Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat & Backlink Free

Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat & Backlink Free

Bagi seorang internet marketer yang berjualan di internet khususnya melalui situs web yang dioptimasi dengan SEO, sudah pasti akrab dan tahu banget apa itu backlink? Backlink merupakan senjata andalan dalam SEO (Search Engine Optimization).

Perannya menduduki peringkat 2 setelah konten artikel berkualitas. Backlink berkualitas mampu mendongkrak ranking sebuah web di SERP (Search Engine Result Page) dengan sangat mudah.

Walau demikian, di kalangan para mastah dan praktisi SEO, hal ini masih menjadi perdebatan panjang. Ada yang bilang backlink itu tidak berpengaruh ke SERP ada juga yang mengatakan bahwa backlink itu sangat penting bagi ranking sebuah web.

Bagi para pemula, hal ini tentu akan membingungkan bukan? Mana yang harus dipilih dan apakah memakai backlink itu penting dan ada manfaatnya?

Supaya tidak salah kaprah dalam memahami apa itu backlink dan penggunaannya, maka akan saya coba jelaskan sebisa dan sebaik mungkin agar Anda bisa paham dengan benar.

Untuk mulai memahami apa itu backlink, maka akan kita mulai pembahasannya dari pengertiannya dulu. Karena ini penting, banyak internet merketer pemula belum tahu sama sekali mengenai backlink.

Secara sederhana, backlink dapat diartikan sebagai sebuah tautan atau link balik dari sebuah situs ke situs lainnya. Backlink ini berasal dari 2 kata yaitu “back” dan link yang dapat dengan mudah kita artikan secara harfiah.

Dari situs manapun backlink ini di simpan, maka bentuknya tetap sama. Namun jika tinjau lebih dalam, baclink memiliki 2 jenis, yaitu backlink dofolow dan backlink nofolow.

  • Backlink dofolow adalah sebuah backlink yang mengizinkan robot mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya untuk menelusuri hingga mengindeks link yang diberikan kepada website lain. Backlink dofolow adalah backlink berkualitas dan diberikan secara langsung dari sebuah website.
  • Backlink nofolow adalah jenis backlink yang tidak mengizinkan mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya untuk tidak menelusuri dan mengindeks backlink tersebut. Backlink ini dikenal sebagai backlink yang kurang baik karena berasal dari tempat yang kurang bagus seperti komen di situs tertentu ataupun lainnya.

Selain itu, jika ditinjau dari cara penyimpanannya pada suatu website, backlink juga memiliki beberapa jenis, di antaranya yaitu:

  • Comment Backlink adalah jenis backlink yang ditanam dengan melakukan komen di situs atau blog orang lain. Biasanya backlink semacam ini akan ditandai dengan nofolow
  • Guest Post Backlink adalah jenis backlink yang kita simpan dengan cara memposting konten di blog orang lain secara sukarela dan diperbolehkan oleh pemilik blog. Backlink seperti ini biasa akan ditandai dengan dofolow. Namun tergantung kesepakatan dengan pemilik blog
  • Kontekstual Backlink adalah jenis backlink yang di tanam pada suatu website oleh pemilik websitenya sendiri dengan ancor text yang relate dengan konten artikel yang kita buat atau nama website kita

Lalu bagaimana dari sisi manfaatnya? Apakah backlink memiliki banyak manfaat? Tentu saja banyaknya jasa backlink sudah pasti tentu ada banyak manfaatnya.

Praktisi jasa SEO ataupun perusahaan besar seperti Tokopedia, Blibli dan lainnya juga menggunakan backlink ini untuk kebutuhan optimasi halaman website mereka.

Backlik memiliki peran penting dalam menentukan ranking sebuah halaman situs di internet.

Mayoritas praktisi SEO memasukkan backlink sebagai salah satu indikator rangking yang digunakan oleh search engine.

Backlink akan membantu memberikan sinyal kuat kepada mesin pencari mengenai situs yang dipasang link.

Backlink yang bagus mampu mendongkrak sebuah website dengan sangat baik di SERP. Secara sederhana, manfaat backlink itu seperti ini berikut:

1. Meningkatkan Otoritas Domain

Dengan backlink, domain akan lebih kuat dan jauh lebih powerfull. Makin banyak backlink, maka akan makin kuat otoritas sebuah domain. Namun semua bergantung pada kualitas backlink yang dipakai.

2. Memberikan Sinyal Kuat Bagi Bot Google

Backlink juga akan memberikan sinyal kepada Bot Google untuk memberikan peringkat yang spesial. Backlink akan memberikan dampak baik untuk peringkat sebuah web di SERP.

Walau ini masih diperdebatkan oleh banyak praktisi SEO. Tapi percayalah, sekalipun mereka menolak konspirasi backlink, mereka pun pakai backlink kok.

Gak percaya? Cek aja reffering domain blog mereka. Saya yakin jika trafik organik mereka bagus, salah satu dampaknya adalah dari backlink.

Saya masih belum nemu website dengan trafik organik ratusan ribu perhari tapi nol (0) backlink. Setiap blog trafik ribuan yang saya temukan, rata-rata mereka menggunakan backlink yang powerfull.

3. Bisa Meningkatkan Rangking Keyword yang Dibidik

Ini sih sudah pasti gak perlu dipertanyakan lagi. Backlink memang mampu memiliki kemampuan khusus dalam meningkatkan rangking di SERP.

Ini paham saya terhadap backlink. Backlink adalah salah satu senjata yang saya pakai juga untuk meningkatkan trafik blog atau memenangkan persaingan di Google.

Walau artikel ini sendiri tidak saya kasih backlink dari web lain. Tapi ntah kalo ada pembaca yang sengaja kasih backlink kesini mah.

4. Mempermudah Indeks

Selain 3 hal menyenangkan di atas, backlink juga bisa bantu sebuah halaman web lebih mudah terindeks. Ini sudah saya buktikan sendiri, makin banyak backlink, akan lebih mudah terindeks.

Namun hati-hati menggunakannya. Karena backlink itu ibarat pisau bermata dua. Bisa mempercepat indeks atau malah membuat blog kita tenggelam di SERP.

Berikut ini adalah daftar beberapa jenis backlink dengan spek tinggi dan cocok banget untuk menambah refering backlink ke domain kamu. Jangan khawatir, backlink ini gratis kok.

Meski beberapa backlink berikut ini masih nofolow. Namun cukup wort it kok jika dipadukan dengan backlink lain. Lebih dari cukup untuk meningkatkan authority blog kamu.

Pixabay memiliki domain authority 94, ini sangat bagus untuk meningkatkan otoritas domain kamu. Cara mendapatkan backlink di Pixabay ini sangat mudah.

Kamu bisa memasukkan link blog kamu di halaman profile ataupun dengan cara berkomentar di gambar orang lain.

2. Pexels

Pexels adalah situs yang mirip dengan pixabay, perbedaannya adalah pexel memberikan opsi video footage yang bisa anda download secara gratis.

Semua kualitas gambar dan video bisa anda gunakan secara gratis, dan bebas hak cipta. Pexels memiliki DA 92 dan PA ( Rage Rank) 75.

Cara mendapatkan backlink berkualitas dari situs ini adalah, dengan mengisikan alamat website anda di halaman profile. Maka otomatis link website anda akan tertanam di sana.

3. Freepik

Masih dengan situs free copyright foto dan gambar. Freepik sangat terkenal dikalangkan blogger. Karena gambar yang diberikan banyak ragamnya dan tentunya bebas hakcipta.

Freepik memiliki DA 91 PA 61. Cara mendapatkan backlink dengan PA dan DA tinggi dari freepik sangat mudah, yaitu dengan mengisi alamat website halaman profil anda.

4. Unsplash

Unsplash adalah situs web yang serupa dengan pixabay. Yaitu menyediakan ribuan foto dan gambar yang boleh gunakan oleh siapapun tanpa khawatir mengenai hakcipta. Unsplash memiliki DA 91dan PA 57.

Untuk mendapatkan backlink gratis dari unsplash, anda hanya perlu mengisikan alamat url website di halaman profile yang anda buat.

5. ImageShack

Imageshack adalah platform penyedia gambar yang berbayar. Anda tidak perlu membayar disitus ini, karena hanya perlu mendaftar dan membuat halaman profil.

Unsplash memiliki DA 94 dan PA  78. Cara mendapatkan backlink gratis dari sini cukup unik, yaitu dengan mensubmit sejumlah gambar d yang sisipi dengan url atau link website anda.

Selain dapat backlink, kalau gambar yang anda submit adalah foto yang bagus. Bisa jadi hal tersebut akan mendatangkan trafik tambahan ke website/blog anda.

6. About.Me

About me adalah sebuah platform yang bisa dimanfaatkan sebagai halaman portofolio. Sekilas akan lebih mirip dengan blogger.com. About me memiliki DA 92 dan PA 72.

Sumber backlink dari sini saya rasa sangat berkualitas, mengingat pageranknya sangat tinggi. Cara mendapatkannya sangat mudah, yaitu dengan melengkapi biodata dan anda akan diminta mengisikan url website.blog anda.

7. Linktree

Linktree adalah sebuah situs yang memang dirancang untuk berbagi link website. Jadi sayang sekali kalau hanya spam url di sini, anda sebaiknya membagikan konten yang paling pamungkas.

Sehingga, bukan hanya backlink yang didapat, namun juga tambahan trafik. Linktree memiliki DA 87 dan PA 57.

Cara mendapatkan backlink dari sini hanya dengan mengisi profile. Kemudian anda dapat mulai membagikan url blog/website anda.

8. Life of PiX

Life of Pix adalah website penyedia foto gratis. Layaknya pixabay dan pexel, anda hanya perlu mendaftarkan diri dan mengisi biodata berikut dengan url website. Life of Pix memiliki DA 56 dan PA 35.

9. Burst Shopify

Burst Shopify adalah anak perusahan milik shopify. Yang menyediakan platform bagi para fotografer professional.

Anda perlu mensubmit 10 gambar berikut dengan link menuju url website yang anda miliki. Sangat mudah bukan.

10. Wikipedia.Org

Wikipedia adalah sumber backlink berkualitas dan gratis yang sangat disukai oleh google.

Selain Da dan PA yang tinggi, hampir semua orang menyatakan bahwa backlink dari wikipedia dapat mendatangkan trafik juice.

Akhir Kata

Apa itu backlink? Backlink merupakan sebuah tautan yang ditanam di sebuah situs menuju situs lainnya. Backlink memiliki banyak peranan dalam dunia internet marketing.

Backlink sering kali digunakan sebagai senjata untuk memenangkan pertarungan dalam persaingan di SERP (Search Engine Result Page) Google.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: