Apakah Top Up DANA Kena Biaya Admin? Antara YA & Tidak!

Setiap akun rekening dompet digital, tentunya perlu mengisi sejumlah saldo agar dapat digunakan. Seperti halnya aplikasi dompet digital DANA, lalu apakah top up dana kena biaya admin? Ini cukup banyak ditanyakan pengguna baru DANA.

Proses top up saldo ini tentunya sangat perlu dilakukan, karena jika tidak maka dompet digital DANA pun tidak dapat digunakan secara maksimal. Terutama pada saat transfer, jika ingin tau lebih jelasnya maka simak pembahasannya berikut ini.

Apakah Top Up DANA Kena Biaya Admin?

Proses top up saldo DANA dapat dilakukan dengan berbagai macam metode yang sudah ditentukan oleh pihak DANA itu sendiri. Kamu bisa melakukan top up saldo melalui berbagai rekening bank, gerai minimarket Alfamart dan juga Indomaret.

Terdapat ketentuan top up saldo DANA pada beberapa metode, tidak ada biaya admin jika top up melalui rekening bank tertentu seperti BCA, Bank Mandiri. Dan akan dikenakan biaya admin jika top up via minimarket Alfamart dan Indomaret.

Biaya Admin Top Up DANA di Alfamart

Seperti yang sudah saya katakan di atas sebelumnya, bahwa kamu akan dikenakan biaya tambahan atau biaya admin saat melakukan top up saldo DANA di gerai minimarket Alfamart. Yang mana ini berlaku untuk semua Alfamart di Indonesia.

Dengan begitu, jika kamu sebagai pengguna dompet digital DANA dan hendak mengisi atau top up saldo DANA di gerai minimarket Alfamart. Maka disarankan untuk menyiapkan uang lebih untuk biaya tambahan atau biaya admin Alfamart.

1. Biaya Admin

Selanjutnya saya akan memberikan informasi terkait besaran biaya admin atau biaya tambahan dari Alfamart yang tentunya harus dibayarkan. Alfamart sudah menentukan tarif biaya admin atau tambahan sebesar Rp.2.500 per transaksinya.

Yang mana biaya admin atau biaya tambahan tersebut merupakan sebagai biaya layanan yang disediakan oleh gerai Alfamart terhadap top up saldo DANA. Karena minimarket Alfamart berperan baik sebagai perantara ataupun penyedia jasanya.

2. Cara Top Up DANA di Alfamart

Jika kamu sudah mengetahui besaran biaya admin atau biaya tambahan pada gerai minimarket Alfamart untuk keperluan top up saldo DANA di atas tadi. Maka berikutnya kamu harus mengetahui langkah atau cara untuk top up saldo DANA:

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mendatangai gerai minimarket Alfamart terdekat di daerahmu
  • Jika sudah tiba di minimarket Alfamart, maka kamu langsung saja menuju ke bagian kasir Alfamart
  • Kemudian jelaskan kepada bagian kasir Alfamart, bahwa kamu ingin melakukan top up saldo dompet digital DANA
  • Maka bagian kasir Alfamart akan meminta nomor ponsel yang telah terdaftar di akun dompet digital DANA sebagai kode acuan top up-nya
  • Selanjutnya bagian kasir Alfamart akan menanyakan besaran nominal atau jumlah top up saldo DANA yang akan diisikan
  • Beri tahu besaran nominal yang diinginkan dan tunggu sesaat hingga top up saldo DANA berhasil dilakukan
  • Maka kasir akan menagih uang tunai berdasarkan jumlah nominal top up saldo DANA yang sudah dilakukan. Contohnya kamu melakukan top up saldo sebesar Rp.100.000,- maka ditambahkan biaya admin menjadi Rp.102.500,-
  • Selesai, kamu berhasil melakukan top up saldo DANA via minimarket Alfamart. Jangan lupa ambil struk transaksi sebagai bukti transaksinya

Biaya Admin Top Up DANA di Indomaret

Setelah mengetahui jawaban terkait pertanyaan apakah top up dana kena biaya admin di atas tadi. Dan juga informasi terkait besaran biaya admin pada saat top up saldo DANA di Alfamart di atas sebelumnya.

Berikutnya ini adalah metode top up DANA yang sama melalui gerai minimarket. Namun yang membedakan adalah minimarketnya yaitu Indomaret, Untuk lebih jelas dan juga lengkapnya maka simak informasinya di bawah ini:

1. Biaya Admin

Setiap gerai minimarket memiliki suatu ketentuan sesuai prosedur yang berlaku. Tak terkecuali minimarket Indomaret ini, yang sama-sama menetapkan besaran biaya admin atau biaya tambahan ketika konsumen hendak top up saldo DANA.

Tetapi untuk biaya admin untuk jasa top up saldo dompet digital DANA ini sama besarannya dengan biaya admin Alfamart. Yaitu biaya admin atau tambahannya sebesar Rp.2.500,- untuk setiap transaksinya.

2. Cara Top Up DANA di Indomaret

Untuk langkah ataupun caranya tidaklah jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu top up saldo dompet digital DANA melalui minimarket Alfamart sebelumnya. Namun agar mengetahui lebih jelas, kamu bisa perhatikan cara berikut ini:

  • Pertama-tama datangai gerai minimarket Indomaret terdekat
  • Jika sudah tiba di minimarket Indomaret, maka langsung ke bagian kasir
  • Katakan ke bagian kasir, bahwa kamu ingin melakukan top up saldo DANA
  • Kasir akan meminta nomor ponsel yang telah terdaftar di akun DANA sebagai kode acuan top up-nya
  • Selanjutnya kasir Indomaret akan menanyakan besaran nominal top up saldo DANA yang akan diisikan
  • Beri tahu besaran nominal yang diinginkan dan tunggu sesaat hingga top up saldo DANA berhasil dilakukan
  • Maka kasir akan menagih uang tunai untuk top up saldo DANA yang sudah dilakukan. Contohnya kamu melakukan top up saldo sebesar Rp.50.000,- maka ditambahkan biaya admin menjadi Rp.52.500,-
  • Kamu berhasil top up saldo DANA via minimarket Indomaret. Jangan lupa ambil bukti transaksinya

Minimal dan Maksimal Top Up DANA

Untuk jumlah minimal dan maksimalnya top up saldo DANA di gerai minimarket Alfamart dan juga Indomaret keduanya memiliki persamaan. Yaitu untuk jumlah minimalnya sebesar Rp.50.000,- dan jumlah maksimalnya sebesar Rp.500.000,-.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi seputar pertanyaan apakah top up dana kena biaya admin yang cukup banyak dipertanyakan oleh pengguna baru DANA.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu ketika hendak top up DANA di kedua gerai minimarket tersebut. Jangan lupa untuk membagikan atau share informasi terimakasih..

Artikel Menarik Lainnya: