15 Cara Mengatasi Permasalahan Kependudukan di Indonesia

Apa kamu tahu? Bahwa Indonesia ini menempati urutan ke 4 terbesar di dunia yang memiliki tingkat permasalahan kependudukan tinggi.

1 Fashion murah

Namun apakah ada cara mengatasi permasalahan kependudukan di indonesia? Tentu ada banyak cara mengatasi yang bisa kamu ketahui.

fashion muslim murah

Karena pada artikel kali ini saya akan membahas seputar cara dalam mengatasi masalah kependudukan yang terjadi di Indonesia saat ini.

Lantas cara-cara apa sajakah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kependudukan di Indonesia saat ini? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Macam-Macam Permasalahan Kependudukan di Indonesia

Seperti yang diketahui, bahwa berdasarkan data yang terdapat pada data Worldometers 2021. Indonesia ini memiliki jumlah penduduk yang banyak dan memasuki posisi ke 4 negara dengan penduduk terbanyak.

Dikutip dari buku teori kependudukan milik Agustina Bidarti. Masalah kependudukan ini bisa tergolong sebagai salah satu masalah sosial.

1 Fashion murah

Karena masalah ini terjadi di lingkungan sosial atau tepatnya terjadi di masyarakat. Ini dipicu dari kurangnya peningkatan kualitas SDM-nya.

Berdasarkan modul pembelajaran Geografi karya Cipta Suhud Wiguna. S.Pd, M.Pd., Bahwa masalah ini dapat digolongkan menjadi 2 jenis. Yaitu kualitatif dan kuantitatif seperti yang terdapat pada poin di bawah ini:

1. Besarnya Jumlah Penduduk (Masalah Bersifat Kuantitatif)

Tingkat jumlah penduduk pada suatu negara merupakan faktor yang terpenting dalam proses melaksanakan pembangunan yang merata.

Dengan memiliki 273 Juta penduduk, tentu Indonesia mengalami banyak permasalahan. Contoh pemerintah sulit untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan hidup setiap rakyat atau penduduknya.

2. Persebaran Penduduk Tidak Merata (Masalah Bersifat Kuantitatif)

Selanjutnya yaitu pertumbuhan penduduk yang tidak merata. Seperti saat ini bahwa pulau Jawa sudah terlalu padat akan penduduk. Karena sudah banyak lahan yang menjadi pemukiman dan industri.

Sedangkan luas lahan pertanian untuk menopang kehidupan setiap rakyatnya semakin sempit dan juga sulit untuk ditemui.

1 Fashion murah

3. Pertumbuhan Penduduk yang Cepat (Masalah Bersifat Kuantitatif)

Sedangkan masalah yang bersifat kuantitatif yang terakhir dari kependudukan adalah pertumbuhan penduduk yang terlalu cepat.

Biasanya terjadi karena tidak diimbangi dengan daya dukung lingkungan yang seimbang. Dengan begitu banyak masalah yang bisa muncul tiba-tiba.

4. Tingkat Pendidikan Masyarakat (Masalah Bersifat Kualitatif)

Kemudian permasalahan kependudukan yang bersifat kualitatif pertama adalah mengacu pada tingkat pendidikan di Indonesia.

Karena jika tingkat pendidikan Indonesia rendah, maka menimbulkan masalah bagi penduduk. Contohnya pendapatan perkapita menurun, rendahnya kesadaran masyarakat akan pendidikan.

5. Tingkat Kesehatan Masyarakat (Masalah Bersifat Kualitatif)

Tingkat kesehatan pada masyarakat di Indonesia memanglah belum merata dan termasuk rendah. Ini ada sangkut pautnya dengan jumlah pendapatan penduduk dari suatu daerah tersebut.

Mengapa demikian? Karena jika semakin tinggi pendapatan yang bisa didapatkan penduduk. Maka kemampuan untuk membeli layanan kesehatan pun semakin tinggi juga.

1 Fashion murah

Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Kependudukan di Indonesia?

Setelah mengetahui beberapa masalah kependudukan di Indonesia berdasarkan jenisnya dan juga beserta uraiannya di atas tadi.

Selanjutnya masuk ke inti pembahasan mengenai beberapa cara mengatasi permasalahan kependudukan di indonesia. Yang tentunya perlu diketahui dan juga dipahami oleh setiap masyarakat Indonesia.

1. Memberlakukan Program Keluarga Berencana (KB)

Cara mengatasi yang pertama adalah dengan mengikuti program KB. Yang dilakukan untuk menekan jumlah kelahiran di Indonesia.

2. Rutin Mengadakan Program Transmigrasi

Selanjutnya yaitu dengan mengikuti program transmigrasi. Karena dengan adanya program ini, maka akan terjadi keseimbangan baik itu dari sisi ekonomi maupun pendidikan masyarakat nantinya.

3. Membuka Lapangan Kerja Di Daerah Padat Penduduk

Selanjutnya yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan. Memang tidaklah mudah dalam membuka lapangan pekerjaan ini. Namun kamu bisa memanfaatkan skill yang dimikili.

Contohnya skill dalam mengolah limbah plastik dan mengubahnya menjadi barang berdaya jual tinggi.

1 Fashion murah

4. Melakukan Pemerataan Pembangunan

Kemudian pemerataan pembangunan mulai dari berbagai sarana. Yang harus ditempatkan secara bijak atau sesuai dengan kebutuhan.

5. Masyarakat Wajib Mengikuti Pendidikan 9 Tahun

Seperti yang kita ketahui, bahwa program pendidikan 9 Tahun ini memang wajib untuk dijalani. Karena ini bisa menjadi bekal untuk mendapatkan kemampuan dalam bekerja suatu saat nanti.

6. Menambah Tenaga Kerja yang Kompeten pada Bidangnya

Hal ini bisa dilakukan sebagai bentuk mengurangi masalah kependudukan di Indonesia. Karena akan memberikan waktu regenerasi tenaga kerja yang baru sebagai penerus.

7. Meningkatkan Pengelolaan Sumber Daya Alam

Kemampuan dan tingkat pengelolaan terhadap pengawasan dan juga pengendalian sumber daya alam harus dilakukan secara bijak.

8. Meningkatkan Pengolahan Sumber Daya Alam

Kemudian tingkat pengolahan yang mengacu pada pemanfaatan hasil usaha pun perlu diperhatikan seksama.

9. Kelengkapan Fasilitas Pendidikan

Pemerintah wajib melengkapi fasilitas pendidikan di setiap tempat pendidikan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam menjalani masa pendidikan.

1 Fashion murah

10. Pengoptimalan Peran BUMN dalam Perekonomian

BUMN memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi di Indonesia. Caranya dengan mengedepankan prinsip pengawasan dan pengelolaan BUMN.

11. Meningkatkan Kemampuan Teknologi

Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang harus ditingkatkan. Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyatrakat Indonesia yang masih gagap teknologi.

12. Memanfaatkan Sumber Daya Alam Sebaik Mungkin

Banyaknya sumber daya alam di Indonesia ini harus dibarengi dengan pengelolaan dan pengolahan yang bijak atau tidak berlebihan.

13. Pemberian Program Beasiswa dengan Target Sesuai

Pemeberian program Beasiswa pada target yang pas atau sesuai pun menjadi salah satu cara mengatasi permasalahan kependudukan. Karena adanya Beasiswa pun bisa meringankan keuangan pelajar.

14. Meningkatkan Sarana Kesehatan Di Daerah Kecil

Membangun sarana dan pra sarana kesehatan di daerah yang jauh dari kota masih harus ditingkatkan lagi. Dengan begitu pemerataan dan peningkatan kesehatan bisa sesuai dan merata.

15. Menggunakan Kurikulum Pendidikan yang Sesuai

Yang terakhir yaitu menyesuaikan kurikulum pendidikan yang digunakan. Seperti yang kita ketahui program belajar mengajar setiap tahunnya harus selalu ada pembaruan atau regenerasi.

1 Fashion murah

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mengatasi permasalahan kependudukan di indonesia yang dapat kita ketahui. Dan juga mempraktekkannya agar negara Indonesia dapat terhindar dari meledaknya jumlah penduduk.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu