8 Cara Menulis Cepat dan Rapi dengan Tangan [Mudah Banget]

Cara menulis cepat dan rapi dengan tangan merupakan sebuah keterampilan yang harus dimiliki. Sadar atau tidak kemampuan ini sangat bermanfaat.

Setidaknya tulisan kita saat di baca orang lain, orang tersebut tidak merasa kesulitan membaca tulisan tangan kita. Jika anda merasa kesulitan dalam menulis cepat dan rapi.

Atau mungkin tulisan tangan anda kurang menarik bahkan mungkin terlihat acak acakan. Anda bisa melakukan tips atau cara di bawah ini agar tulisan tangan anda sedikit lebih baik.

1. Konsisten Menulis Satu Paragraf Sehari

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah konsisten menulis. Konsisten adalah sebuah perlakuan yang di lakukan secara terus menerus untuk melatih daya menulis anda agar lebih baik dan bagus dari sebelumnya.

Konsisten lakukan setiap hari minimal satu paragraf perhari. Setelah anda terbiasa dengan satu paragraf perhari anda bisa tambahkan paragrafnya setelah anda merasa perlu untuk penambahan paragraf.

3. Gunakan Kertas Yang Bergaris

Selanjutnya usahakan gunakan kertas yang bergaris mengapa? Karena kertas bergaris akan memudahkan anda dalam menulis karena ada batas baris untuk anda membuat sebuah kalimat dalam menulis.

Kertas bergaris yang bisa anda gunakan yaitu bermacam-macam contohnya anda bisa menggunakan buku bergaris biasa seperti buku Sidu atau buku polio yaitu buku bergaris yang ukurannya lebih besar di banding buku bergaris biasa.

3. Gunakan Pena Yang Berkualitas Bagus

Penggunaan sebuah Pena ternyata sangat berpengaruh untuk memperindah sebuah tulisan apalagi itu sebuah tulisan tangan yang di variasi atau di ukir. Gunakanlah pena yang memiliki kualitas bagus.

Pilihlah pena yang membuat latihan menulis anda lebih nyaman dan sesuaikan ukurannya tidak terlalu kecil dan juga terlalu besar. Dan pastikan pula pilihlah pena yang tidak terlalu menekan saat menulis sehingga membuat tangan anda kaku.

4. Posisikan Cengkraman Tangan Senyaman Mungkin

Terlalu mencengkram tangan akan membuat otot tangan anda menjadi cepat lelah. Kontrolah cengkaraman tangan pada pena senyaman mungkin jangan terlalu kuat jangan pula terlalu lemah.

Kualitas pengaturan cengkraman tangan pada pena pun sangat mempengaruhi hasil dari tulisan tangan anda. Aturlah cengkraman tangan senyamannya menurut anda.

5. Buatlah Suasana Menulis Cukup Tenang

Menulis memerlukan sebuah konsentrasi apalagi harus cepat dan indah. Suasan yang tenang akan membantu anda untuk bisa menulis cepat dan indah.

Anda bisa memilih halaman belakang yang asri dengan penuh pemandangan alam yang segar. Atau ruangan yang sepi dan tenang sehingga dapat memudahkan anda untuk berimajinasi. Dan menghindari gangguan dari orang lain.

6. Posisikan Tubuh Senyaman Mungkin

Selain ruangannya yang sepi dan tenang anda juga bisa memposisikan tubuh senyaman mungkin saat menulis. Anda bisa memilih menulis di meja belajar, atau juga bisa di ruangan tengah dengan mode selonjoran.

Atau hal apapun yang sekiranya bisa membuat anda merasa nyaman dan anteng saat menulis. Karena posisi yang nyaman dapat meminimalisir sakit pinggang ketika berlama-lama menulis.

7. Cobalah Menulis Surat

Sebagai percobaan kamu bisa mencoba menulis surat dengan menggunakan kalimat-kalimat sederhana. Selain itu anda bisa mencari salah seorang untuk di jadikan sahabat penamu.

Dan tanyakanlah kemajuan anda dalam menulis tangan melalui berkirim surat dengan sahabatmu tersebut.

8. Gunakan Pengatur Waktu

Jangan lupa gunakan pengatur waktu agar anda bisa menilai tingkat kecepatan menulis sudah seberapa cepat. Sehingga dapat terukur apakah kemampuan anda meningkat atau masih sama.

Dan lihat pula keindahan dari tulisan anda tersebut apakah jika kecepatan di naikan kualitas tulisan anda akan berubah. Anda bisa menilai sendiri menggunakan pengatur waktu tersebut.

Artikel Menarik Lainnya: