Cara Mengunci Wifi di HP Agar Tidak Dibobol Orang [Mudah]

Cara mengunci wifi di hp agar tidak kebobolan bisa dilakukan di semua jenis Hp. Cek cara mudahnya di artikel ini selengkapnya.

1 Fashion murah

Protokol keamanan jaringan Wifi memang bisa diperkuat dengan adanya password atau juga kata sandi agar tidak mudah digunakan oleh orang yang sembarangan.

fashion muslim murah

Namun, nyatanya password yang rumit dan kata sandi yang sulit masih bisa dibobol oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Jika keamanan wifi telah di terobos maka akan merugikan pemilik wifi tersebut.

Pentingnya Mengunci Wifi atau Hotspot di HP

Pentingnya mengunci wifi atau hotspot di hp itu merupakan hal yang utama. Dimana kuota internet zaman sekarang merupakan hampir sebanding dengan prioritas primer dalam kehidupan.

Karena kita sangat membutuhkan internet untuk segala aktivitas keseharian baik bekerja atau belajar. Namun, apabila kita telah kebobolan wifi dan hotspot tentunya itu akan sangat merugikan.

Kita rugi karena kuota internet kita berkurang banyak, bahkan mungkin tagihan biaya wifi yang membengkak karena adanya pembobolan tersebut.

1 Fashion murah

Tidak sampai situ, wifi diterobos keamanan privasi gadget yang dimiliki juga rentan kena hack atau peretasan.

Karena hacking bisa dilakukan melalui jaringan wifi. Data-data pribadi seperti pesan, nomor hp, akun medsos, apalagi jika pemilik gadget memiliki mobile banking tentu akan mudah diretas.

Sehingga mengunci wifi atau hotspot itu merupakan hal penting yang harus kamu lakukan agar data wifi kamu tidak mudah dibobol pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengunci Wifi di HP Agar Aman dari Pembobol

Adapun cara mengunci wifi di Hp agar aman dari pembobolan, berikut caranyaa:

1. Menggunakan Password Terbaru

Semakin berkembangnya dunia teknologi semakin canggih pula juga kepiawaian manusia dalam melakukan berbagai cara agar menguntungkan diri mereka sendiri.

Namun, sayangnya cara tersebut malah justru merugikan orang lain. Membobol wifi yang memiliki pengamanan rendah itu merupakan tindakan yang tidak terpuji. Sehingga kita perlu mengubah enskripsi wifi kamu enkripsi WPA2.

1 Fashion murah

Jika kamu masih menggunakan WEP maka password wifi masih besar kemungkinan untuk dibobol dengan mudah. Dan menggunakan password terbaru sangat di sarankan.

Kamu juga bisa ganti password secara berkala agar tidak mudah terbobol. Namun, jangan lupa untuk mencatatnya. Jangan sampai kamu sendiri yang tidak bisa masuk karena lupa password.

2. Matikan Fitur WPS

Cara mengunci wifi di hp yang kedua kamu bias mematikan fitur WPS yang ada agar lebih aman. Cara pembobolan wifi memang memiliki banyak cara sehingga kita juga perlu banyak cara untuk mengamankannya.

Mematikan fitur WPS merupakan alternatif yang biasa digunakan untuk menonaktipkan koneksi pengguna pada jaringan wifi tanpa menggunakan password.

Sehingga sekuat dan seunik apapun kata sandi wifi kamu sehingga masih bisa dibobol orang lain. terutama jika fitur ini masih aktif. Karena fitur ini memudahkan orang lain akses tanpa izin.

3. Memasang Router Microtic

Microtic adalah merupakan sebuah alternatif yang bisa kamu gunakan untuk keamanan password wifi yang lebih baik. Dan terjamin dari penyadapan wifi.

1 Fashion murah

Router Microtic ini memiliki fitur bernama Hotspot Login Page. Fitur tersebut membantu kita untuk bekerja tiap kali ada user yang akan terhubung pada jaringan wifi.

Mereka harus melalui halaman login jika ingin mengakses wifi. Sehingga cara ini sangat efektif untuk mengunci wifi di Hp agar tidak dibobol orang.

4. Ganti SSID Jaringan Wifi

Selanjutnya untuk mengunci wifi di hp bisa mengganti SSID jaringan wifi. SSID atau Service Set Identifier merupakan nama jaringan yang kamu miliki. Jika namanya sering diubah maka orang akan kesulitan dalam mencari jaringan wifi kamu.

Sehingga mengganti SSID Jaringan wifi sesering mungkin itu merupakan alternatif terbaik untuk mengamankan wifi. Dan caranya juga tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Mengaktifkan Fitur Mac Address

Terakhir cara mengunci wifi di Hp dengan cara mengaktifkan fitur mac address yang merupakan fitur berfungsi sebagai filter jaringan wifi router kamu. Sehingga wifi bisa myaring pengguna yang terkoneksi.

Penyebab Wifi di HP Mudah Dibobol Orang

Setelah mengetahui cara mengunci wifi di Hp agar tidak dibobol orang kamu juga perlu tahu penyebab wifi bisa dibobol itu apa? Dan berikut penyebabnya diantaranya adalah:

1 Fashion murah

1. Kurangnya Pemahaman

Penyebab utama kurangnya pengetahuan dari pengguna wifi. Baik tidak tahu cara penggunaannya dan cara mengamankannya. Sehingga orang tidak bertanggung jawab menyalah gunakan kesempatan untuk membobol.

2. Kata Sandi Yang Mudah

Pertama penyebab wifi mudah dibobol adalah penggunaan kata sandi yang terlalu mudah sehingga orang lain dapat dengan mudah masuk dan menggunakan wifi anda secara gratis.

3. Masih Aktifnya WPS

Penyebab selanjutnya yaitu masih mengaktifkan WPS sehingga orang lain bisa dengan mudah meretas dan melihat PIN WPS kamu.

4. Jarang Mengubah SSID

Jika orang yang pernah membobol kamu itu kamu dan kamu jarang mengubah SSID tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan hal yang sama kembali.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu