Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI & Brimo [Mudah Banget]

Bagi kamu memiliki anggota keluarga atau saudara yang akan mengikuti ujian UTBK. Dan masih bingung dengan bagaimana cara membayarnya, maka cara bayar utbk lewat atm bri bisa menjadi solusinya agar lebih praktis dan aman.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa sebelum melakukan pembayaran ujian UTBK melalui ATM BRI ini. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran UTBK melalui situs LTMPT yang tersedia yaitu https://ltmpt.ac.id/.

Apakah Bisa Bayar UTBK Lewat ATM BRI?

Menjawab terkait pertanyaan di atas ini, proses pembayaran mengikuti ujian UTBK melalui ATM BRI bisa dilakukan. Bahkan kamu pun bisa melakukannya melalui aplikasi mobile banking, serta mesin EDC yang dimiliki setiap agen bank.

Ini dapat dilakukan karena beberapa bank negeri menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan. Tidak lain dan tidak bukan, program ini diciptakan dengan tujuan agar mempermudah proses pembayaran pada setiap calon peserta ujian.

Syarat Bayar UTBK Lewat ATM BRI

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa mekanisme pembayaran ujian UTBK ini menghadirkan berbagai cara bayar. Yang tentunya metode ini bisa kamu lakukan tanpa mendatangi kantor pusat, cabang atau Teller suatu bank.

Dengan demikian, terdapat beberapa syarat dan ketentuan dasar yang telah diberlakukan oleh kedua pihak yaitu bank dan juga Dinas Pendidikan. Lantas apa sajakah syarat dan ketentuan dasarnya? Silahkan perhatikan poin-poin berikut:

  • Pertama-tama calon peserta ujian UTBK diharuskan sudah mendaftar atau terdaftar di LTMPT
  • Pihak keluarga atau penanggung jawab biaya peserta ujian UTBK memiliki rekening tabungan yang terdaftar di BRI
  • Pihak keluarga atau penanggung jawab biaya peserta ujian UTBK memiliki kartu ATM atau Debit BRI
  • Pihak keluarga atau penanggung jawab biaya peserta ujian UTBK memiliki akun aplikasi mobile banking atau BRImo yang sudah diaktivasi oleh BRI

Cara Bayar UTBK Lewat ATM BRI

Apabila beberapa syarat dan ketentuan dasar yang berlaku tersebut sudah dipahami dan tentunya sudah dipenuhi. Maka bagi kamu penanggung jawab biaya dari peserta ujian UTBK bisa melakukan pembayaran UTBK melalui bank BRI.

Selanjutnya saya akan memberikan cara atau langkah pembayaran UTBK melalui ATM BRI. Penasaran? Langsung saja perhatikan uraian di bawah ini:

1. Mendatangi Gerai ATM BRI

Pertama-tama datangi gerai ATM BRI terdekat di daerahmu, pastikan juga kartu ATM atau Debit BRI telah dibawa. Karena akses utama dalam melakukan suatu transaksi pada ATM adalah kartu ATM atau Debit BRI itu sendiri.

2. Memasukkan Kartu ATM atau Debit BRI

Cara selanjutnya adalah memasukkan kartu ATM atau Debit BRI ke ATM. Masukkan juga 6 digit kode PIN BRI, untuk kemudian kamu tekan dan pilih menu “Pembayaran” agar bisa melanjutkan proses pembayaran ujian UTBK tersebut.

3. Pilih dan Tekan Menu UTBK LMPTP

Lalu kamu cari dan tekan menu “Lainnya/Berikutnya”, hingga menemukan menu “Universitas”. Di dalam menu universitas tersebut terdapat menu “UTBK LTMPT” yang menjadi tujuan pembayaran ini dan tekan menu untuk melanjutkannya.

4. Memasukkan Kode Pembayaran dan Mengecek Ulang

Jika sudah berada di dalam menu “UTBK LTMPT”, maka berikutnya kamu masukkan kode pembayaran yang terdapat pada slip pembayaran LTMPT. Jangan lupa untuk masukkan juga Nomor Induk Siswa Nasional atau dikenal NISN.

5. Ambil Struk Pembayaran

Setelah memasukkan kode pembayaran dan juga kode NISN calon peserta. Selanjutnya periksa kembali informasi data yang muncul, jika semua datanya sudah sesuai dan benar maka tekan tombol “Lanjut” untuk proses pembayaran.

Tunggu beberapa saat, hingga muncul keterangan transaksi berhasil dilakukan. Ambil struk transaksi dan simpan baik-baik sebagai bukti pembayaran yang sah.

Cara Bayar UTBK Lewat BRImo

Pada kesemptan kali ini, saya tidak hanya menjelaskan dan menguraikan dari cara bayar utbk lewat atm bri. Namun juga ada beberapa cara lain untuk dapat dilakukan dalam pembayaran ujian UTBK.

Tata cara serta uraian berikut yang akan dibahas adalah cara dari membayar ujian UTBK melalui aplikasi mobile banking BRI atau biasa dikenal dengan BRImo. Agar lebih jelasnya, silahkan simak beberapa uraian berikut ini:

1. Akses atau Buka Aplikasi BRImo

Buka atau akses aplikasi BRImo yang sudah terinstal diponsel. Masukkan Username dan juga Password BRImo, namun jika mengaktifkan login biometrik maka kamu bisa mengaksesnya hanya dengan fingerprint dan deteksi wajah.

2. Pilih dan Tekan Menu LTMPT

Ketika berhasil masuk ke dalam tampilan awal atau beranda aplikasi BRImo. Maka pilih dan tekan menu “Lainnya” yang terdapat di bagian kanan layar atau tepatnya di bawah menu “BRIZZI” yang sekaligus terletak di samping kanan menu “Listrik”.

3. Masukkan Kode Pembayaran

Di dalam menu “Lainnya” tadi terdapat menu “Pembayaran” dan juga sub menu “LTMPT UTBK”. Pilihlah menu LTMPT tersebut, lalu pada halaman selanjutnya masukkan kode pembayaran yang tersedia pada slip pendaftaran LTMPT.

Jangan lupa untuk input juga kode NISN calon peserta ujian UTBK. Ini bertujuan untuk menyesuaikan transaksi pembayaran yang dilakukan melalui BRImo.

4. Mengecek Ulang Detail Informasi

Jika seluruh data transaksi sudah dimasukkan, maka tekan tombol “Lanjut” untuk melanjutkan proses pembayaran. Di halaman selanjutnya akan muncul detail informasi transaksi, cek kembali dan pastikan semuanya benar dan sesuai.

5. Masukkan Kode PIN BRI

Cara terakhir yaitu dengan memasukkan 6 digit kode PIN BRI untuk konfirmasi proses pembayaran ujian UTBK melalui BRImo. Tunggu sesaat hingga notifikasi transaksi berhasil, ambil screenshot sebagai tanda bukti pembayaran.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan pada artikel kali ini mengenai cara bayar utbk lewat atm bri yang mudah. Semoga dengan adanya uraian cara di atas, dapat membantu teman-teman sebagai penanggungjawab peserta UTBK.