1 Desember 2022

2. Alamat Lengkap Perusahaan yang Dilamar

Selanjutnya tulislah alamat lengkap perusahaan yang di lamar beserta tujuannya kepada siapa. Contoh ke HRD atau Manager Personalia. Jika kamu tahu namanya lebih baik nama beserta jabatannya. Jika tidak cukup nama jabatan.

Contoh:

• Kepada Yth,
Manager Personalia PT Nikomas Gemilang
di
Jl. Margaasih No 36 Bandung Jawa Barat
• Kepada Yth,
Bapak Ridawan Nawawi HRD PT Air Asia
di
Jl. Mangga Dua No 54 Wonogiri Jawa Tengah

3. Salam Peembuka Surat

Selanjutnya kamu menulis salam pembuka. Kamu bisa menulisnya dengan kata Dengan Hormat lalu di akhiri dengan tanda (,) dan di lanjutnkan dengan ucapan pembuka surat seperti yang terlihat di contoh di bawah ini.

Contoh:

Dengan Hormat,

Berdasarkan dengan informasi dari Web Loker PT Air Asia. Yang menyatakan bahwa PT Air Asia membuka program rekrutmen untuk tenaga Pramugari. Sehubungan dengan hal tersebut saya mengajukan diri untuk melamar di posisi tersebut.

4. Isi Surat

Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan adalah isi surat. Di isi surat kamu bisa menunjukan bahwa kamu adalah orang yang cocok untuk tim mereka. Gunakanlah 3-4 paragraf untuk menjelaskan isi surat.

Yang isinya maksud dan tujuan, informasi pribadi, pengalaman keterampilan, prestasi yang telah di raih dan lain-lain.

Contoh:

Yang bertanda tangan d bawah ini :
Nama:…
TTGL:….
Pendidikan Terakhir:…
No Hp:….
E-mail:…
Alamat:…

Melalui lamaran surat kerja ini, saya bermaksud ingin mengajukan permohonan untuk melamar sebagai pramugari. Saya adalah seorang wanita yang sehat jasmani dan rohani. Dan memiliki latar belakang pendidikan pramugari di Total Outsource Development (TOD) sebagai lulusan terbaik.

Dengan pengetahuan yang saya telah miliki selama masa pendidikan. Tentunya akan sangat membantu saya menjadi pramugari yang profesional. Selain itu, saya memiliki keahlian berbahasa inggris yang fasih.

juga mampu bekerja dengan baik bersama tim atau secara individu demi kemajuan maskapai penerbangan. Dengan komitmen, etos kerja, dan ilmu saya, saya yakin bahwa saya adalah orang yang tepat untuk menempati posisi sebagai pramugari di PT. Air Asia.

5. Lampiran Surat (Dokumen)

Setiap instansi pasti memiliki beberapa persayaratan untuk calon karyawannya. Dan berikut hal yang harus kamu penuhi agar bisa di terima masuk di perusahaan tersebut. Kamu harus mencari tahu apa saja yang harus dilampirka.

Dan lampiran tersebut biasanya seperti CV pribadi, portopolio, potokopi ijazah, potokopi SKCK, Potokopi KTP, Pas Poto, dan sertifikat TOEFL..

Contoh:

Bersama ini saya sertakan lampiran dokumen pendukung sebagai bahan pertimbangan, sebagai berikut:
• Curiculum vitae
• Potokopi KTP
• Potokopi ijazah dan transkip nilai
• Pokopi sertificat TOEFL
• Potokopi SKCK
• Potokopi sertifikat keahlian.
• Pas Poto 3×4 2 lembar

6. Penutup

Akhiri surat lamaran kerja dengan ucapan terima kasih dan harapan kamu agar bisa di terima di maskapai penerbangan tersebut.

Contoh:

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya akan dengan senang hati untuk hadir dalam sesi wawancara dan mendiskusikan keterampilan dan pengalaman saya lebih lanjut. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu Pimpinan.

7. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Dan terakhir hal yang harus ada dalam surat lamaran kerja kamu adalah nama lengkap kamu dan tanda tangan. Tanda tangan tidak perlu di berikan jika surat lamaran kamu di kirim melalui elektronik.

Tanda tangan dan nama terang ada di pojok bawah kanan. Tulislah tanda tangan asli dan nama terang yang jelas.

Contoh:

Hormat Saya
Santi Puspitasari Handayani
Tanda tangan

Hal yang Tidak Perlu Dimasukkan ke Dalam Surat Lamaran Kerja

Berikut hal yang tidak perlu dimasukan ke dalam surat lamaran pekerjaan, diantaranya adalah:

1. Gaji Yang Diinginkan

Diskusi gaji sebaiknya di lakukan seiring dengan proses rekrutmen. Jika anda memang diminta menuliskan rentang gaji yang diinginkan. Tulislah sesuai yang kamu inginkan dan bersiap-siap negosiasi.

2. Pengalaman Yang Tidak Berhubungan

Tiada tempat bagi pengalaman kerja yang tidak berhubungan atau mencantumkan hobi dan lain-lain.

3. Kelemahan

Jangan menulis kelemahan-kelemahan di surat lamaran. Fokuskan pada kelebihan kamu.

4. Informasi Pribadi Yang Terlalu Detail

Seperti berapa jumlah anak dan nama istri itu tidak di perlukan. Atau kamu mengirim SIM di CV jika kamu di tolak takutnya informasi pribadi tersebut di salah gunakan.

Kesimpulan

Nah, itu dia unsur-unsur surat lamaran kerja yang harus kamu penuhi beserta contohnya. Kamu juga mendapat gambaran hal apa yang tidak perlu dimasukan dalam surat lamaran pekerjaan.

Semoga artikel ini membantu ya. Jika di rasa artikel ini bermanfaat yuk bantu kami like, coment, dan share artikel ini di media sosial kamu. Agar ada lebih banyak orang tahu tentang hal tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: