Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking? Ini Lho!

Apa bedanya internet banking dan mobile banking? Terdapat beberapa perbedaan dari masing-masing metode layanan perbankan tersebut. Mulai dari fitur yang tersedia serta cara pembayaran dari suatu transaksinya yang berbeda.

1 Fashion murah

Internet banking dan mobile banking ini sering kali membuat para pengguna atau nasabah baru menjadi kebingungan. Ini dikarenakan, penggunaan 2 metode ini sama-sama mengharuskan penggunaan jaringan internet untuk mengaksesnya.

fashion muslim murah

Apa Itu Internet Banking?

Internet banking atau biasa dikenal dengan istilah e-Banking, merupakan suatu layanan perbankan yang digunakan untuk melakukan berbagai transaksi keuangan suatu perbankan pada suatu situs web resmi milik Bank.

Metode ini dapat diakses jika pengguna atau nasabah bank tersebut sudah terdaftar pada bank dan memiliki akun untuk mengaksesnya. Dan yang pasti pengguna atau nasabah juga harus terhubung dengan koneksi internet.

Apa Itu Mobile Banking?

Sedangkan mobile banking adalah metode layanan perbankan, yang memungkinkan setiap nasabah bank melakukan transaksi keuangan perbankan hanya melalui ponsel atau smartphone yang tersambung dengan internet.

Mobile banking pun banyak digunakan karena dinilai lebih praktis dan aman untuk digunakan pada suatu transaksi harian. Aplikasi mobile banking ini bisa diunduh dan diinstal oleh nasabah bank melalui Playstore maupun Appstore.

1 Fashion murah

Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking?

Sebenarnya kedua metode tersebut memiliki tujuan dan fitur yang hampir sama. Yang mana tujuan metode tersebut adalah mempermudah nasabah dalam segala layanan perbankan yang bisa dilakukan melalui ponsel ataupun smartphone.

Meskipun begitu, kedua metode ini juga memiliki perbedaan yang cukup banyak. Mulai dari cara mengakses, beberapa fitur yang tersedia hingga syarat saat akan registrasi. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, simak beberapa poin di bawah ini:

1. Perbedaan Dalam Mengakses

Yang pertama adalah perbedaan pada saat mengakses internet banking dan mobile banking. Jika internet banking ini harus mengaksesnya melalui situs web bank resminya. Masukkan User ID serta Password dan juga menggunakan token.

Sedangkan pada mobile banking, nasabah atau pengguna harus terlebih dulu mengunduh aplikasi mobile banking dari bank yang digunakan. Untuk kemudian masukkan kode akses sebanyak 6 digit, dengan kombinasi huruf dan juga angka.

2. Perbedaan saat Registrasi atau Mendaftar

Meskipun cara registrasi antara internet banking dan mobile banking ada kesamaan yaitu bisa melalui ATM. Namun pada prosesnya memiliki perbedaan, yang mana daftar internet banking harus mendatangi kantor cabang terdekat.

Ini diharuskan karena untuk mengambil dan mengaktifkan m-Token yang akan digunakan pada setiap melakukan transaksi melalui internet banking. Namun ini tidak berlaku bagi mobile banking yang aktivasinya hanya melalui ponsel saja.

1 Fashion murah

3. Perbedaan Fitur yang Tersedia

Fitur pada internet banking dan juga mobile banking pun memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya adalah fitur cardless yang terdapat pada mobile banking, namun itu tidak dimiliki atau tidak terdapat pada internet banking.

Cardless merupakan salah satu fitur yang sangat banyak diminati oleh setiap pengguna atau nasabah suatu bank. Yang mana dengan adanya fitur ini, maka akan memungkinkan nasabah untuk menarik tunai tanpa menggunakan kartu.

4. Perbedaan pada Sistem Perlindungan

Apa bedanya internet banking dan mobile banking yang selanjutnya? Yaitu sistem perlindungan yang digunakan pada kedua metode layanan perbankan ini. Yang mana sistem pada internet banking lebih diunggulkan karena berlapis.

Itu dikarenakan sistem keamanan pada situs web bank yang digunakan sangatlah berlapis untuk menjaga keamanan. Mobile banking banking pun memiliki sistem keamanan yang baik namun masih sering terjadi beberapa kasus yaitu phising.

5. Perbedaan pada Syarat Registrasi

Yang terakhir yaitu perbedaan dari segi persyaratan pada saat melakukan registrasi internet banking dan juga mobile banking. Yang mana, jika pada saat registrasi internet banking nasabah diharuskan mendatangi kantor cabang bank.

Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi syarat pengambilan m-Token yang digunakan pada setiap melakukan transaksi. Namun tidak terdapat syarat tersebut bagi mobile banking, karena tidak ada syarat penggunaan m-Token.

1 Fashion murah

Lebih Untung dan Enak Pakai Layanan Mana?

Berdasarkan pembahasan di atas tadi, maka bisa dikatakan bahwa lebih baik atau untung menggunakan metode mobile banking. Bukan tanpa alasan, karena pada metode mobile banking tersebut memiliki dan menawarkan berbagai kelebihan.

Selain fitur yang lebih banyak, pada metode mobile banking ini pengunaannya pun lebih praktis. Namun ini kembali lagi dengan pendapat masing-masing nasabah. Karena pemakaiannya pun harus disesuaikan juga dengan kebutuhan.

Fitur pada Internet Banking

Informasi selanjutnya adalah beberapa fitur yang terdapat pada internet banking. Lantas fitur apa saja yang terdapat pada internet banking? Simak poin-poin di bawah ini:

  • Fitur informasi mengenai rekening tabungan serta giro
  • Fitur transfer uang
  • Fitur informasi kurs
  • Fitur suku bunga
  • Fitur e-Commerce
  • Fitur mutasi rekening
  • Fitur bantuan

Fitur pada Mobile Banking

Selain informasi fitur pada internet banking, yang terakhir yaitu informasi mengenai beberapa fitur yang terdapat pada mobile banking. Langsung saja perhatikan beberapa poin berikut:

  • Fitur transfer uang
  • Fitur informasi saldo rekening
  • Fitur pembayaran tagihan
  • Fitur cardless
  • Fitur belanja di e-Commerce
  • Fitur bantuan

Akhir Kata

Dengan informasi dari apa bedanya internet banking dan mobile banking di atas tadi. Semoga bisa menjadi bantuan bagi pengguna atau nasabah bank baru yang menggunakan kedua metode layanan perbankan secara online tersebut.

Karena dengan mengetahui beberapa perbedaan dari internet dan mobile banking tersebut. Nasabah bisa memutuskan sendiri untuk memilih menggunakan jenis metode tadi yang akan digunakan untuk memenuhi layanan perbankannya.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya: