√ 3 Cara Membuat Sampul Novel Paling Mudah [Untuk Pemula]

Cara membuat sampul novel merupakan salah satu hal yang penting sekali untuk diperhatikan oleh kamu yang akan membuat sebuah novel.

Hal tersebut tentu saja bukan tanpa alasan melainkan karena novel yang menarik untuk pembaca merupakan novel yang mempunyai sampul yang menarik pula.

Bagi kamu penulis pemula tak perlu cemas karena dalam tulisan ini akan dibahas tentang bagaimana cara membuat sampul yang sederhana.

Apa Itu Sampul Novel?

cara membuat sampul novel

Sampul novel ini bisa diartikan juga sebagai cover yang ada di bagian depan novel. Biasanya ada judul novel, penulis dan juga penerbit serta ilustrasi menari dari novel.

Sampul novel harus dibuat dengan baik karena bisa menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli. Masih banyak orang yang hanya melihat buku dari judul dan cover nya.

Secara otomatis, kita tentu harus banget memperhatikan cover atau sampul buku ini. Kita harus membuatnya sebaik mungkin agar calon pembaca atau pembeli tertarik.

Cara membuat sampul novel ini bisa dilakukan sendiri ataupun dengan menggunakan jasa orang lain. Di sini akan dijelaskan keduanya, mana yang lebih wort it.

Cara Membuat Sampul Novel Secara Mandiri

cara membuat sampul novel

Cara membuat sampul novel bisa dilakukan sendiri dengan mudah. ada banyak tools yang bisa digunakan. Adapun langkah membuat sampul novel, yaitu:

1. Memilih Software Desain Sampul Novel

Pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat novel tentu saja menentukan inspirasi untuk sampul yang akan dibuat.

Setelah kamu sebelumnya mencari tahu sebanya mungkin inspirasi untuk sampul novel dengan tetap memperhatikan penyampaian pesan yang ditampilkan dari visual.

Singkatnya, kamu harus memastikan bahwa sampul yang kamu buat bisa menarik perhatian target pasar Ana.

Setelah pencarian ide atau inspirasi untuk sampul kamu lakukan maka selanjutnya adalah dengan memilih software desain yang akan digunakan.

Sebenarnya semua aplikasi akan memiliki hasil yang sama. Akan tetapi masing-masing aplikasi tersebut tentu saja membutuhkan skill mengedit.

Lalu bagaimana untuk kamu yang tidak mahir dalam mengedit menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan skill?

Kamu tak perlu cemas dan khawatir karena kamu akan tetap bisa melakukan desain menggunakan sebuah aplikasi dengan hasil edit sampul novel yang menarik.

Untuk kamu yang demikian maka kamu bisa menggunakan aplikasi Canva sebagai pilihan membuat desain sampul novel.

Namun bila kamu merupakan seseorang yang sudah berpengalaman melakukan pengeditan di aplikasi yang membutuhkan skill maka kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop.

2. Memilih Elemen Grafis

Cara membuat sampul novel berikutnya adalah dengan memilih elemen grafis.

Bila kamu mempunyai rencana untuk melakukan publikasi novel secara luas maka kamu wajib mempertimbangkan penggunaan dari elemen visual pada sampul novel kamu.

Hal tersebut karena terkait dengan hak cipta yang biasanya terdapat pada gambar yang ada di internet.

Bila ingin aman maka kamu bisa menggunakan foto atau gambar sendiri sebagai sampul novel atau menggunakan jasa dari fotografer.

3. Menentukan Dimensi Sampul

Selanjutnya adalah dengan menentukan dimensi sampul. Untuk lebih memahami tentang dimensi yang biasanya digunakan pada sebuah novel tentu saja kamu harus melihat karya dari orang lain.

Tak hanya ukuran saja, kamu juga harus memperhatikan jumlah halaman, ketebalan kertas yang akan digunakan, serta layout dan huruf yang akan kamu tuliskan dalam sampul novel.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan huruf-huruf pada sampul novel yang tentu saja tidak kalah pentingnya dengan hal lainnya.

Pertama, kamu harus melihat penataan teks pada sampul dari novel yang lain.

Jenis font apa yang biasanya digunakan. Akan tetapi kamu juga harus menggunakan beberapa variasi dengan cara menghindari penggunaan jenis font yang sama persis dengan novel karya orang lain.

Selanjutnya kamu harus fokuskan teks pada judul novel yang dibuat bukan nama kamu. Ingat untuk menyesuaikan ukuran maka nama dari pengarang besarnya tidak lebih dari judul novel yang dibuat.

Jangan lupa untuk membuatnya menjadi sederhana namun menarik dan membuat penasaran untuk pasaran target kamu. Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba saat akan membuat sampul novel.

Perlu kamu ingat bahwa peranan dari sampul adalah sangat penting untuk bisa menarik perhatian dari target.

Oleh sebab itu, buatlah sebuah sampul yang sederhana namun sangat menarik.

Semoga informasi cara membuat sampul novel secara praktis bisa membantu kamu.

Membuat Sampul Novel Menggunakan Jasa

cara membuat sampul novel

Namun apabila cara membuat sampul novel di atas terasa ribet, kamu bisa kok keluar modal sedikit dan gunakan jasa orang lain. Ini jauh lebih efektif dan lebih efisien.

Uang yang perlu kamu keluarkan pun tidak begitu besar kok. Mulai dari Rp150.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan sampul novel dengan desain sesuai keinginan.

Namun, jika kamu gunakan jasa orang lain, pastikan jasa yang kamu pilih itu emang pengalaman dibidang tersebut.

  • Punya portofolio yang relevan
  • Terbiasa membuat sampul novel
  • Siapkan brief pengerjaan yang jelas
  • Terpercaya dan sudah digunakan banyak orang
  • Memiliki kredibilitas yang bagus

Menggunakan jasa orang lain kadang berisiko juga, jadi saat memilihnya kamu harus hati-hati.

Konsultasi dengan Penerbit

Nah, jika kedua cara di atas masih gak bisa kamu gunakan, kamu mungkin bisa konsultasikan ini dengan penerbit yang kamu pilih. Lho emang bisa?

Ya tentu bisa. Setiap penerbit menyediakan desain cover dengan kualitas terbaik. Apalagi jika kamu menggunakan penerbit novel mayor. Sudah pasti akan lebih mudah di sana mah.

Namun ada kalanya juga penerbit tidak menyediakan hal tersebut. Dalam kasus ini kamu sebaiknya pilih opsi nomor 2 di atas.

Penutup

Dari tulisan di atas bisa kita simpulkan bahwa cara membuat sampul novel itu bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi.

Kamu bisa gunakan tools seperti Canva Pro ataupun PICS Art. Keduanya bisa kamu gunakan dengan mudah untuk membuat sampul buku sesuai keinginan.

Tinggalkan komentar