12 Cara Agar Menulis Cepat di Buku [Rapi & Bagus]

Cara agar menulis cepat di buku penting kamu pahami dengan baik. Selain bisa lebih mudah mencatat apa yang diterangkan guru, tulisan kamu juga dinilai oleh guru.

Selain peserta didik, guru pun sangat perlu tahu, agar bisa mendidik siswa nya untuk belajar menulis dengan cepat menggunakan metode yang tepat.

Dalam dunia kerja menulis cepat ini dibutuhkan pada beberapa jenis pekerjaan. Seperti wartawan ataupun saat interview seseorang yang hanya mengandalkan tulisan.

Manfaat Menulis Cepat di Buku

Menulis dengan cepat itu punya banyak banget manfaatnya. Baik saat kamu di sekolah, digunakan sebagai metode belajar yang tepat dan masih banyak lagi. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Mempermudah Mencatat Informasi Instan

Ketika ada informasi instan atau disampaikan dengan cepat seperti dari pembicara ataupun saat kelompok lain persentase, kamu bisa mencatat apa yang mereka sampaikan dengan mudah.

2. Menangkap Informasi dengan Cepat

Semua informasi baik dari media ataupun secara langsung dapat kamu catat dengan mudah tanpa ada yang terlewat. Kemampuan menulis ini menjadi kemampuan dasar paling penting.

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Dilansir dari situs Kumparan, menulis itu ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan otak lho. Semakin sering menulis maka kinerja otak akan semakin baik.

4. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Dengan meningkatnya kemampuan otak kamu, sudah pasti akan berimplikasi pada kemampuan belajar juga. Kemampuan belajar kamu akan meningkat dengan baik walau tidak signifikan.

Cara Agar Menulis Cepat di Buku Bagi Pemula

Berikut beberapa tahapan dalam membuat tulisan yang cepat namun rapi dan bagus diantaranya:

1. Konsisten Menulis 1 Paragraf Setiap Hari

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah konsisten menulis. Konsisten adalah sebuah perlakuan yang di lakukan secara terus menerus untuk melatih daya menulismu agar lebih mahir.

Konsisten lakukan setiap hari minimal satu paragraf perhari. Setelah kamu terbiasa dengan satu paragraf perhari kamu bisa tambahkan paragrafnya setelah kamu merasa perlu untuk penambahan paragraf.

2. Gunakan Kertas yang Bergaris

Selanjutnya usahakan gunakan kertas yang bergaris mengapa? Karena kertas bergaris akan memudahkan kamu dalam menulis karena ada batas baris untuk kamu menulis.

3. Gunakan Pensil Dahulu Jangan Pena

Berikutnya gunakanlah pensil jangan pena karena jika menggunakan pena takut nanti akan banyak kesalahan dan pena tidak bisa di hapus sedangkan pensil mudah untuk di hapus dan tak meninggalkan jejak.

4. Longgarkan Cengkraman Tangan

Selain itu saat menulis usahakan tanganmu jangan terlalu kuat dalam memegang pensil dan jangan pula terlalu longgar. Biarkan genggaman pensilmu senyaman mungkin.

5. Pilih Waktu Menulis yang Tepat

Selanjutnya pilih waktu menulis yang tepat jangan di saat sibuk usahakan waktu yang digunakan untuk menulis adalah waktu santaimu agar kamu merasa tenang.

6. Buat Kerangka Tulisan

Berikutnya buatlah outline atau kerangka tulisan agar memudahkan kamu mengingat step by step apa yang akan kamu tuangkan dalam tulisanmu. Outline atau kerangka ini menghindari kamu dari ngeblank atau lupa.

7. Buat Suasana Tenang

Buatlah suasan tenang kamu bisa memilih halaman belakang yang asri dengan penuh pemandangan saat menulis. Atau ruangan yang sepi sehingga dapat memudahkan kamu untuk berimajinasi. Dan menghindari gangguan dari orang lain.

8. Posisikan Tubuh Senyaman Mungkin

Selain ruangannya yang sepi dan tenang kamu juga bisa memposisikan tubuh kamu senyaman mungkin saat menulis. Bisa di meja belajar, bisa di ruangan tengah dengan mode selonjoran.

Atau hal apapun yang sekiranya bisa membuat kamu merasa nyaman dan anteng saat menulis. Karena posisi yang nyaman dapat meminimalisir sakit pinggang ketika berlama-lama menulis.

9. Gunakan Pensil yang Bagus

Selanjutnya gunakan pensil yang kualitasnya bagus. Kamu bisa pilih pensil yang penulisannya jelas hitamnya agar saat di pakai akan terlihat jelas. Jangan yang kualitasnya kurang bagus atau warna hitamnya temaram atau kurang jelas.

10. Cobalah Menulis Surat atau Kalimat Sederhana

Sebagai percobaan kamu bisa mencoba menulis surat atau cerpen di bukumu dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana.

11. Gunakan Pengatur Waktu

Jangan lupa gunakan pengatur waktu agar kamu bisa menilai tingkat kecepatan menulismu sudah seberapa cepat. Sehingga dapat terukur apakah kemampuanmu meningkat atau masih sama.

12. Teruslah Berlatih

Jangan bosan untuk terus berlatih karena hakikatnya belajar adalah kegiatan sepanjang hayat. Tiada usaha yang mengkhianati hasil jika kamu giat kamu pasti bisa. Semangat.

Tinggalkan komentar