Cara Menonaktifkan Samsung Pay & Hapus dari Home Screen

Cara menonaktifkan Samsung Pay dari menu home screen, lock screen, dan sistem gulir cepat cukup mudah. Kamu dapat membuka menu setting untuk menonaktifkannya atau menghapus widget dengan menekan tanda silang.

Apabila menu aplikasi Samsung Pay memang benar-benar dianggap cukup mengganggu maka kamu dapat menguninstallnya atau menghentikan kinerja sistemnya secara paksa.

Apa Itu Samsung Pay?

Samsung Pay adalah dompet digital yang membantu proses pembayaran transaksi secara online dengan mudah.

Kini, fitur Samsung Pay juga dapat digunakan dimana saja di berbagai toko yang sudah terintegrasi dengan e-wallet Samsung tersebut.

Tentu saja, aplikasi Samsung Pay ini akan langsung terinstall secara otomatis saat kamu membeli ponsel baru. Jadi, tujuannya memang memudahkan pengguna Samsung mudah untuk melakukan pembayaran.

Cara Menghilangkan Widget Samsung Pay Dengan Mudah

Berikut ini cara menghilangkan widget Samsung Pay yang dianggap cukup mengganggu di halaman home screen, lock screen, dan lainnya.

1. Menghilangkan Samsung Pay dari Home Screen

Jika kamu menggunakan Samsung Pay untuk melakukan pembayaran maka adanya tampilan Samsung Pay di Home Screen akan cukup memudahkanmu bertransaksi.

Kamu dapat membuka aplikasi tersebut dengan cepat melalui home screen, layar kunci, atau saat layar mati dengan menggesek dari bawah.

Apabila kamu tidak sering menggunakannya maka tampilan Samsung Pay dapat mengganggu, terutama dari layar beranda dan layar kunci.

Memang untuk setiap ponsel Samsung, umumnya mempunyai aplikasi S-Pay bawaan. Biasanya, aplikasi tersebut juga otomatis ada di halaman menu utama atau home screen.

Untuk menonaktifkan Samsung Pay di Home Screen, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu Samsung Pay.
  • Pilih tab Menu di sudut kanan bawah layar.
  • Ketuk Pengaturan (ikon roda gigi di sudut kanan atas).
  • Pilih Akses cepat .
  • Pilih Akses lokasi dan kartu default .
  • Nonaktifkan-Samsung-Pay’s-quick-launch-gestures-3
  • Nonaktifkan-Samsung-Pay’s-quick-launch-gestures-4
  • Disable pada opsi menu Layar kunci, Layar beranda, dan Layar mati. Kamu dapat membiarkan salah satu opsinya aktif atau nonaktifkan ketiganya.

2. Menonaktifkan Samsung Pay di Android

Tidak hanya dapat muncul di halaman utama atau home screen, aplikasi Samsung Pay juga terkadang otomatis muncul saat kita mengusap layar ke atas atau di halaman lock screen.

Jika kamu merasa menggunakan aplikasi Samsung Pay itu penting.

Kamu dapat menonaktifkan gerakan peluncuran cepat S-Pay di ponsel yang cukup mengganggu dari layar beranda atau layar kunci maka ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Samsung Pay dan ketuk tombol menu di sudut kiri atas.
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas.
  • Buka opsi menu Quick access and default card kemudian nonaktifkan pintasan Layar kunci, Layar Beranda, dan Layar mati.

3. Hapus Aplikasi Samsung Pay dari Handphone

Melalui cara sebelumnya, kamu masih dapat menggunakan Samsung Pay kapan pun kamu mau dengan membuka aplikasi atau dengan mengetuk ponsel ke menu pembayaran.

Tetapi, saat kamu ingin sepenuhnya menghapus layanan pembayaran Samsung Pay dari ponselmu maka kamu harus mencopot pemasangan aplikasi.

Kamu dapat melakukannya dengan beberapa langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka laci aplikasi di ponsel Samsung Galaxy kemudian temukan aplikasi Samsung Pay.
  • Lanjutkan dengan menekan aplikasi Samsung Pay cukup lama.
  • Klik tanda silang.
  • Pilih Copot pemasangan dari menu tindakan yang muncul.
  • Konfirmasikan pilihan untuk menguninstallnya dengan mengklik OK.

Atau, kamu dapat menguninstall dan menonaktifkan Samsung Pay dengan cara menavigasi ke Pengaturan lalu klik opsi Aplikasi, temukan aplikasi Samsung Pay, lalu hapus instalannya.

Jika kamu perlu menggunakan aplikasi Samsung Pay lagi di kemudian hari, kamu dapat mengunduhnya dari Google Play Store.

Cara Menonaktifkan Samsung Pay di Iphone

Kamu juga dapat menonaktifkan Samsung Pay dari menu Manajer aplikasi. Cara tersebut hanya akan berfungsi apabila kamu memiliki akses root atau sedang tidak memiliki pembaruan OS terbaru.

Perlu diingat bahwa menonaktifkan Samsung Pay akan menghapus semua fungsinya dan menghentikannya penggunaannya sistem, tetapi akan tetap ada di sistem android kamu.

  • Buka Pengaturan lalu pilihAplikasi (Aplikasi) dan klik Manajer Aplikasi.
  • Gulir ke bawah melalui daftar dan ketuk Samsung Pay.
  • Ketuk Nonaktifkan dan konfirmasi.

Untuk menonaktifkan Samsung Pay kamu juga dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan, klik menu Aplikasi, pilih Manajer Aplikasi, ketuk Samsung Pay dan Hentikan Paksa.

Setelah menghentikan aplikasi Samsung Pay, gulir ke bawah menunya lalu klik Izin.

Silahkan, cabut izin aplikasi Samsung Pay dan aplikasi Pay Stub. Kemudian jangan lupa untuk membuka Google Play Store dan geser dari kiri ke kanan. Ketuk Aplikasi & game saya.

Silahkan, kamu gulir ke bawah dan ketuk Samsung Pay. Setelah itu, hapus centang pembaruan otomatis dengan mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas.

Dengan demikian maka dapat dipastikan bahwa ponselmu tidak akan menjalankan Samsung Pay secara lagi.

Artikel Menarik Lainnya: