7 Cara Membuat Light Novel yang Baik & Benar [Lengkap A-Z]

Bagi saya, light novel merupakan salah satu jenis novel yang sangat menarik. Tidak hanya tulisan, isinya disertai dengan gambar yang ilustratif. Gimana cara membuat light novel?

1 Fashion murah

Bagi kamu yang doyan nulis cerita fiksi seperti novel, light novel mungkin bisa menjadi salah satu alternatif atasi kejenuhan kam berkutat dengan tulisan setiap hari.

fashion muslim murah

Karena jujur saja, menulis light novel itu punya sisi lain yang menarik dan penuh dengan tantangan lho.

Pasalnya, kita gak cuma mikirin kalimat apa yang harus kita tulis tapi juga harus membuat image yang ilustratif untuk memberikan gambaran nyata dari cerita yang kita buat.

Apa Itu Light Novel?

Sebelum ke langkah cara membuat light novel alangkah baiknya kita pahami dulu apa light novel itu?

Sepemahaman saya, light novel itu merupakan jenis novel yang setiap lembaran-lembarannya tidak hanya berbentuk teks tulisan saja tapi juga dilengkapi dengan gambar.

1 Fashion murah

Gambar-gambar tersebut seolah mengilustrasikan dan mendeskripsikan keadaan atau kondisi tokoh dan karakter dalam ceritanya.

Novel jenis ini pertama kali populer di negara matahari terbit yaitu Jepang. Dan gaya penulisan light novel dari jepang ini memiliki ciri khas jepang banget, khas anak muda banget.

Kenapa demikian? Karena light novel emang sasaran pembacanya untuk remaja atau sekitaran anak SMP dan juga SMA.

Dan halaman pada light novel biasanya hanya tidak mencapai 200 halaman dan jumlah katanya pun tidak lebih dari 50.000 kata.

Karena halaman yang banyak gambarnya kita mengira itu komik tentu saja kight novel bukanlah komik. Meski halamannya tidak mencapai dua ratus halaman namun light novel ini cukup berkesan dan seru.

Banyak genre yang disuguhkan dalam light novel itu sendiri seperti fantasi, romance, fiksi sejarah, detektif dan juga petualangan. Jenis novel membuat meringankan pembaca dalam memahami alur cerita dan dialog sesuai namanya “light” yang berarti ringan.

1 Fashion murah

Cara Membuat Light Novel yang Baik & Benar

Buat kamu yang penasaran dan pengen buat light novel, berikut adalah langkah-langkah cara membuat light novel yang baik dan benar versi saya:

1. Pilih Tema yang Paling Banyak Peminatnya

Seperti halnya novel pada umumnya pemilihan tema adalah yang paling utama pula dalam pembuatan light novel. Baik tema persahabatan, percintaan, petualangan dan lain sebagainya.

Saran saya pilih lah tema yang paling banyak peminatnya kenapa karena dilihat dari banyak peminat berarti genre tersebut yang banyak di cari juga oleh pembaca pada umumnya.

2. Tentukan Bagian Paling Menarik dari Story nya

Setelah pemilihan tema yang selanjutnya kamu bisa menentukan bagian paling menarik dari cerita yang akan kamu sampaikan baik alur, atau karakter tokohnya buat ada hal yang menarik dari situ.

3. Awal dengan Pengantar yang Mendebarkan

Setelah menentukan hal yang menarik dari awal, selanjutnya berikan pengantar yang mendebarkan. bisa dengan kejadian yang membuat pembaca merasa cerita ini berbeda dengan yang lain atau adegan yang mendebarkan dan lain-lain.

4. Kenalkan Tokoh Dalam Cerita dengan Narasi yang Baik

Lalu selanjutnya kenalkan cerita dalam novel tersebut engan narasi yang baik agar para pembaca merasa penasaran dengan kelanjutan cerita dari tokoh tersebut.

1 Fashion murah

5. Masukkan Dialog Tapi Jangan Over

Berikutnya dialog namun jangan over. Karena light novel beda dari novel biasa dan juga beda juga dari komik. Namun light novel adalah perpaduan komik dan nove biasa pada umumnya.

Dialog light novel jangan terlalu panjang jangan panjang-panjang kayak novel umum jangan jangan juga terlalu pendek seperti komik sederhana saja.

6. Ilustrasikan Cerita dengan Baik

Setelah membuat tokoh dan dialog cobalah ilustrasikan cerita light novelmu dengan baik, cara mengilustrasikan novel ada beberapa cara bisa menggunakan jasa ilustrasi novel atau hasil karyamu sendiri.

7. Buat Cerita Hingga 100 Halaman

Selanjutnya sebagai pemula kamu bisa memulai membuat light novel awalmu minimal membuat cerita dengan seratus halaman. Setelah kamu lebih paham kamu bisa tingkatkan halaman ceritamu sesuai kebutuhan.

Apa Bedanya Light Novel & Web Novel?

Meski sama-sama merupakan bacaan novel, keduanya gak bisa disamakan lho. Setidaknya ada 4 hal yang membedakan antara light novel dan web novel, yaitu:

1. Tempat Terbit

Light novel dicetak secara offline melalui percetakan, sedangkan light novel diterbitkan di internet melalui halaman website.

1 Fashion murah

2. Bentuk Buku

Tentu bentuk bukunya juga beda. Web novel bentuknya digital bisa diakses menggunakan jaringan internet dan bisa dibaca dari mana saja tanpa harus bawa buku.

Sedangkan light novel bentuknya cetak dan harus dibaca secara offline. Jika kamu ingin baca di tempat tertentu kamu harus membawanya di tas. Kalo ujan ya pasti keujanan karena light novel ini bentuknya buku fisik.

3. Light Novel Harus Bayar

Jika kamu ingin baca light novel , maka kamu harus membelinya terlebih dahulu baik di toko buku ataupun di tempat lain yang menjualnya.

4. Web Novel Gratis

Sedangkan jika kamu baca web novel, kamu tidak perlu bayar lagi. Karena ini gratis dan bisa diakses dari mana saja. Ya walaupun gak 100% gratis sih, ada juga yang berbayar kok.

Namun web novel gratis pun masih banyak bahkan ada ribuan cerita kali. Kamu bisa cek daftar webnya di internet ada banyak kok.

Akhir Kata

Perlu dipahami, bahwa sebenarnya cara membuat light novel ini tidak jauh berbeda dengan membuat novel biasa. Bedanya, membuat light novel itu harus dilengkapi dengan gambar walau tidak seperti komik.

1 Fashion murah

Namun, gambar yang dibuat juga bukan sembarangan gambar ya. Gambar yang dibuat harus ilustratif dan menggambarkan apa yang ditulis dalam teks cerita.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu