Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat Untuk Pos yang Benar

Cara menulis alamat di amplop coklat untuk pos memang tidak terikat pada aturan yang baku. Namun, bukan berarti kamu menyepelekan penulisan alamat dengan asal-asalan dan sembarangan.

1 Fashion murah

Hal ini dikarenakan cara penulisan alamat di amplop itu dapat menjelaskan seberapa penting isi dari surat yang akan dikirimkan.

fashion muslim murah

Maka dari itu kamu perlu menuliskan alamat secara rinci dan juga mudah untuk dibaca oleh kurir maupun penerima amplop nantinya.

Karena tentunya kamu selaku pengirim menginginkan amplop itu sampai ke tujuan dengan lancar bukan?

Nah, penulisan alamat yang benar dan formatnya yang tepat akan memudahkan kurir untuk mengirim dan tentunya alamatnya tidak akan salah tujuan.

Format Penulisan Alamat di Amplop Coklat Untuk Pos

Berikut ini merupakan penulisan alamat di amplop coklat untuk pos yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang membedakan dari format tulisannya di sesuaikan dengan maksud dan tujuan amplop tersebut:

1 Fashion murah

1. Format penulisan alamat di amplop coklat untuk pos bila isinya surat lamaran pekerjaan, formatnya adalah:

  • Tuliskan posisi yang di lamar di bagian pojok kanan atas amplop
  • Tulislah nama dan alamat pengirim di bagian kiri atas
  • Dan tulislah nama dan alamat tujuan di bagian kanan bawah

2. Format penulisan alamat di amplop coklat untuk pos bila isinya surat resmi, formatnya adalah:

  • Tulislah kop surat di bagian atas amplop
  • Lalu tulislah nomor surat di bagian atas kiri amplop setelah kop
  • Lalu tulislah nama dan alamat tujuan di bagian kanan bawah

3. Format penulisan alamat di amplop coklat untuk pos bila isinya surat pribadi, formatnya adalah:

  • Tulis nama dan alamat pengirim di bagian kiri atas amplop
  • Dan tulislah nama dan alamat tujuan di bagian kanan bawah amplop

Cara Menulis Alamat di Amplop Coklat Untuk Pos

Setelah mengetahui formatnya kamu juga harus tahu bagaimana cara menulis alamat di amplop coklat dengan baik dan benar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Surat Telah Selesai

Bagian pertama yang perlu kamu perhatikan dalam menulis alamat di amplop untuk pos kamu harus memastikan bahwa surat yang kamu tulis telah selesai sehingga kamu sudah mulai bisa memasukkan surat tersebut ke dalam amplop.

2. Amplop Coklat

Selanjutnya cara menulis alamat di amplop pastikan untuk memilih warna amplop yang coklat dan memiliki tali lilitan benang di bagian belakangnya.

3. Sesuai Format Penulisan

Sesuai format penulisannya kamu bisa sesuaikan apakah surat yang kamu tulis berupa surat lamaran kerja, surat resmi atau surat pribadi.

Jika yang kamu tulis adalah surat lamaran kerja kamu mulai menuliskan kode lamaran di bagian kanan atas, alamat pengirim di bagian kiri atas dan alamat tujuan di bagian kanan bawah.

Jika surat yang kamu kirimkan merupakan sebuah surat resmi maka penulisannya gunakan kop surat di bagian tengah atas, lalu nomor surat di bagian kiri setelah KOP dan nama serta alamat tujuan di bagian kanan bawah.

1 Fashion murah

Lalu jika surat yang kamu buat adalah surat pribadi maka penulisannya kamu bisa menggunakan nama dan alamat pengirim di bagian kiri atas dan nama alamat penerima di bagian kanan bawah.

4. Penulisan Sesuai EYD

Perhatikan penggunaan EYD dengan baik seperti huruf kapital, penulisan gelar, nama jalan, dan lain-lain.

5. Tulis Tangan atau Di Tik

Kamu bisa menulis alamat tersebut dengan di ketik atau pun dengan tulisan tangan kamu sendiri. Asalkan rapi dan dapat terbaca oleh kurir maupun penerima surat nantinya.

Aturan Dasar Penulisan Alamat dalam Amplop Coklat Untuk Pos

Berikut ini merupakan aturan dasar penulisan alamat dalam amplop coklat untuk pos, diantaranya adalah:

  • Tulislah alamat di posisi yang tepat. Alamat pengiriman di sebelah kiri atas amplop dan alamat tujuan di bagian kanan bawah.
  • Pakai amplop berwarna coklat yang memiliki tali penutup.
  • Hindari kesalahan dalam penulisan dan perhatikan alamat dan penggunaan PUEBI.
  • Pastikan amplop dalam keadaan baru atau bersih

Hal-Hal yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam Amplop Cokelat

Berikut beberapa hal yang tidak perlu dicantumkan dalam amplop coklat, diantaranya adalah:

  • Pencantuman Yang Terhormat

Dalam pencantumah kata Yang Terhormat cukup bisa dengan singkatan contoh Yth. Rektor Institut Pertanian Bogor karena apa karena akan terlalu panjang dan akan kurang bagus kelihatannya. Sehingga menggunakan singkatan akan lebih terlihat simple dan gampang dibaca.

1 Fashion murah
  • Pencantuman kata penyapa

Selanjutnya pencantuman dalam kata penyapa seperti kata penyapa Bapak, ibu, atau saudara di depan nama jabatan dan gelar itu tidak di perlukan baik pada sampul maupun pada surat. Seperti Yth. Bapak/Ibu Rektor Institut Pertanian Bogor. Cukup saja dengan Yth. Rektor Institut Pertanian Bogor.

Karena terkesan kamu tidak mengetahui bahwa yang menjadi rektor itu ibu atau bapak sebaiknya kamu cari tahu dulu tujuan suratmu itu kepada siapa.

  • Pencantuman alamat yang disingkat

Selanjutnya kamu juga tidak perlu menyingkat dari alamat seperti Jl. Purbasari Bdg No.123 alangkah baiknya kamu menuliskan alamat sesuai tanpa singkatan meskipun alamatnya panjang.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu