Cara Membuat Transfer Response UNBK Mudah [ year ]

Cara membuat transfer response unbk ini sebenarnya berfungsi untuk melakukan backup dan juga restore hasil jawaban peserta UNBK dalam bentuk file ekstensi .txt yang disimpam atau di-save pada folder Dump.

1 Fashion murah

Transfer response juga merupakan salah satu menu yang wajib diisi pada CBTSync UNBK 2022 ini. Karena jika transfer response tidak dibuat, maka langkah-langkah berikutnya tidak dapat dilakukan atau dilanjut.

fashion muslim murah

Syarat Membuat Transfer Response UNBK

Terdapat beberapa syarat yang sangat mendasar dalam proses membuat transfer response UNBK ini. Persyaratannya pun tidak terlalu banyak dan juga bervariasi, silahkan simak beberapa syarat berikut ini:

  • Pertama-tama siapkan USB Flashdisk (4 GB hingga 16 GB) yang kosong ataupun diformat dulu data yang terdapat di dalamnya
  • Perangkat baik Komputer (PC) maupun Laptop yang memiliki kinerja baik untuk proses transfer response UNBK nantinya

Cara Membuat Transfer Response UNBK

Seperti yang sudah disebutkan pada syarat di atas tadi, bahwa pada proses transfer response ini wajib melakukan backup Virtual Harddisk Drive (VHD) hasil sinkronisasi menggunakan HD Eksternal atau lainnya.

Jika sudah memahami dan juga memenuhi apa saja yang menjadi syarat dasar dalam proses membuat transfer response UNBK. Maka selanjutnya dapat memulai untuk membuat transfer response UNBK.

1. Pasang Flashdisk pada Port Kosong

Pertama-tama pasangkan flashdisk yang sudah disiapkan pada port baik yang tersedia di komputer maupun pada laptop. Kemudian buat folder pada flashdisk tersebut contohnya “Transfer Resnponse UNBK”.

1 Fashion murah

2. Lakukan Sharing Folder

Jika sudah maka lakukan Sharing Folder dengan cara mengklik kanan pada folder yang sudah dibuat sebelumnya tadi. Pilih dan tekan menu “Give Access to” untuk kemudian kamu tekan menu “Specific People”.

3. Masuk ke Windows Network Access

Untuk selanjutnya akan muncul secara otomatis menu Window Network Access. Pilih menu “Everyone” pada dropdown, lalu tekan menu “Add”. Pastikan Permission Level menjadi “Read/Write” klik Share lalu Done.

4. Mematikan Password Protected Sharing

Hal berikutnya yang dilakukan adalah dengan mematikan Password Protected Sharing dengan masuk ke menu “Control Panel” di Windows lalu pilih menu “Network and Internet” dan “Network and Sharing Center”.

Kemudian pilih menu “Advanced Sharing Settings” lalu pilih dan tekan menu “Turn Off Password-Protected Sharing. Untuk menyimpan proses mematikan password maka tekan “Save Changes” yang ada di bawah.

5. Mengecek IP Server Komputer

Langkah selanjutnya dalam membuat transfer response UNBK adalah dengan mengecek IP Server pada perangkat yang digunakan. Cek IP dengan cara membuka cmd.exe dan juga ketikan ipconfig agar tahu.

Maka akan muncul informasi mengenai IP Konfigurasi pada server komputer atau laptop tersebut. Contoh IP-nya adalah 142.168.0.0.12 (IP LAN lokal untuk kllien ataupun Adapter Bridge) yang digunakan.

1 Fashion murah

6. Buka Windows Explorer

Kemudian lanjut ke cara membuat transfer response unbk berikutnya dengan membuka menu Windows Explorer. Kemudian kamu ketikkan \\142.168.0.0.12 pada kolom pencarian yang tersedia di atas.

Dengan begitu akan muncul folder sharing yang sudah dibuat sebelumnya. Folder sharing tersebut muncul dengan nama sesuai yang telah dibuat sebelumnya yaitu “Transfer Response”.

7. Cek Username Komputer

Cek username perangkat komputer ataupun laptop yang digunakan dengan membuka menu “Control Panel” lalu masuk ke “System and Security System” kemudian lihat pada bagian Computer Name-nya.

8. Buka ExambroAdmin

Masuk atau akses ExambroAdmin dan masuk ke Dashboard untuk kemudian kamu pilih dan klik menu “Transfer Response”. Ini dilakukan untuk memasukkan beberapa informasi form isian berikut contohnya.

Folder Dump : \\142.168.0.0.12\Transfer Response, lalu untuk Password : password sembarang dengan contoh 122289. Kemudian User Name : DESKTOP-VLUIA09A (Nama Perangkat) dan juga Server IP : 142.168.0.0.12.

9. Ganti Folder Dump

Tekan tombol “Simpan” jika berhasil maka akan muncul notifikasi kecil atau pop up berwarna hijau dengan keterangan “Folder Dump, Data folder Dump berhasil diganti”.

1 Fashion murah

Namun jika gagal mengganti Folder Dump tersebut, maka akan muncul pop up merah dengan tulisan keterangan “Folder Dump, Data folder Dump gagal diganti.

10. Setting Transfer Response Berhasil

Langkah atau cara terakhir yaitu akan ditandai dengan munculnya file dengan nama TESME.txt pada folder Transfer Response pada flashdisk yang digunakan dengan berisikan “Test Folder Transfer Response”.

Pastikan bahwa file yang muncul tersebut dengan ekstensi .txt. Karena jika bukan, maka proses membuat transfer response UNBK tersebut ada yang salah dan harus diulang kembali dengan baik dan juga benar.

Cara Menggunakan Menu Transfer Response UNBK

Di atas tadi merupakan urutan langkah atau cara uraian dari proses pembuatan transfer response UNBK yang mudah. Seperti yang kamu ketahui, bahwa pembuatannya ini tidak perlu memakan waktu lama.

Setelah kamu mengetahui cara atau langkah pembuatannya transfer response UNBK. Maka berikutnya adalah informasi cara menggunakan menu transfer response UNBK pada beberapa poin di bawah ini:

  • Jalankan terlebih dulu VHD Backup hasil sinkronisasi
  • MenZIP file transfer response dengan jenis file extension .txt yang ada di Folder Dump
  • Di CBTsync, pilih menu status tes, lallu pilih Daftar Test yang bermasalah, kelompok, lalu tekan “Simpan”
  • Jika berhasil memilih daftar tes, maka pilih Transfer Response
  • Klik Select File untuk memilih yang telah ZIP sebelumnya
  • Pilih file ZIP transfer response tekan “Open”
  • Klik “Upload Files” hingga muncul notifikasi berhasil di atas
  • Meminta Token Transfer Response ke Help Desk Pusat
  • Masukkan toket yang diberikan Help Desk Pusat pada kolom yang sudah tersedia dan tekan “Import Response”
  • Pastikan proses ini berhasil yang ditandai muncul notifikasi dari atas layar monitor
  • Jika sudah, maka peserta bisa melanjutkan ujian kembali

Akhir Kata

Demikian informasi seputar cara membuat transfer response unbk yang tentunya sangat mudah. Semoga informasi mengenai beberapa cara di atas tadi bisa bermanfaat. Jangan lupa share dan terimakasih.

1 Fashion murah

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu