Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar [Pemula]

By

Cara menulis artikel berita berbeda dengan cara penulisan artikel informatif lainnya. Artikel berita ditulis dengan teknik penulisan khusus serta gaya bahasa yang khas. Artikel berita harus bersifat fakta, hangat dan memiliki jumlah kata yang tidak terlalu panjang.

Artikel berita ditulis dengan gaya bahasa penulisan khusus yang ringkas, padat dan jelas. Informasi yang disampaikan harus dapat diterima dengan cepat dan tidak membuat pembaca pusing.

Buat kamu yang sedang mengerjakan tugas kuliah atau sedang belajar menulis artikel berita untuk jadi seorang jurnalis, baca dulu panduan ini agar kamu bisa bikin artikel berita yang baik dan benar.

Kumpulkan Data dan Bahan Artikel Berita

Untuk dapat membuat artikel berita, kamu akan butuh bahan dan data yang nantinya akan kamu tulis dan susun menjadi sebuah artikel berita. Adapun proses dan tahapan pengumpulan datanya, meliputi:

1. Cari dan Kumpulkan Bahan Berita

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Langkah awal kamu harus kumpulkan bahan berita terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui topik artikel yang akan ditulis. Dalam proses pencarian dan pengumpulan informasi tersebut, artikel berita menggunakan konsep 5W 1H, yaitu:

  • Who (siapa). Siapa yang jadi subjek berita, siapa yang jadi tersangka, siapa yang jadi korban, siapa pembunuhnya dan lain-lain (merujuk pada objek atau p-elaku dalam kasus berita
  • What (apa). Apa yang terjadi? Cari informasi tentang apa yang terjadi pada peristiwa tersebut
  • Where (di mana). Di mana kejadian tersebut berlangsung? Merujuk pada lokasi kejadian
  • Why (kenapa). Kenapa kejadian tersebut bisa terjadi? Cari alasan kenapa bisa terjadi peristiwa tersebut
  • When (kapan). Kapan peristiwa tersebut terjadi? Merujuk pada waktu kejadian (jam, hari tanggal, bulan dan tahun)
  • How (bagaimana). Bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi? Merujuk pada kronologis peristiwa atau kejadian tersebut

6 pertanyaan ini wajib digunakan dalam proses penyusunan dan pencarian data yang akan digunakan sebagai data artikel berita.

2. Kumpulkan Fakta-Fakta

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Langkah cara menulis artikel berita selanjutnya adalah penulisan fakta-fakta. Pengumpulan fakta-fakta ini untuk mengumpulkan data-data guna melengkapi kekurangan bahan penulisan artikel berita.

Fakta-fakta ini juga akan membantu mempermudah penulisan artikel berita jadi lebih jelas, ringkas dan padat.

  • Tuliskan satu persatu fakta-fakta yang ada di lapangan
  • Jika perlu di foto, maka fotolah fakta yang dibutuhkan
  • Kumpulkan selengkap mungkin fakta terkait dengan materi berita di lapangan

3. Buat Kerangka Artikel Berita

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Artikel berita ditulis dengan menggunakan format dan gaya bahasa tertentu. Tidak sama dengan artikel lainnya, karena artikel berita wajib ditulis dengan sudut pandang tertentu yang membuatnya lebih mudah dipahami pembaca.

  • Gunakan pola segitiga terbalik yang memungkinkan pembahasan dari umum ke khusus agar pembaca bisa mengetahui dengan baik isi berita. Format artikel seperti ini memungkinkan pembaca bisa menyimpulkan sendiri isi berita
  • Tentukan ide pokok bahasan paragraf pertama. Pastikan headlinenya bagus dan meningkatkan minat baca ke paragraf selanjutnya
  • Tentukan konten bagian tengah dan kesimpulan akhir

4. Pahami target Pembaca Artikel

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Agar artikel berita yang ditulis memiliki standar kualitas yang bagus, maka kamu harus mengetahu dan memahami target pembaca artikel kamu. Kira-kira siapa yang akan membaca artikel kamu.

Dengan ini, maka artikel akan sangat bagus dan sesuai dengan target pembacanya. Kamu juga akan tahu, apa saja yang harus dimasukkan ke dalam artikel berita.

  • Gunakan pertanyaan 5W 1H seperti di poin 1 kepada diri kamu sendiri. Namun ini berkaitan dengan target pembaca
  • Pertanyaan tersebut harus mengulik secara spesifik target pembaca kita nantinya
  • Kumpulkan hal-hal yang perlu ditambahkan ke dalam artikel sesuai dengan target pembaca artikel berita kita

5. Temukan Sudut Pandang Artikel

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Artikel akan terlihat beda, jika ditulis dari sudut pandang yang berbeda. Bagaimana cara pandang kamu tentang topik berita yang kamu tulis, lalu bagaimana cara penyajian informasinya agar menarik dan bisa diterima pembaca dengan mudah.

  • Temukan gaya dan sudut pandang berbeda dari artikel yang orang buat. Artikel kamu akan jadi masukkan dan ilmu lain yang berbeda dari berita lain pada umumnya
  • Gunakan pengalaman pribadi atau orang lain terkait topik berita yang kamu tulis. Atau mungkin kamu ingin tulis berdasarkan opini kamu terhadap topik berita itu

6. Lakukan Wawancara

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Terlihat seperti memaksa, namun kredibilitas artikel berita memang harus diperhatikan dengan baik. Melakukan wawancara adalah salah satu kegiatan penting yang harus dan penting dilakukan ketika akan membuat artikel berita.

Ini akan meningkatkan tingkat kepercayaan orang terhadap isi berita yang dibuat. Artikel akan memiliki otoritas tersendiri bagi pembaca ketika ada subjek wawancara.

  • Cari orang yang bersedia kamu wawancarai
  • Pastikan orang itu memilik keterkaitan dengan topik berita yang akan kamu tulis
  • Orang atau subjek yang diwawancarai harus memiliki kredibilitas yang baik bagi artikel berita yang kamu buat

Proses Cara Menulis Artikel Berita

Setelah semua data dan bahan pembuatan artikel selesai kamu kumpulkan, kini tinggal kamu susun dan tulis konten artikel beritanya. Adapun langkah-langkah cara menulis artikel berita di antaranya:

1. Membuat Kepada Berita

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Mulailah dengan menulis kepada artike. Kepala artikel merupakan bagian pembuka yang harus dibuat dengan baik. Isinya harus menarik dan bisa membuat orang merasa penasaran dengan paragraf berikutnya.

  • Kepala artikel harus ditulis dalam 1 kalimat dan menyatakan topik artikel secara ringkas dan padat
  • Kepala artikel harus menarik dan bisa membuat orang penasaran dengan paragraf berikutnya
  • Sampaikan kepada pembaca, kenapa artikel yang kamu tulis itu menarik dan wajib mereka baca

2. Tuliskan Data dan Fakta

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Masukkan semua dat dan fakta yang sudah kamu kumpulkan dari lapangan baik dari temuan sendiri ataupun dari hasil wawancara. Tulis secara ringkas dan padat.

  • Masukkan data-data penting yang mendukung kelengkapan artikel yang mengungkap fakta di balik berita
  • Tuliskan data hasil temuan dan data dari wawancara

3. Masukkan Informasi Tambahan

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Tambahkan informasi lainnya yang akan jadi referensi pembaca untuk memahami isi konten artikel berita agar lebih mudah dipahami.

Beberapa informasi yang penting dan bisa dimasukkan seperti informasi kontak, fakta tambahan terkait opini berita, orang yang terlibat, kutipan wawancara dan lainnya.

  • Informasi tambahan ini akan membantu pembaca memahami lebih dalam topik berita yang kita tulis serta memberikan ide-ide baru dalam narasi penulisan artikel
  • Menyertakan kutipan wawancara menjadikan artikel berita lebih bagus dan lebih dipercaya pembaca serta memberikan pandangan baru bagi pembaca
  • Pastikan kamu berikan informasi tambahan yang cukup agar pembaca lebih tertarik dengan informasi yang kau tulis

4. Tuliskan Kalimat Penutup

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Di bagian akhir, tuliskan kalimat penutup berupa ucapan terima kasih dan salam serta berikan kesimpulan akhir menarik yang bisa memberikan informasi singkat kepada pembaca.

  • Tuliskan simpulan yang bagus sesuai dengan isi berita
  • Gunakan bahasa yang ringkas, padat dan jelas
  • Sampaikan rasa dan ucapan terima kasih

Lakukan Editing Artikel Berita

Langkah cara menulis artikel berita selanjutnya adalah proses editing. Ini merupakan bagian penting dalam penulisan artikel berita. Karena proses ini akan menentukan kualitas dari artikel berita.

Dalam proses editing ini, ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan, di antaranya yaitu:

1. Periksa Fakta-Fakta yang Ditulis

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Dalam penulisan artikel berita, tentu tidak akan lepas dari pada penulisan fakta dan data. Periksa kembali apakah sudah benar dan dapat dipercaya fakta yang sudah ditulis tersebut.

  • Periksa kembali fakta-fakta dalam artikel sebelum dikirim atau di publish. Fakta dan data yang perlu diperiksa di antaranya yaitu tanggal, tempat kejadian, objek berita, alamat kontak dan lainnya
  • Pastikan semua ditulis dengan baik dan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya

2. Pastikan Artikel Sudah Ditulis Berdasarkan Kerangka

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Sebelum menulis, kamu sudah menentukan dan membuat kerangka artikel bukan? Pastikan kamu sudah menulis artikel berita itu sesuai dengan kerangka.

  • Penulisan artikel sesuai dengan kerangka menunjukkan konsistensi dan juga meningkatkan kredibilitas artikel yang dibuat
  • Pastikan penjelasan dalam artikel sudah cukup dan spesifik membahas topik topik dalam artikel

3. Periksa Kutipan Dalam Artikel

Cara Menulis Artikel Berita yang Baik dan Benar

Jika kamu mengutip dari artikel atau sumber berita lain, maka kamu harus dan wajib menyertakan sumber referensi yang kamu ambil. Ini merupakan salah satu kode etik jurnalistik yang mesti kamu pahami dan kamu gunakan ketika menulis artikel berita.

  • Gunakan penulisan kutipan yang baik dan benar
  • Sebutkan nama jika perlu dalam kutipan yang kamu ambil
  • Pastikan orang tahu dari mana sumber berita yang kamu ambil

4. Baca Ulang Artikel Berita

Sebelum dipublikasikan, sebaiknya kamu baca ulang terlebih dahulu artikel berita yang sudah kau tulis dari A-Z. Baca dengan baik, pastikan tidak ada kalimat atau kata yang salah penulisan serta pastikan bahasanya bisa kamu pahami dengan baik.

  • Baca ulang artikel mulai kepala hingga penutup
  • Periksa ejaan dan tata bahasa dalam penulisan artikel
  • Jika perlu, mintalah orang lain untuk membaca artikel yang sudah kamu tulis
  • Minta pendapat orang lain terkait artikel berita yang suda kamu tulis tersebut

Tips Menulis Artikel Berita

  • Lakukan pengumpulan informasi berita dengan menggunakan pertanyaan 5W 1H. Pertanyaan ini bisa membantu kamu mengumpulkan data lengkap untuk penulisan artikel berita
  • Lakukan wawancara dengan objek terkait dengan topik berita yang ditulis
  • Tuliskan informasi paling penting di bagian kepala artikel
  • Periksa kembali penulisan artikel berita yang suda kamu tulis
  • Jangan pernah lupa untuk menyertakan sumber kutipan
  • Terbitkan artikel di media terpercaya

Nah itulah proses cara menulis artikel berita mulai dari pengumpulan data hingga penerbitan artikel berita. Semoga artikel membantu kamu yang ingin jadi jurnalis ataupun yang punya tugas bikin artikel berita. Thanks.

Tinggalkan komentar

jasa update blog

Seorang full time Bloogger, Content Writter dan pelajar jadi satu. Suka dengan dunia internet dan juga solo touring.

Kontak

Hy@Mustakim.org

0896-0896-0097