5 Cara Mengatasi Chip ATM Tidak Terdeteksi & Penyebabnya

5 Cara Mengatasi Chip ATM Tidak Terdeteksi & Penyebabnya

Beberapa nasabah bank pasti pernah mengalami kegagalan transaksi melalui gerai ATM. Penyebabnya bisa saja chip pada kartu ATM, namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi chip atm tidak terdeteksi.

Seperti yang kita semua ketahui, bahwa chip pada kartu ATM merupakan bagian terpenting untuk melakukan suatu transaksi melalui ATM.

Penyebab Chip ATM Tidak Terdeteksi

Dengan adanya kartu ATM atau debit ini, tentunya memudahkan suatu transaksi setiap pengguna atau nasabah suatu bank pada saat melakukan transaksi di ATM. Kartu dengan magnetic stripe atau chip inilah yang berpengaruh pada kartu debit.

Gagalnya suatu transaksi karena rusaknya chip tersebut sudah menjadi hal yang biasa. Ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, lantas apa saja faktor penyebabnya chip tidak terdeteksi? Simak beberapa penyebabnya di bawah ini:

1. Chip Kartu ATM Usang atau Rusak

Faktor penyebab dari gagalnya melakukan transaksi di gerai ATM yang pertama adalah dikarenakan chip kartu ATM yang sudah usang ataupun rusak. Dengan begitu, kartu yang dimasukkan pada ATM tidak dapat terbaca oleh sistem ATM.

Ini biasanya kartu debit atau ATM sering tersimpan dengan keadaan yang asal-asalan. Maka chip atau magnetic stripe yang terdapat di kartu ATM atau debit akan menjadi rusak bisa saja dikarenakan tergores ataupun terlepas dari kartu.

2. Masa Berlaku Kartu ATM Habis

Seperti yang kita ketahui, bahwa pada setiap kartu ATM atau debit bank memiliki masa berlaku selama 4 tahun. Jika kamu melakukan transaksi melalui gerai ATM, lalu transaksi tidak dapat dilakukan maka bisa saja kartu ATM sudah kadaluarsa.

Sekedar saran, sebagai nasabah yang menggunakan kartu ATM sebaiknya kamu harus memperhatikan masa berlakunya kartu yang dimiliki. Informasi dari masa berlakunya terletak pada kartu ATM di bagian bawah dengan format 06/2024.

3. ATM yang Sedang Masa Maintenance

Selanjutnya dikarenakan ATM yang sedang dalam masa maintenance atau dalam masa pemeliharaan. Ini dilakukan oleh teknisi bank untuk mengecek serta juga memperbaiki atau mengganti beberapa bagian yang terdapat didalam mesinnya.

Tidak hanya hardware atau perangkat keras pada mesin yang diperbaiki, namun juga software atau perangkat lunak berupa sistem pada ATM yang wajib dicek dan diperbaiki. Biasanya maintenance ini manghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.

4. ATM yang Sedang Gangguan

Kemudian penyebab berikutnya yaitu ATM yang sedang terdapat gangguan. Biasanya ini terjadi apabila sistem kelistrikan pada gerai ATM sedang bermasalah. Namun ini bisa juga dikarenakan sistem yang digunakan pada ATM sedang error.

5. Kartu ATM telah Terblokir

Sedangkan penyebab yang terakhir yaitu dikarenakan kartu ATM milik nasabah telah diblokir oleh pihak bank yang bersangkutan. Setiap bank menggunakan sistem keamanan yang berlapis, contohnya adalah terblokirnya kartu ATM ini.

Yang mana sebenarnya ini adalah suatu bentuk sistem keamanan. Mengapa demikian? Jika kamu melakukan transaksi yang terbaca sistem sebagai bentuk kriminal. Maka kartu yang digunakan akan secara otomatis diblokir oleh Bank.

Cara Mengatasi Chip ATM Tidak Terdeteksi

Jika mengalami kasus seperti dengan beberapa faktor penyebab di atas. Maka kamu tidak perlu khawatir, karena terdapat juga beberapa cara mengatasi chip atm tidak terdeteksi yang tentunya bisa kamu lakukan dengan cara mudah.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, perhatikan beberapa penjelasan dan uraian dari solusi atau cara mengatasi jika chip ATM tidak dapat terdeteksi di bawah ini:

1. Menggunakan ATM Lain

Cara pertama kamu bisa lakukan dengan menggunakan ATM lain yang tersedia. Ini dilakukan karena bisa saja hanya 1 ATM saja yang sedang ganguan atau error. Sedangkan ATM lainnya bisa kamu gunakan dengan normal tanpa ada gangguan.

2. Membersihkan Kartu ATM

Kemudian membersihkan kartu ATM atau debit yang biasa digunakan. Seperti yang kamu ketahui, bahwa kartu ATM cukup rentan dengan kotoran seperti debu, tanah, dan lainnya. Karena itu bisa membuat kotor kartu ATM yang digunakan.

Kartu bisa kamu membersihkan dengan menggunakan spons, tisu, kain halus dan sedikit air lalu diusapkan dengan perlahan lembut. Ini dilakukan agar chip atau magnetic stripe bisa terjaga aman dan tentunya tidak tergores dengan kasar.

3. Mengganti Kartu ATM

Namun jika kartu ATM sudah rusak, contohnya seperti patah lalu chip-nya tergores. Maka kamu bisa mengganti kartu debit atau ATM tersebut ke Bank. Jangan lupa untuk membawa dokumen KTP, buku tabungan sebagai syaratnya.

4. Memastikan Masa Maintenance Selesai

Selanjutnya yaitu dengan memastikan masa maintenance atau pemeliharaan telah selesai. Seperti yang disebutkan pada poin penyebab di atas tadi, bahwa terdapat masa maintenance yang biasanya menghabiskan kurang lebih 1 jam.

5. Menghubungi Call Center Bank

Cara mengatasi chip atm tidak terdeteksi yang terakhir yaitu dengan menghubungi Call Center Bank. Dengan begitu, kamu bisa menanyakan perihal masalah yang kamu alami yaitu tidak dapat mengakses ATM menggunakan kartu.

Dengan begitu, pihak CS akan memberikan solusi lain untuk membantu masalah atau keluhan setiap nasabahnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Chip ATM Tidak Terdeteksi

Bagaimana cara membersihkan chip ATM

Bersihkan dengan menggunakan kain, kapas, tisu, spons yang lembut. Kemudian beri sedikit air pada media pembersih dan usapkan secara perlahan

Chip ATM terletak dimana?

Chip pada kartu ATM terletak di bagian depan kartu ATM atau Debit. Tepatnya terletak di sebelah kiri dan di atas nomor kartu ATM yang sebanyak 16 digit

Apakah chip ATM rusak jika terkena air?

Tidak akan, meskipun termasuk kartu elektrik namun kartu ATM tidak akan rusak jika kena air

Apakah Harus Ganti Jika Chip ATM Tidak Terdeteksi?

Tentu kamu harus menggantinya dengan kartu yang baru. Jika tidak diganti, maka kartu tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi di ATM

Pecinta puncak gunung dan penulis lepas di beberapa blog Indonesia. Terimakasih sudah sudi membaca tulisan sederhana saya di blog ini.

Info Menarik Lain untuk Kamu: