Cara Membuat Gif Di Photoshop Bagi Pemula [Mudah Banget]

Cara Membuat Gif di Photoshop Bagi Pemula [Mudah Banget]

Cara Membuat Gif di Photoshop Bagi Pemula

Cara membuat gif di photoshop sangat mudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah panduan yang akan saya jelaskan di bawah ini. Jika kamu seorang pemula yang belum pernah membuat gif panduan di artikel ini pastinya sangat membantu.

Gif yang merupakan bentuk gambar bergerak yang menggemaskan dan gambar tersebut sangat berbeda dengan emoji. Gif merupakan animasi yang lebih menarik karena ada gerakannya.

Dan itu semua bisa kamu buat sesuai kreatifitasmu menggunakan aplikasi Photoshop. Kamu bisa membuat gif keren sendiri dengan menyimak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu Gif?

Bagi kamu yang belum memahami apa itu Gif akan saya jelaskan sekarang. Gif adalah Graphics Interchange Format yaitu suatu format yang di dalamnya menggunakan format gambar bitmap .

Dan mendukung 8 bits per pixel di setiap gambarnya. Jenis file ini akan membuat kamu bisa memberikan penambahan warna secara transparan. Dan yang paling menarik dari Gif adalah kemampuannya dalam animasi.

Walaupun masih dalam suatu tingkatan yang sangat sederhana. Dan untuk saat ini format fil eGif bisa mendukung sampai 256 warna RGB (Red, Green, Blue) 24 bit. Format seperti ini kurang mendukung untuk dunia percetakan atau fotografi.

Tapi akan sangat bermanfaat untuk desain grafis atau pembuatan logo.
Selain itu Gif sangat di gandrungi oleh kaum milenial karena Gif bisa membuat chatroom Wathshap lebih menarik.

Gip bisa mengungkapkan perasaan dengan animasi bergerak yang lucu dan keren.
Agar tidak berlama-lama, mari kita simak cara membuat Gif sendiri di Photoshop yang akan saya jelaskan berikut di bawah ini.

Cara Membuat Gif Sendiri di Photoshop

Ini dia cara membuat Gif sendiri di Photoshop, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Import Foto-Foto Kamu

Langkah pertama yang bisa kamu ikuti kamu bisa memilih foto mana saja yang ingin kamu gunakan dan import foto tersebut ke aplikasi. Dengan cara buka photoshop lalu pilih File, pilih Scripts lalu pilih files into stack.

Klik browse dan tempatkan foto yang kamu pilih. Sambil menekan tombol shift, pilih semua file foto lalu klik open. Selanjutnya klik Ok untuk meng-import foto-foto tersebut ke dalam satu layer file.

Kamu harus ingat bahwa sekarang sejumlah layer baru sudah dibuat pada panel Layers di sisi kanan workspace kamu. Layer-layer tersebut nantinya akan menjadi Gif animasi yang bisa kamu gunakan.

2. Buka Timeline

Langkah selanjutnya kamu bisa buka timeline dengan mengunjungi Window lalu klik timeline untuk membuka panel timeline. Selanjutnya klik panah pada tombol kecil untuk membuat animasi frame yang baru.

3. Konversi Layer Ke Frame Animasi

Berikutnya kamu bisa mengklik ikon menu di bagian pojok kanan atas pada panel timeline. Klik Make frames from layers.

Hal ini akan mengkonversi semua layer di panel layers ke frame individual di animasi kamu. Lalu selanjutnya kamu bisa klik tombol play dari bawah panel timeline (atau tekan tombol spasi pada keyboard) untuk meninjau animasi.

Jika animasi kamu bergerak secara terbalik, kamu bisa pilih ikon menu timeline sekali lagi dan pilih reverse frames.

4. Ubah Animasi Jadi Loop

Langkah selanjutnya untuk cara membuat Gif di photoshop bagi pemula yaitu ubah animasi jadi loop. Klik menu repeat di bawah panel timeline dan pilih forever.

Ini akan menciptakan animasi dengan gerakan looping atau gerakan berulang-ulang. Lalu klik tombol play di bawah panel timeline atau tekan tombol spasi pada keyword untuk meninjau kembali animasi yang telah dibuat oleh kamu.

5. Ekspor Animasi Dan Ubah Menjadi Gif

Untuk ekspor file kamu bisa buka file, klik eksport, lalu klik save for web (legacy). Pilih Gif 128 Dithered dari menu preset.

Lalu pilih 256 dari menu colors, jika kamu menggunakan Gif online atau ingin membatasi ukurannya kamu bisa mengubahnya dengan mengklik ubah Width and Height di pilihan image size.

Dan pilih forever dari menu looping options. Selanjutnya klik tombol preview di bagian pojok kiri jendela eksport untuk meninjau Gif kamu di web browser. Dan klik save.

Dan pilih tempat yang kamu inginkan untuk menyimpan file Gif animasimu. Dan selamat kamu telah berhasil membuat Gif karya kamu sendiri sesuai keinginan dan sesuai dengan kamu bayangkan.

Kirimkan Gif ke Teman Chat

Dan terakhir cara membuat Gif di photoshop kamu telah selesai kamu pastikan kembali jika Gif yang kamu buat memang sesuai dengan keinginan kamu. Kamu bisa share hasil karyamu ke teman chat kamu.

Dengan cara pilih Gif lalu klik bagikan. Kamu bisa membagikannya ke media sosial kamu. Baik teman chat, gruf chat wathshap, status wa dan lain-lain agar teman kamu tahu itu hasil karyamu yang keren.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: