15 Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kenceng Seperti Baru

Bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Pasti jengkel banget kan kalo laptop kamu sampai lemot. Apalagi kalo kamu sedang dikejar deadline, baik tugas kampus atau kerjaan.

1 Fashion murah

Laptop saat adalah sebuah perangkat yang sangat di butuhkan saat ini. Baik untuk kebutuhan kerja ataupun sekolah hingga kuliah.

fashion muslim murah

Masalahnya, jika lemot tentu akan sangat mengganggu. Nah, biar kerjaan kamu lancar, laptop kamu gak lemot, coba deh gunakan beberapa cara yang saya share berikut:

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Kenceng

Masalah yang sering terjadi pada laptop kita yaitu menjadi lemot dan jika itu terjadi sangat menghambat sekali pada pekerjaan kita dan menjadi tidak fokus saat bekerja.

Namun kita tahu jika ada masalah pasti ada solusi nya.

Berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa kita coba dalam mengatasi masalah tersebut;

1 Fashion murah

1. Hapus Aplikasi yang tidak diperlukan

cara yang pertama yang bisa kita lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang di gunakan di laptop kita agar kapasitas Ram dalam laptop semakin besar kembali.

2. Biasakan untuk rutin dalam membersihkan Cache

Jika kamu telah menggunakan laptop jangan lupa untuk rajin rajin memeriksa cache jangan sampai banyak sampah aplikasi atau dokumen yang menumpuk karena akan mempengaruhi kinerja nya.

3. Pasang Anti Virus yang ringan

Langkah selanjutnya kamu pasang aplikasi anti Virus takut jika ada virus yang masuk ke perangkat kita dan bersarang di dalam perangkat aplikasi dan pastinya akan mempengaruhi kinerja perangkat kita.

dan jangan lupa untuk selektif dalam memilih perangkat virus yang teruji kualitasnya.

4. Install Aplikasi sesuai Kapasitas Laptop

Salah satu yang menyebabkan lemot yaitu karena salah memasang aplikasi di laptop kita karena tidak memperhatikan kapasitas leptop tersebut.

Selain lemot bahaya yang akan terjadi biasanya Blue Screen atau sampai pada keruksakan laptop kita.

1 Fashion murah

5. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Saat kita memakai Laptop tak jarang jika kita suka membuka beberapa jendela atau program di dalamnya secara bersamaan seperti sambil main game di bersamaan dengan memutar musik dan sebagainya.

Jika keseringan seperti itu biasanya bisa menyebabkan lemot karena kapasitas leptop dengan kapasitas pemakaian yang tidak di atur memperberat kinerja laptop itu sendiri.

6. Jangan Terlalu Banyak Aplikasi atau Program

Jika Spesifikasi laptop kita besar tidak masalah jika kita memasang aplikasi atau program yang banyak tapi jika sebaliknya kamu harus pintar pintar mengatur penggunaan program atau aplikasi.

7. Matikan Aplikasi dan Program yang berjalan saat StartUp

Biasanya aplikasi anti virus yang biasa berjalan saat menyalakan program hal ini bisa menyebabkan perangkat laptop kita semakin pelan dalam bekerjanya.

Makan sebaiknya jika kita tidak membutuhkannya lebih baik aplikasi tersebut di non aktifkan agar tidak terjadi lemot pada laptop kita

8. Tambah Kapasitas Ram

Selain itu juga kamu bisa tambahkan ram di hardware laptop kamu agar bertambah kapasitas dan berpengaruh pada kinerja yang lebih cepat laptop nya.

1 Fashion murah

9. Reset Ulang Windows

Semakin tua usia laptop semakin berpengaruh pula pada software laptop kamu dan akan berpengaruh pada kinerja laptop nya.

Untuk itu usahakan reset laptop kamu ke perangkat yang lebih ringan agar sesuai dengan kapasitas laptop itu sendiri dan tidak terjadi lemot.

10. Pakai Thermal Paste pada Prosesor

Thermal Paste pada Prosesor merupakan sebuah pasta sebagai pendingin saat kamu menggunakannya jika laptop dalam keadaan selalu dingin atau stabil maka kinerja nya akan lebih cepat.

11. Pakai Cooling Pad atau Coling

Memang sangat perlu penggunaan Cooling Pad atau Coling untuk mendinginkan laptop yang kita gunakan selain menjaga suhu laptop juga menjaga kesetabilan laptop agar tidak cepat rusak.

12. Ganti Memori HDD dengan Memori SSD

Langkah selanjutnya kamu ganti memori penyimpanan HDD dengan SSD karena memang perangkat HDD cara kinerja nya relatif standar dan lambat dalam data. maka kamu coba ganti perangkat tersebut.

13. Gunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Ada banyak pemacu laptop agar kinerja nya menjadi cepat diantaranya aplikasi software bernama CCleaner, Razer Game Booster, IObit, Advanced SystemCare dan masih banyak lagi.

1 Fashion murah

Kamu bisa unduh aplikasi tersebut dan gunakan sebagai pemacu kinerja laptop.

14. Atasi Laptop Lemot dengan Disk Deframent Tools

Cara ini tidak banyak prang mengetahuinya bahkan tukang service sekalipun memang karena jarang nya orang menggunakan cara ini padahal cara ini cukup efektif.

Melalui tahapan analisis dan optimalisasi file akan tertata sedemikian rupa dan kamu akan mengetahui berapa banyak file junk dan file sampah yang membuat lemot PC kesayangan mu.

15. Bersihkan Drive C

Periksa Drive C lakukan pembersihan dengan menghilangkan aplikasi yang memberatkan atau aplikasi yang tidak dibutuhkan dengan cara demikian akan terhapus beberapa file dan kinerja bertambah cepat.

5 Penyebab Laptop Jadi Lemot

Berikut beberapa penyebab yang menjadi kendala laptop lemot.

1. Usia Laptop

Memang kalau laptop tua yang usianya 3 tahun ke bawah sementara program laptop semakin besar ukurannya maka sulit menyesuaikan antara penyimpanan dengan file.

1 Fashion murah

Hal ini mengakibatkan kinerja laptop menjadi lamban.

2. Jarang Membersihkan Bagian Hardware

Hal terpenting selanjutnya dan memang jarang di perhatikan yaitu jarang nya membersihkan hardware seperti dari kotoran dan debu.

Karena semakin menumpuk debu dalam perangkat semakin lemah pula cara kerjanya diakibatkan dari adanya daya yang bersentuhan melalui kotoran dan juga bisa menyebabkan kerusakan yang fatal.

3. Terlalu Penuh Penyimpanan di Hard Disk

Upayakan dalam penyimpanan selalu mengontrol kapasitas memori laptop jangan terlalu penuh dalam penyimpanan semakin banyak aplikasi di simpan semakin berat pula beban yang di terima.

4. Kapasitas RAM Tidak Cukup

Terlalu banyak membuka jendela saat kita menggunakan laptop juga bisa mempengaruhi cara kerja laptop dan akan menyebabkan lemot bahkan mungkin sebagian aplikasi tidak dapat di buka.

5. Menjalankan Program Yang Berat

Selain itu juga kamu usahakan jangan terlalu sering menjalankan program program yang berat kecuali kalau speak laptop yang kamu miliki besar hal ini tidak akan berpengaruh

1 Fashion murah

Rekomendasi Laptop Paling Kenceng

Banyak sekali laptop yang bagus untuk kita gunakan dengan spek yang juga mendukung untuk kita gunakan diantaranya;

1. Acer Spire Vero

Speak yang tinggi harga cukup mendukung dengan tenaga Prosesor intel Core i5-1155G7 generasi ke-12 dengan harga 10jtan dengan kapasitas RAM 8 GB Penyimpanan 512 GB SSD Layar 15.6 Inch

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kenceng Seperti Baru
Acer Spire Vero

2. Acer Swift 3 SF313-51

Dengan resolusi layar 2K sehingga lebih tajam dengan baterai mampu bekerja sampai dengan 17 jam

Dengan spek Prosesor intel Core i7-1065G7 atau core i5-1035G4 dengan pilihan RAM 8 GB atau 16 GB juga fingerprint

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kenceng Seperti Baru
Acer Swift 3 SF313-51

3. Nitro 5 AN55-44

Laptop yang cocok untuk pecinta game dengan opsi prosesor AMD Ryzen 7 4800H dengan ketersediaan 2 slot untuk M.2PCle yang bisa dimainkan hingga ram 32 GB DDR4

Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kenceng Seperti Baru
Nitro 5 AN55-44

4. ASUS ChromeBook Filp C436

Dengan Prosesor Core i5 generasi ke 10 intel dengan garis intel UHD dengan RAM 16 GB serta memori intel 512 GB berjenis SSD dan kapasitas baterai 12 jam.

1 Fashion murah
Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kenceng Seperti Baru
ASUS ChromeBook Filp C436

Tinggal kamu pilih saja Spek yang kamu butuhkan dan kamu harus menyiapkan cuan yang memang cukup lumayan.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu