Bagaimana Cara Merawat Taman? Begini Agar Tanaman Sehat!

Bagaimana Cara Merawat Taman? Begini Agar Tanaman Sehat!

Bagaimana Cara Merawat Taman

Taman merupakan suatu ruang yang memiliki beragam kondisi dan juga konsep. Biasanya ruang taman ini didominasi dengan tanaman.

Kondisi taman harus selalu dijaga dan dirawat baik itu kolam maupun tanaman. Namun apakah merawat taman yang estetik tersebut sulit?

Cara merawat taman ruang terbuka di belakang rumah sebenarnya mudah. Dan kamu bisa mendapatkan jawabannya pada artikel kali ini.

Karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa cara untuk merawat ruang terbuka atau taman yang bisa dilakukan sendiri dirumah. Mari perhatikan pembahasan lengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Merawat Taman?

Ruang terbuka atau taman di area rumah akan tentu akan terkesan indah dan juga meningkatkan nilai estetika dari taman tersebut.

Karena adanya taman yang terawat akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman. Namun untuk menciptakan taman yang indah, tentunya membutuhkan perawatan yang dilakukan secara rutin.

Nah, berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat taman di rumah yang hemat. Tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan jasa tukang. Yuk simak caranya!

1. Menyapu Taman

Pertama yaitu menyapu taman secara rutin 2 hari sekali. Seperti yang diketahui bahwa mayoritas taman menggunakan jenis rumput karpet.

Maka dari itu akan lebih baik jika menyapunya dengan menggunakan sapu lidi. Ini dilakukan agar kotoran serta daun kering dan juga ranting kering yang ada di rumput Axanopus ini bisa terangkat dan jadi bersih.

2. Memotong Rumput Liar

Selanjutnya dengan memotong rumput liar yang tumbuh di sekitaran taman. Rumput liar kerap menjadi masalah di taman. Karena rumput ini memang sering tumbuh mendadak di beberapa bagian halaman.

Dengan begitu ini akan mengurangi nilai kerapihan konsep taman. Tenang, kamu bisa memotong rumput liar dengan gunting rumput. Jika tumbuhnya hanya sedikit, kamu bisa mencabutnya secara perlahan.

3. Menggunting Daun yang Layu

Seperti yang sudah dikatakan di awal tadi bahwa taman ini biasanya didominasi oleh berbagai macam jenis tumbuhan atau tanaman.

Yang mana setiap jenis tanaman tersebut pastinya memiliki banyak daun yang tumbuh. Dan daun tersebut akan layu di waktu tertentu.

Maka dari itu kamu perlu menggunting beberapa daun tersebut yang sudah terlihat agak menguning. Dengan begitu kebersihan taman dan juga setiap tumbuhannya akan tetap terjaga kebersihannya.

4. Memotong Dahan, Ranting, dan Daun Kering

Merawat ruang terbuka atau taman ini bisa dilakukan dengan hal-hal kecil. Contohnya seperti memotong ranting dan juga daun yang kering.

Cukup dengan menggunakan gunting dahan kamu bisa memotong ranting atau dahan kering. Namun untuk memotong dahan kamu bisa menggunakan gergaji kayu yang berukuran kecil dan juga sedang.

Ini semua dilakukan agar taman bersih dari ranting dan daun kering. Sedangkan memotong dahan pohon bisa dilakukan beberapa bulan sekali saja. Memotong dahan bentuk antisipasi dari rubuhnya pohon.

5. Memangkas Tanaman agar Rapih

Cara merawat taman berikutnya yaitu dengan memangkas daun yang terlalu lebat. Jika tumbuhan tersebut dibiarkan terlalu lebat maka akan terkesan seram dan juga menghindari hewan yang bisa bersembunyi.

Maka dari itu akan lebih baik jika tanaman yang berdaun lebat tersebut dipangkas agar terkesan rapih dan juga indah.

6. Memberi Pupuk Teratur

Memberikan pupuk secara teratur untuk beberapa tanaman hias yang memang memerlukan pupuk dalam merawatnya. Kamu bisa memberi pupuk tabur 2 minggu sekali, sedangkan pupuk cair seminggu sekali.

7. Menyediakan Tempat Sampah

Tempat sampah merupakan bagian penting juga dalam merawat taman. Namun jika bisa penempatannya di luar area taman agar taman bisa terlihat lebih bersih dan juga indah.

Adanya tempat sampah ini berguna agar sampah dari hasil merawat taman bisa langsung dibuang langsung tanpa rumit.

8. Menguras Kolam

Komponen taman selain tumbuhan adalah kolam ikan. Kolam tersebut tidak bisa lepas dari perhatian merawat taman. Karena kamu wajib menguras kolam agar kebersihannya terjaga dan juga terlihat fresh.

9. Memberi Pakan Ikan

Tidak lupa untuk memberikan pakan bagi penghuni kolam tersebut. Kamu bisa menyesuaikan pakan ikan dengan jenis ikan yang kamu rawat di kolam tersebut. Beri pakan ikan cukup 1 hari sekali saja.

10. Memberi Vitamin bagi Ikan

Selain memberikan pakan, kamu juga harus memperhatikan kesehatan ikan tersebut. Kamu bisa memberikan vitamin bagi ikan 2 minggu sekali saja. Karena salam kualitas air kolam yang baik maka ikan akan sehat.

11. Mengganti Filter Air

Bersihkan filter air pada kolam untuk selalu menjaga kualitas air pada kolam tersebut. Kamu bisa mengganti filter air tersebut untuk waktu yang cukup lama yaitu selama 3 bulan sekali tergantung kondisi kolam.

12. Merawat Pompa Air

Dan yang terakhir adalah merawat pompa air, karena air merupakan hal terpenting untuk merawat taman. Seperti yang kita ketahui bahwa komponen yang mendominasi taman adalah tumbuhan.

Maka dari itu cek keadaan pompa air di taman untuk memastikan kondisinya masih bagus. Karena setiap tumbuhan di taman wajib kamu siram sehari sekali di waktu pagi hari.

Biaya Merawat Taman

Berikut ini terdapat beberapa peralatan untuk merawat taman. Biaya perawatan ini tentunya tidak akan kamu keluarkan untuk setiap bulan.

Harga tersebut untuk jangka panjang perawatan taman. Karena beberapa hal di bawah ini merupakan peralatan yang jangka panjang dan sisanya bisa dipenuhi kembali dalam beberapa bulan.

  • Pupuk 85.000
  • Gunting Dahan 58.000
  • Gunting Taman 63.000
  • Gergaji Lipat 75.000
  • Pakan Ikan 60.000
  • Vitamin Ikan 25.000

Manfaat Merawat Taman

  • Udara di sekitar rumah lebih bersih dan sejuk
  • Membuat rumah terkesan asri
  • Bisa dijadikan tempat kumpul bersama keluarga
  • Bisa menanam buah dan sayuran
  • Tempat resapan air
  • Membangun dan meningkatkan kreativitas

Akhir Kata

Jadi itu berbagai cara merawat taman yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa tukang. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat pengeluaran bukan? Terimakasih semoga bermanfaat.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: