7 Cara Cepat Memahami Informasi Dari Sebuah Bacaan [Mudah]

Bagaimana Cara Cepat Memahami Informasi Dari Sebuah Bacaan

Dengan membaca tentu kita bisa mendapatkan suatu informasi dan juga ilmu pengetahuan yang tentunya berguna bagi kehidupan kita.

Tujuan membaca yaitu untuk memahami informasi yang disampaikan. Namun bagaimana cara yang efektif untuk memahami informasinya?

Untuk mengetahui caranya, maka perhatikan artikel kali ini yang akan membahas cara cepat memahami informasi dari sebuah bacaan.

Lantas bagaimanakah cara yang bisa dilakukan dengan cepat? Ayoo langsung cari tahu jawaban selengkapnya pada pembahasan berikut ini dari berbagai cara cepat memahami informasi pada suatu bacaan.

Bagaimana Cara Cepat Memahami Informasi Dari Sebuah Bacaan?

Dalam membaca, kamu dituntut untuk berpikir dan memahami serta menemukan informasi penting yang terkandung di bacaan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi penting tersebut maka kamu harus bisa memilah mana yang menjadi pokok bacaan dan yang bukan tentunya.

Proses menemukan informasi pokok dari suatu bacaan itu bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih jika bacaannya yang cukup panjang.

Namun tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengenai bagaimana caranya memahami informasi pokok yang terdapat pada suatu bacaan. Maka dari itu simak beberapa poin uraiannya berikut ini:

1. Cara atau Teknik Memindai (Scanning)

Yang pertama yaitu ada teknik memindai atau dikenal juga dengan Scanning. Yang mana teknik ini dilakukan dengan membaca secara cepat dan sekilas namun teliti.

Dilakukan dengan maksud untuk menemukan juga memperoleh informasi atau inti pembahasan dari suatu bacaan.

Dikutip dari Harjasujana dan Mulyati (1997) Studi Kamsari. Scanning dilakukan dengan mencari langsung informasi tanpa membaca atau memperhatikan bagian yang tidak dinilai relevan.

2. Teknik Skimming

Skimming yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan membaca layap. Mengutip dari Elsa Rakhmanita pada skripsi di researchgate.net, Skimming dari bahasa Inggris berarti mengambil pucuk susu atau krim.

Pada konteks bacaan, teknik Skimming ini artinya membaca cepat untuk mendapatkan intisari atau informasi umum dari suatu wacana.

3. Mencari Kata Kunci

Kamu bisa cepat memahami informasi dari suatu bacaan dengan mencari kata kunci. Karena kata kunci ini umumnya muncul di bagian awal, pertengahan dan juga akhir paragraf suatu bacaan.

Seperti yang diketahui bahwa kata kunci merupakan suatu kata atau frasa yang nantinya diuraikan menjadi suatu bacaan atau karya tulis.

4. Mencatat Isi Pokok dari Bacaan

Untuk lebih mudah dipelajari kembali di lain waktu nanti. Kamu bisa juga mencatat atau menandai isi pokok bacaan selama membaca atau ketika sudah selesai membaca bacaan tersebut.

Karena dengan mencatat pokok bacaan ini bisa menjadi salah satu indikator mengenai apakah kamu benar memahami bacaan tersebut.

5. Memperhatikan Judul Bacaan

Cara cepat memahami informasi dari sebuah bacaan selanjutnya yaitu dengan memperhatikan judul bacaan. Karena di bagian judul ini, banyak mengandung informasi penting dari suatu bacaan tersebut.

6. Memahami Sinonim dari Kata Kunci Bacaan

Kemudian mencari informasi dengan memahami sinonim atau persamaan kata dari kata kunci. Karena banyak jenis bacaan yang menggunakan sinonim untuk informasi penting atau kata kuncinya.

7. Membaca Teks Bacaan dengan Teliti

Jika kamu memiliki waktu luang maka kamu bisa membaca teks bacaan dengan teliti dan tenang. Dengan ketelitian tinggi maka kamu dapat menemukan informasi penting dari suatu bacaan tersebut.

Bacalah kalimat satu persatu secara intens, dengan begitu kamu bisa menemukan informasi penting yang terkandung pada bacaan tersebut.

Tips Menemukan Informasi Penting dari Sebuah Bacaan

Jika kamu sudah memahami beberapa cara yang ada di atas tadi. Maka kamu juga harus mengetahui sejumlah tips dalam menemukan informasi penting dari suatu bacaan yang hendak kamu baca.

Adanya tips ini tentu sangat berguna bagi kamu untuk menemukan informasi penting dari suatu bacaan. Baik bacaan yang pendek maupun yang panjang. Silahkan perhatikan tips yang ada di bawah ini:

1. Mencari Suatu Kata dan Kalimat yang Diulang

Kamu bisa mendapatkan informasi penting dari suatu bacaan dengan mencari suatu kata ataupun kalimat yang sering diulang.

Karena suatu kata atau kalimat yang diulang tersebut mengandung inti atau informasi penting dari suatu bahasan pada bacaan tersebut. Pengulangan tersebut bisa juga dikatakan sebagai bentuk penegasan.

2. Membaca Setiap Kalimatnya

Tips selanjutnya membaca dengan teliti setiap kalimat uraiannya. Yang mana banyak terdapat informasi penting dari kalimat yang tersusun tersebut.

Kamu bisa mendapatkan informasi penting tersebut biasanya setelah berhasil membaca semua bacaan. Dari beberapa kalimat tersebut akan mencerminkan informasi penting yang terkandung pada bacaan.

3. Mengenali Ciri Kalimat Penjelas dan Kalimat Utama

Kalimat penjelas ini mengandung inti informasi dari suatu bacaan yang tersimpan pada bagian kalimat pertama di suatu paragraf. Namun tidak semua bacaan yang meletakkan inti informasi di kalimat utama.

4. Mengenali Ide Kata Benda atau Subjek yang Mendominasi Paragraf

Setelah berhasil membaca setiap kalimat dengan teliti kamu bisa mengenali setiap benda atau objek pada setiap paragrafnya. Dengan begitu informasi penting pada bacaan bisa ditemukan dengan mudah.

5. Temukan Kata Kunci

Tips yang terakhir dan dinilai paling mudah dalam mendapatkan indormasi penting yaitu mencari kalimat yang mengandung kata kunci.

Untuk menemukan informasi penting dari bacaan tersebut kamu hanya perlu mencari kalimat yang mengandung kata kuncinya. Kalimat tersebut biasanya terletak di awal, tengah dan akhir bacaan.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai seputar cara cepat memahami informasi dari sebuah bacaan. Dari informasi tadi kamu bisa langsung mempraktekkannya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan membuatmu semakin gemar membaca yaa teman-teman..

Pecinta puncak gunung dan penulis lepas di beberapa blog Indonesia. Terimakasih sudah sudi membaca tulisan sederhana saya di blog ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: