Cara Menulis Tegak Bersambung di Buku dengan Rapi [Mudah]

Cara menulis tegak bersambung bisa menjadi salah satu media belajar menulis baik untuk anak TK sampai usia SD. Huruf tegak bersambung atau sering disebut huruf halus ditulis secara bersambung tanpa terputus.

1 Fashion murah

Belajar menulis tegak bersambung dapat melatih keterampilan motorik halus dan melatih keterampilan membuat tulisan tangan menjadi lebih rapi.

fashion muslim murah

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menulis tegak bersambung dengan rapi dalam artikel ini. Simak yuk!

Apa Itu Tulisan Tegak Bersambung?

Sebelum ke caranya kita pahami dulu apa itu tulisan tegak bersambung. Yaitu cara penulisan yang ditulis secara bersambung tanpa terputus.

Dalam menulis huruf tegak bersambung, kamu diharuskan menulis kata tanpa berhenti karena tulisannya terus berantai atau saling menyambung.

Secara sederhana, tulisan tegak bersambung disebut juga huruf latin yang ditulis berangkai-rangkai. Nah, menulis huruf tegak bersambung yang baik dan benar membuat tulisan tersebut terlihat indah dipandang.

1 Fashion murah

Bukan hanya itu tulisan tegak bersambung memiliki ragam manfaat yang belum kamu ketahui. Nanti di jelaskan di bagian akhir ya.

Cara Menulis Tegak Bersambung Dengan Rapi

Setelah memahami pengertian dari tulisan tegak bersambung, berikut cara menulis tegak bersambung dengan rapi. Diantaranya adalah:

1. Pastikan Sudah Menguasai Huruf Cetak Atau Huruf Balok

Langkah pertama cara menulis tegak bersambung dengan rapi yaitu kita harus memastikan apakah anak sudah menguasai huruf cetak/balok belum. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada tahap belajar menulis selanjutnya.

Jika anak belum memahami apa itu huruf cetak maka terlebih dahulu kamu harus mengajarkan cara menulis cetak baru setelah mengerti beranjak ke penulisan huruf tegak bersambung.

2. Mempelajari Huruf Tegak Bersambung Satu-Satu

Langkah selanjutnya setelah anak memahami apa itu huruf cetak kamu sudah boleh mengajarkan huruf tegak bersambung secara satu persatu. Agar anak paham bagaimana menulis A tegak bersambung B tegak bersambung hingga Z.

3. Mengenalkan Huruf Tegak Bersambung Besar Dan Kecil

Sama halnya mengajarkan menulis huruf cetak atau balok. Mengajarkan tegak bersambung juga memiliki penulisan huruf besar dan huruf kecil. Berikan contoh kepada anak A tegak bersambung besar dan a tegak bersambung kecil seperti apa.

1 Fashion murah

4. Coba Menyambung Satu Kata

Setelah anak memahami bagaimana cara menulis A besar tegak bersambung dan a kecil tegak bersambung.

Kamu mulai coba mencontohkan cara menyambungkannya dalam bentuk satu kata saja sebagai percobaan dan coba diikuti anak.

5. Menulis di Kertas Bergaris

Selanjutnya setelah paham cara menyambungkan ajarkan anak untuk menulis di kertas bergaris. Beri tahu jarak huruf yang panjang dan pendek apa saja dan batas penulisannya sampai mana.

Sehingga anak paham penulisan huruf secara rapi sesuai dengan jenis hurp yang harus panjang atau pendek.

6. Mencoba Menulis Satu Kalimat

Setelah mencoba di buku bergaris coba anak untuk menulis sepanjang satu kalimat dan biarkan anak mengulangi sampai sepuluh baris ke bawah sebagai latihan agar terbiasa dengan kalimat yang sama.

7. Mengubah Huruf Cetak Menjadi Tegak Bersambung

Dan terakhir setelah anak mulai pandai menulis tegak bersambung yang sesuai dengan tahapan di atas tadi. Kita sudah bisa mencoba anak untuk mengubah tulisan huruf biasa ke dalam huruf tegak bersambung. Dan lakukan ini secara konsisten.

1 Fashion murah

Mengapa harus konsisten karena kerapihan sebuah tulisan harus di coba terus menerus dengan cara latihan sehingga konsisten latihan akan membuat tulisan tegak bersambung anak semakin rapi dari hari ke hari.

Apa Sih Manfaat Menulis Tegak Bersambung?

Banyak orang yang tidak mengetahui apa saja manfaat menulis tegak bersambung. Padahal menulis tegak bersambung memiliki banyak manfaat dan manfaatnya diantaranya adalah:

1. Melatih Kontrol Dan Motorik Halus

Manfaat pertama dari menulis tegak bersambung adalah yaitu melatih kontrol dan motorik harus pada jari-jari tangan. Secara otomatis anak akan mengatur miring tegaknya sebuah huruf.

Sehingga proses tersebut anak jadi piawai untuk mengontrol jari tangan dan dapat menyesuaikan bentuk tulisan dengan baik dan benar.

2. Melatih Konsentrasi Dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Manfaat selanjutnya dari menulis tegak bersambung adalah mampu melatih konsentrasi dan meningkatkan kemampuan berpikir.

Dimana saat menulis tegak bersambung anak sangat konsntrasi untuk menyambungkan huruf dan menyesuaikan ketinggian dan kerendahan sebuah huruf. Sehingga dapat meningkatkan konsentrasi juga kemampuan berpikir.

1 Fashion murah

3. Mampu Membaca Tegak Bersambung

Selain menulis jika anak mulai bisa menulis tegak bersambung anak juga akan bisa membaca tulisan tegak bersambung dengan baik. Bahkan ia bisa membaca tulisan-tulisan terdahulu yang kebanyakan menggunakan tulisan tegak bersambung.

Jaman dahulu tulisan tegak bersambung digunakan sebagai tulisan wajib sehingga pada zaman itu banyak ditemukan tulisan-tulisan tegak bersambung yang sangat rapi.

Dan hal ini bermanfaat untuk bisa membaca tulisan kakek moyangnya terdahulu.

4. Memperindah Tulisan

Semua pasti setuju jika cara menulis tegak bersambung dengan tulisan yang rapi akan membuat tulisan semakin indah di pandang.

Artikel Menarik Lainnya: