Cara Menerbitkan Buku Sendiri di Gramedia, Mizan, Bukune

By

Cara menerbitkan buku atau novel hasil karya sendiri bisa dilakukan di berbagai penerbit seperti Gramedia, Mizan, Bentang Pustaka, Bukune, Diva Press, Elex Media Komputindo & Republika.

Setiap penerbit memiliki syarat dan ketentuan khusus ketika akan menerbitkan buku. Salah satu syarat menerbitkan buku atau novel di Gramedia minimalnya harus 100-200 lembar. Penerbit lain tentu punya syarat lain yang berbeda.

Sebagai orang atau penulis yang baru pertama kali akan menerbitkan buku, maka kamu harus tahu dan pahami dengan baik proses dan langkah langkah menerbitkan buku ini.

Nah, buat kamu yang memang mau nerbitin buku, artikel ini bisa jadi referensi yang tepat untuk digunakan.

Di sini akan saya jelaskan proses dan langkah menerbitkan buku di berbagai penerbit yang ada di Indonesia.

Tempat Menerbitkan Buku atau Novel

Cara Menerbitkan Buku & Novel Sendiri

Tempat menerbitkan buku atau novel di Indonesia itu ada banyak. Kamu hanya tinggal pilih di mana akan menerbitkan buku atau novel kamu. Adapun beberapa tempat atau penerbit buku yang ada di Indonesia, di antaranya yaitu:

  1. Gramedia
  2. Mizan
  3. Bentang Pustaka
  4. Bukune
  5. Diva Press
  6. Elex Media Komputindo
  7. Republika
  8. Deepublish
  9. Coconut Books
  10. Kanisius

Ini hanya beberapa saja yang saya ketahui, kayanya masih banyak penerbit buku lain yang bisa digunakan untuk terbitkan buku.

Cara Menerbitkan Buku di Gramedia

Cara Menerbitkan Buku di Gramedia

Gramedia merupakan salah satu penerbit buku paling populer dan paling ternama di Indonesia. Baik novel, komik, buku fiksi ataupun non fiksi bisa kamu terbitkan di Gramedia.

Cara nerbitin buku di Gramedia terbilang cukup ketat lho. Setiap penulis yang akan menerbitkan buku di sana wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang mereka berikan.

1. Syarat Menerbitkan Buku di Gramedia

Beberapa syarat cara menerbitkan buku atau novel di Gramedia, di antaranya adalah:

  1. Buku yang akan diterbitkan minimal 70-150 halaman
  2. Jika kamu akan mencetak buku anak, lengkapi dengan gambar dan ilustrasi ceritanya
  3. Naskah buku harus diketik rapi dengan menggunakan huruf times new roman ukuran 12 pt, spasi 1.5 dan menggunakan kertas A4
  4. Tiak diperkenankan mencetak buku sara, konten gambar atau tulisan yang vulgar

2. Jenis Naskah Buku yang Bisa Diterbitkan di Gramedia

Di Gramedia kamu bisa menerbitkan buku fiksi, buku nonfiksi ataupun naskah referensi.

  1. Naskah fiksi, meliputi: fiksi anak, novel remaja, novel dewasa, cerpen, k-fiction (cerita fiksi Korea)
  2. Naskah nonfiksi, meliputi: psikologi, pengembangan diri, parenting, bisnis, ekonomi, gaya hidup, hiburan, buku panduan, travelling, fotografi, pengetahuan populer dan entertainment
  3. Naskah referensi, meliputi: kumpulan soal, buku pengayaan, buku sekolah berbasis kurikulum, buku referensi pendidikan

3. Kirim Naskah Buku ke Email Gramedia

Jika naskah buku kamu sudah siap dan dirasa sudah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, kamu bisa kirimkan naskah buku ini ke Gramedia melalui email ataupun melalui situs Gramedia.

Kamu bisa kirim naskah buku kamu tersebut ke salah satu percetakan Gramedia. Kirim saja melalui emailnya yaitu:

  • Redaksi@gradinso.id (Penerbit Grasindo)
  • Fiksi@gramediapublishers.com (Penerbit GPU)
  • Nonfiksi@gramediapublishers.com (Penerbit GPU)

Jangan lupa masukkan kategori buku yang kamu kirim di bagian subjek email [Fiksi, Nonfiksi atau Buku Sekolah].

Selain itu, lampirkan beberapa naskah buku yang akan kamu kirim ke pihak percetakan untuk direview, seperti:

1. Sinopsis

Pastikan kamu sudah menulis sinopsis buku yang akan kamu kirimkan ke Gramedia. Sinopsis tidak boleh lebih dari 2 halaman serta ditulis dengan baik, pastikan isinya lengkap serta mencakup isi cerita secara keseluruhan sehingga penerbit bisa menangkap isi dari buku kamu.

2. Proposal

Kamu juga harus menuliskan proposal yang berisi alasan, kenapa pihak Gramedia harus menerbitkan buku kamu. Buat alasan yang kuat dan bisa diterima oleh pihak Gramedia. Jangan lebih dari 2 halaman.

3. Data Diri

Tulis juga data diri kamu. Ceritakan latar belakang kamu, kompetensi yang kamu miliki hingga kegiatan organisasi yang kamu ikuti.

Pihak penerbit Gramedia akan review naskah buku yang kamu kirim selama 2 bulan. Jika dalam waktu 2 bulan kamu tidak dapat kabar dari Gramedia, kamu boleh kirimkan naskah buku kamu ke penerbit lain.

Artinya, jika kamu tidak mendapatkan feedback dari pihak Gramedia, maka buku kamu ditolak. Pihak Gramedia tidak akan menyimpan file buku kamu. Jadi kamu kirim lagi saja ke penerbit lain.

4. Kirim Naskah Buku Melalui Website

Kamu juga dapat kirimkan naskah buku kamu ke Gramedia melalui website resmi percetakan Gramedia. Salah satunya melalui halaman DPS Gramedia yaitu dps.gramedia.com.

Kamu tinggal buka halaman situsnya, kemudian kamu baca syarat dan ketentuannya (kurang lebih seperti S&K di atas), klik ayo mulai menulis buku.

  • Kamu buat akun di situs dps.gramedia.com
  • Kemudian klik ayo menulis
  • Lengkapi data-datanya dengan baik termasuk judul dan naskah buku kamu bisa upload di sana

Pihak DPS Gramedia akan review naskah buku kamu. Jika sesuai dan bagus maka kamu akan dihubungi oleh pihak DPS Gramedia.

5. Kirim Print Out Naskah Buku ke Gramedia

Selain melalui email dan website, cara menerbitkan buku di Gramedia juga bisa kirim naskah buku ke alamat percetakan Gramedia secara langsung.

Akan tetapi, jika kamu kirim naskah buku kamu melalui kantor pos dalam bentuk print out, kamu harus mengirimnya sesuai dengan ketentuan berikut:

  1. Naskah harus dicetak pada kertas A4 atau menggunakan kertas portopolio
  2. Naskah juga harus dijilid dengan rapi
  3. Lampirkan sinopsis yang lengkap tidak lebih dari 2 halaman
  4. Cantumkan data diri penulis meliputi nama, alamat, nomor telepon dan email
  5. Cantumkan jenis naskah buku yang kamu kirim (Fiksi, non fiksi, remaja, dewasa, anak-anak dll) agar penerbit mudah melakukan seleksi naskah sesuai dengan kategori buku
  6. Naskah buku yang kamu kirimkan akan direview oleh tim Gramedia selama kurang lebih 3 bulan. Jika naskah buku kamu tidak lolos seleksi, maka akan di musnahkan dan tidak akan dapat dikembalikan

Proses review akan memakan waktu selama 3 bulan sejak kamu kirimkan naskah buku ke Gramedia. Jika selama itu kamu tidak menerima feedback, kirim saja naskah buku kamu ke penerbit lain.

Adapun alamat pengiriman naskah buku ke Gramedia, bisa kamu kirimkan ke alamat berikut:

Gedung Kompas Gramedia Blok 1 lantai 5
Jl. Palmerah Barat No.29-37
Jakarta 10270 – Indonesia

6. Proses Pencetakan Buku di Gramedia

Setelah buku kamu di kirim, maka pihak Gramedia akan proses buku kamu melalui beberapa tahapan. Kurang lebih proses pencetakan buku di Gramedia seperti berikut:

1. Menerima Naskah Buku

Pihak Gramedia akan terima naskah buku yang kamu kirim melalui email, website atau melalui kantor pos (print out).

2. Proses Review

Naskah buku yang kamu kirim akan direview selama 2 bulan (jika dikirim lewat email) hingga 3 bulan (jika dikirim melalui pos). Buku kamu akan dicek secara keseluruhan.

Pihak Gramedia akan berikan feed apakah buku kamu diterima atau tidak. Tapi jika selama 2-3 bulan tidak ada kabar, artinya buku kamu ditolak.

Jika kamu ragu pihak Gramedia tidak menerima naskah buku yang kamu kirim, silahkan saja coba kirim lagi ke alamat email, website ataupun alamar percetakan Gramedia.

3. Proses Cetak

Sebelum buku kamu masuk ke proses pencetakan, naskah buku akan di edit terlebih dahulu oleh editor Gramedia.

Dalam proses editing kamu mungkin akan dilibatkan untuk penyesuaian alur cerita. Proses pencetakan buku sesuai dengan judul buku yang dipesan.

4. Proses Packing

Setelah buku selesai dicetak, buku akan dipacking sesuai dengan standar Gramedia. Proses packing ini bisa kamu saksikan langsung di percetakan Gramedia yang kamu pilih.

Setelah proses packing selesai, buku akan dikirim ke alamat yang tertera di alamat saat pengiriman naskah. Buku akan didistribusikan ke berbagai toko Gramedia untuk dijual.

Kamu bisa konsultasikan sistem pembagian FEE dengan pihak Gramedia biasanya akan diberitahukan melalui telepon, email atau bertemu langsung dengan pihak Gramedia.

7. FAQ:

1. Menerbitkan buku apa harus bayar?

Tidak, kamu bisa terbitkan buku di Gramedia secara gratis. Sebaliknya, kamu akan dibayar oleh pihak Gramedia. Karena buku kamu akan dijual di toko-toko Gramedia di seluruh Indonesia.

2. Cara mengirim naskah ke penerbit Gramedia?

Kamu bisa kirim melalui email berikut:

  • Redaksi@gradinso.id (Penerbit Grasindo)
  • Fiksi@gramediapublishers.com (Penerbit GPU)
  • Nonfiksi@gramediapublishers.com (Penerbit GPU)

Atau kirim langsung ke alamat percetakan Gramedia:

Gedung Kompas Gramedia Blok 1 lantai 5
Jl. Palmerah Barat No.29-37
Jakarta 10270 – Indonesia

3. Penerbit yang Menerima Naskah pemula?

Beberapa penerbit yang saya rekomendasikan:

  1. Gramedia
  2. Mizan
  3. Bentang Pustaka
  4. Bukune
  5. Diva Press
  6. Elex Media Komputindo
  7. Republika
  8. Deepublish
  9. Coconut Books
  10. Kanisius

4. Apakah menerbitkan buku di Gramedia bayar?

Penerbit tidak dipungut biaya sepeser pun. Sebaliknya, penulis akan mendapatkan uang dari buku yang diterbitkan di Gramedia.

Untuk informasi jelasnya bisa hubungi kontak redaksi Gramedia pustaka atau hubungi melalui kontak 53650110 ext. 3511/3512.

Cara Menerbitkan Buku di Mizan

Cara Menerbitkan Buku di Mizan

Mizan merupakan salah satu penerbit buku yang cukup populer di Indonesia. Jutaan buku sudah pernah dicetaknya, bahkan banyak buku top seller dicetak di sini.

Mizan menjadi penerbit buku kedua paling populer di Indonesia setelah Gramedia. Selain merek apunya kualitas produksi yang bagus, Mizan juga memiliki beberapa toko penjualan buku top.

Namun sama halnya seperti Gramedia ataupun penerbit lainnya, ketika kamu akan terbitkan buku di Mizan juga harus memenuhi syarat dan ketentuan yang mereka berikan. Adapun langkah cara menerbitkan buku dan syaratnya adalah sebagai berikut:

1. Syarat Menerbitkan Buku di Mizan

Beberapa syarat yang harus diperhatikan ketika ingin menerbitkan buku di Mizan, yaitu:

  • Naskah buku dilengkapi dengan surat pengantar (cover letter)
  • CV atau riwayat singkat penulis
  • Cerita dalam buku harus unik dan menarik
  • Ditulis dengan rapi dan sistematis
  • Bukan merupakan kumpulan tulisan
  • Peluangnya bagus
  • Tidak menimbulkan sara dan hoaks
  • Tidak menimbulkan kontroversi dan pertentangan
  • Menyertakan sinopsis yang lengkap

2. Ketentuan Halaman Buku

Naskah buku yang dikirim harus sesuai dengan syarat dan ketentuan berikut:

  • Buku dewasa minimal 75-150 halaman
  • Buku novel remaja minimal 80-90 halaman
  • Buku KPK minimal 35-45 halaman

3. Format Penulisan Naskah Buku

Naskah buku yang akan dikirim harus dibuat dengan menggunakan format yang bagus, seperti:

  • Menggunakan font times new roman
  • Ukuran font 12 dengan spasi 1.5
  • Dikirim dalam bentuk teks
  • Ilustrasi dan cover dibuat pihak penerbit
  • Naskah dikirim dalam bentuk naskah yang diketik di komputer bukan mesin tik
  • Naskah dikirim hasil print out dan dijilid dengan rapi

4. Kualifikasi Penulis

Di penerbit Mizan, penulis harus memenuhi kualifikasi khusus, sebagai berikut:

  • Penulis buku dewasa minimal usia 20 tahun
  • Penulis buku remaja minimal 13-18 tahun
  • Penulis buku anak 4-12 tahun

5. Cara Menerbitkan Buku di Mizan

Cara menerbitkan buku di Mizan bisa kamu lakukan melalui langkah-langkah berikut:

  • Siapkan naskah buku yang sudah ditulis dengan rapi sesuai dengan ketentuan yang diberikan Mizan
  • Setelah itu, print naskah buku lalu jilid dengan rapi
  • Buat sinopsis buku yang lengkap dan menarik agar bisa diterima penerbit Mizan
  • Buat dan lampirkan CV kamu yang bagus dan menarik
  • Masukkan naskah buku, sinopsis dan juga CV kamu ke dalam amplop cokelat
  • Kirimkan naskah buku ke alamat penerbit Mizan di Jalan Cinambo Nomor 135, Cisaranten Wetan, Kota Bandung, POS 40294, Indonesia, atau
  • Kirim naskah buku kamu ke alamat email Mizan Info@izan.com
  • Naskah buku kamu akan direview oleh pihak Mizan
  • Pihak Mizan akan menghubungi jika buku yang kamu kirim diterima dan layak terbit
  • Masa review buku ini biasanya adalah 1-3 bulan, jika dalam waktu itu tidak ada kabar, kamu kirimkan lagi saja naskah buku kamu ke penerbit lain

Setiap naskah buku yang dikirim ke Mizan akan diseleksi sesuai dengan antrean dan kategori buku. Jika kamu ada pertanyaan untuk pihak Mizan, kamu bisa hubungi kontak mereka di 022-7834310.

Cara Menerbitkan Buku di Bentang Pustaka

Cara menerbitkan Buku di Bentang Pustaka

Salah satu penerbit buku yang cukup hits dan banyak menerbitkan karya-karya gemilang, yaitu Bentang Pustaka. Bentang Pustaka merupakan perusahaan percetakan asal Yogyakarta.

Adapun cara menerbitkan buku di Bentang Pustaka, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Jenis Buku yang Diterbitkan di Bentang Pustaka

Bentang Pustaka menerima pencetakan buku fiksi dan nonfiksi dari para penulis Indonesia.

  • Buku dewasa diterbitkan melalui Bentang Pustaka
  • Buku anak dan remaja diterbitkan melalui B-Kids dan Bentang Belia

2. Kriteria Naskah Buku yang Diterima

Beberapa kriteria naskah buku yang diterima Bentang Pustaka, di antaranya adalah:

  • Buku fiksi dan nonfiksi untuk anak-anak, remaja dan dewasa
  • Buku asli karya sendiri bukan jiplakan. Jika merupakan terjemahan, tuliskan sumber aslinya
  • Tidak pernah diterbitkan penerbit lain
  • Tema buku menarik dan up to date
  • Tidak mengandung unsur pornografi
  • Tidak menimbulkan konflik, sara dan perdebatan

3. Format Pengiriman Naskah ke Bentang Pustaka

Ketika akan mengirim naskah buku, pastikan format buku yang kamu buat seperti ini:

  • Naskah diketik dengan kertas ukuran A4 spasi ganda
  • Margin: top 4, Left 4, Right 3 dan bottom 3 ( dalam cm)
  • Jenis font times new roman, ukuran font 12
  • Panjang naskah: buku fiksi atau nonfiksi untuk pembaca dewasa minimal 200 halaman, buku nonfiksi untuk pembaca remaja minimal 80-180 halaman, buku fiksi untuk pembaca remaja 150-200 halaman, buku anak-anak maksimal 60 halaman
  • Judul email tuliskan dengan format ini: kirim naskah buku, diikuti dengan jenis naskah buku dan juga kategori pembaca. Contohnya: Kirim Naskah, Fiksi, Dewasa
  • Naskah dikirim melalui email email di masukkan dalam bentuk attaacment bukan di masukkan ke dalam body email. Format file naskah buku bisa dikirim dalam bentuk file MS Word ataupun PDF
  • Lampiran email berupa 1 file MS Word atau PDF harus di urutkan seperti ini: (1) Sinopsis dan keunggulan naskah buku, jika ada buku yang digunakan sebagai referensi sebutkan judulnya, tuliskan sinopsisnya serta keunggulannya. (2) Biodata penulis (nama, alamat, domisili, email, nomor telepon dan karya yang pernah dibuat). (3) Naskah buku yang dilengkapi dengan ilustrasi/foto yang sudah dimasukkan ke dalam teks

Note: Biasanya foto akan diminta dalam format terpisah jika buku diterima sebelum diterbitkan (proses editing).

4. Waktu Review dan Konfirmasi

Setelah pihak Bentang Pustaka menerima naskah buku, mereka akan melakukan review.

  • Waktu review kurang lebih 3 bulan sejak diterima naskah
  • Konfirmasi akan dilakukan melalui email ataupun melalui telepon
  • Redaksi Bentang Pustaka tidak akan memberikan review khusus/personal untuk pengembalian naskah

Jika dalam waktu ditentukan tidak ada konfirmasi, artinya naskah buku yang kamu kirimkan ditolak. Kamu bisa kirimkan kepada penerbit lainnya.

Kamu juga bisa telepon kepada pihak Bentang Pustaka untuk dapat konfirmasi dengan menyebutkan judul buku yang kamu kirimkan.

Note: Naskah buku yang ditolak, akan di hapus dari sistem komputer Bentang Pustaka. Jika file naskah buku dikirim dalam bentuk print out, tidak akan dikembalikan ke penulis. Biasanya akan dimusnahkan.

5. Alamat Pengiriman Naskah Buku bentang Pustaka

Jika naskah buku yang kamu buat sudah selesai, silahkan kamu kirimkan naskah buku kamu ke alamat berikut:

  • Kirim melalui email: redaksi@bentangpustaka.com
  • Kirim naskah buku ke alamat penerbit Bentang Pustaka: Jl. Palagan Tentara Pelajar, No.101, Jongkang RT 004 RW 035, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY, 55281
  • Kirim melalui halaman website Bentang Pustaka: Klik di sini

Silakan pilih metode cara menerbitkan buku di Bentang Pustaka yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Cara menerbitkan Buku baik di Gramedia, Mizan ataupun di Bentang Pustaka pada dasarnya prosesnya sama saja. Ada teknis penulisan naskah yang harus diperhatikan serta komponen naskah yang juga yang tidak boleh di lewatkan.

Hal paling penting yang harus diperhatikan ketika mengirim naskah buku adalah sinopsis dan juga CV penulis buku. Di bagian ini, kamu harus bisa meyakinkan penerbit kenapa mereka harus terbitkan buku kamu.

Tinggalkan komentar

jasa update blog

Full time Blogger, Content Writer dan pelajar jadi satu. Suka solo touring dan kopi hitam.

Resources

Beranda

Tentang

Kontak

Kontak

Hy@Mustakim.org

0896-0896-0097