Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Pada Teks Lisan?

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Pada Teks Lisan?

Bagaimana cara menentukan ide pokok pada teks lisan? Cara menentukan ide pokok pada teks lisan itu dilakukan dengan cara menyimak, mencatat, menentukan kalimat utama dan ide pokok bahasan lalu simpulkan.

Dengan 5 tahap ini, kamu bisa tahu apa yang menjadi ide pokok yang disampaikan dalam teks lisan.

Kemampuan menentukan ide pokok teks lisan ini sangat penting. Terutama bagi seorang wartawan atau pun yang bekerja sebagai jurnalis. Saat wawancara, kemampuan ini akan sangat dibutuhkan.

Kamu bisa tahu dengan cepat pesan dan simpulan dari apa yang disampaikan narasumber.

Apa Itu Teks Lisan?

Teks lisan merupakan rangkaian kalimat yang ditranskrip dari rekaman bahasa lisan misalnya percakapan, khotbah, dan siaran langsung di radio atau televisi.

Teks lisan ini bisa berupa siaran langsung di media digital atau pun melalui ceramah langsung. Artinya, apa yang diucapkan oleh orang yang berbicara, itulah yang dinamakan teks lisan.

Bahasa lain dari teks lisan ini adalah ucapan. Ia tidak dalam bentuk tulisan melainkan dalam bentuk suara atau audio.

Apa Bedanya Teks Lisan dan Teks Tulis?

Teks lisan dan tulisan itu jelas sekali perbedaannya. Di mana teks lisan ini diucapkan langsung olah orang yang sedang berceramah atau bentuknya berupa audio.

Sedangkan teks tulisan, bentuknya berupa tulisan dari rangkaian huruf, kata dan juga paragraf tertentu serta dituangkan kedalam kertas atau dokumen tertentu.

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Pada Teks Lisan?

Cara menentukan ide pokok pada teks lisan itu sebenarnya sangat mudah. Namun kamu haru fokus pada apa yang kamu dengarkan dari teks lisan yang kamu simak.

Kunci utama yang harus kamu perhatikan untuk dapat menentukan teks lisan dengan baik yaitu harus fokus. Adapun langkah-langkah menentukan ide pokok pada teks lisan, yaitu:

1. Simak dan Dengarkan Teks Lisan dengan Baik

Pada saat kamu akan menganalisa teks lisan, pastikan kamu fokus dan menyimak setiap kalimatnya dengan baik. Jangan sampai pendengaran kamu atau pun fokus kamu kabur.

Karena hal itu akan berpengaruh pada hasil analisa teks lisan yang kamu buat nantinya. Usahakan fokus kamu untuk selalu terjaga dan mendengarkan setiap poin nya dengan baik.

2. Jangan Lupa Catat Poin Penting yang Disampaikan

Jangan lupa untuk membawa alat pencatat. Catatlah semua hal yang penting. Hal ini akan sangat membantu pada proses analisis.

Kamu akan punya data lebih banyak untuk menentukan ide pokok bahasan yang disampaikan.

Hal ini juga perlu dilakukan sebagai antisipasi khawatir jika kamu lupa dengan apa yang disampaikan pada teks lisan yang kamu simak tadi. Catatan akan mengingatkan kamu semuanya.

3. Tentukan Kalimat Utama

Untuk dapat menentukan ide pokok teks lisan, kamu harus menentukan dulu kalimat utamanya. Sama halnya seperti teks tulisan, kalimat utama biasanya ada di bagian paling awal atau pun di akhir paragraf.

Kalimat utama biasanya bersifat umum dari pada kalimat lain yang di sampaikan pada teks lisan. Perhatikanlah dengan baik dibagian itu.

4. Tentukan Ide Pokok Teks Lisan

Setelah kalimat utamanya berhasil kamu temukan, kamu bisa menemukan ide pokoknya. Kamu rincikan beberapa kata kunci dari kalimat utama yang sudah kamu catat.

Di kalimat utama itu ada beberapa kata kunci. Coba kamu uraikan setiap kata kuncinya sedetail mungkin. Perhatikan dengan seksama, kemudian baca setiap kata kuncinya.

Semua kata kunci tersebut akan mengerucut pada 1 ide pokok teks lisan. Perhatikan dan ambil kesimpulan, tentukan ide pokoknya.

Bagaimana Cara Menentukan Ide Pokok Pada Teks Tulis?

Lalu bagaimana cara menentukan ide pokok pada teks tulis? Apakah sama dengan teks lisan? Tentu berbeda. Karena teks yang digunakan pun berbeda.

Jika kamu ingin menentukan ide pokok pada teks tulis atau paragraf tertentu, kamu bisa gunakan cara berikut ini:

1. Baca Judul dengan Baik

Kamu harus baca dengan baik apa judul teks yang akan kamu cari ide pokoknya. Karena biasanya ide pokok ini ada di judul salah satunya. Baca dengan baik, kemudian buat taksiran ide pokoknya.

2. Cermati Kalimat Awal dan Akhir

Untuk menguatkan hipotesa atau taksiran ide pokok pada judul tadi, kamu harus baca pada kalimat awal dan juga kalimat akhir. Karena biasanya ide pokok ditulis di sana.

Baca dan cermati dengan baik kedua bagian itu. Kemudian kaitkan dengan judul teks yang sedang kamu baca.

3. Baca Kalimat Demi Kalimat

Kemudian kamu baca setiap kalimat demi kalimatnya dengan baik. Perhatikan dengan baik dan kaitkan dengan ide pokok yang kamu kira sebelumnya.

4. Temukan Gagasan Pokok

Gagasan pokok ini sifatnya lebih umum, coba kamu tentukan gagasan pokok berdasarkan judul dan kalimat yang sudah kamu baca. Buat lebih mengerucut kepada ide pokok.

5. Tentukan Ide Pokok

Setelah itu, barulah kamu tentukan ide pokok berdasarkan pengalaman 1-4 di atas yang sudah kamu lakukan.

Akhir Kata

Jadi bagaimana cara menentukan ide pokok pada teks lisan? Cara menentukan ide pokok pada teks lisan itu dilakukan dengan cara menyimak, mencatat, menentukan kalimat utama dan ide pokok bahasan.

4 cara ini bisa kamu gunakan untuk menentukan ide pokok dari teks lisan.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: