Cara Transfer BJB Ke BCA Lewat ATM: Biaya & Kode Transfer

Cara Transfer BJB ke BCA Lewat ATM: Biaya & Kode Transfer

cara transfer BJB ke BCA lewat ATM

Saat ini terdapat banyak cara atau metode transfer yang disediakan oleh setiap bank. Termasuk Bank Jawa Barat atau dikenal juga BJB.

Mungkin beberapa dari kamu merupakan seorang nasabah baru BJB. Dan masih bingung dengan cara transfer BJB ke BCA lewat ATM.

Tidak perlu khawatir, karena dengan membaca artikel ini hingga selesai. Maka kamu bisa mengetahui cara transfernya yang mudah.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti mengenai cara transfer BJB ke BCA via ATM. Akan lebih baik jika kamu mengetahui terlebih dulu mengenai beberapa syarat yang berlaku bagi nasabah BJB pada berikut ini.

Syarat Transfer BJB ke BCA Lewat ATM

Sebagaimana yang telah dikatakan sebelumnya bahwa terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah BJB saat transfer via ATM.

Karena setiap bank termasuk BJB memiliki persyaratan dan ketentuan yang berlaku ketika hendak melakukan transaksi via ATM ke bank lain.

Seperti pada judul pembahasan kali ini, maka dari itu simak terlebih dulu beberapa persyaratan yang berlaku saat melakukan transfer melalui ATM BJB pada poin-poin yang ada di bawah ini:

  • Syarat yang pertama yaitu pastikan bahwa saldo pada rekening BJB mencukupi atau memiliki jumlah lebih dari nominal transfer
  • Sebelum pergi ke gerai ATM BJB maka pastikan dulu bahwa kartu Debit BJB dan juga nomor rekening bank tujuan BCA sudah dibawa
  • Lalu pastikan juga memasukkan kode bank sebagai identitas bank tujuan yang sesuai dan benar. Ini dilakukan agar tidak salah kirim
  • Kemudian catat atau foto nomor rekening bank penerima yaitu BCA. Karena transfer melalui ATM dilakukan dengan cara manual
  • Sesuaikan jumlah nominal yang akan ditransferkan dengan jumlah limit transfer jenis kartu Debit BJB milikmu
  • Dan terakhir jangan lupa untuk mengambil dan simpan baik-baik struk transaksi sebagai bukti transfer

Kode Transfer BJB ke BCA Lewat ATM

Kode transfer atau kode bank ini merupakan suatu identitas setiap bank. Yang mana ini berfungsi menjadi suatu kode acuan atau rujukan.

Kode bank sebagai acuan ini biasanya dibutuhkan ketika melakukan transfer ke rekening bank lain. Seperti halnya transfer dari BJB ke BCA.

Maka sangat wajib untuk memasukkan kode transfer bank tersebut. Agar tidak terjadi salah kirim ataupun membuat proses transfer gagal.

Dengan begitu jika kamu hendak melakukan transfer dari BJB ke BCA maka kamu harus memasukkan kode bank dari BCA yaitu 014. Namun jika ingin melakukan transfer sebaliknya maka masukkan kode BJB 110.

Cara Transfer BJB ke BCA Lewat ATM

Jika kamu sudah mengetahui dan juga memahami informasi yang ada di atas tadi. Maka berikutnya kita akan masuk ke inti pembahasannya.

Cara transfer BJB ke BCA lewat ATM ini tentunya sangat mudah dan juga aman untuk digunakan. Transaksi ini tidak memakan waktu lama.

Yang pasti kamu harus mendatangi gerai ATM BJB terdekat untuk melakukan proses transfer tersebut. Untuk mengetahui lebih jelasnya proses transfernya langsung simak uraian cara selengkapnya berikut:

  • Datangi gerai ATM BJB terdekat lebih dulu
  • Kemudian masukkan kartu ATM atau Debit BJB ke ATM
  • Muncul opsi penggunaan bahasa pilih salah satunya “Indonesia”
  • Selanjutnya masukkan 6 digit kode PIN BJB-mu
  • Setelah masuk ke halaman awal atau beranda, maka kamu tekan menu “Transaksi”
  • Kemudian akan muncul beberapa opsi menu lainnya. Namun kamu pilih dan tekan tombol menu “Rekening Bank Lainnya”
  • Lalu masukkan kode bank BCA yaitu 014 dan ditambah dengan nomor rekening tujuan atau penerima BCA tersebut. Contohnya 014 8314085**** dan tekan “Benar” yang berada di bagian kanan layar
  • Berikutnya kamu diharuskan masukkan jumlah nominal yang ingin ditransferkan ke rekening BCA tujuan
  • Muncul informasi detail transaksi, jika seluruh data sudah benar dan juga sesuai. Maka tekan tombol “Benar” untuk melanjutkan
  • Tunggu beberapa saat karena transfer sedang diproses oleh sistem ATM. Jika pada layar ATM muncul keterangan transfer “Transaksi Berhasil”
  • Dengan begitu, transfer dari BJB ke BCA berhasil dilakukan. Tunggu hingga ATM mengeluarkan kartu Debit atau ATM BJB-mu
  • Dan jangan lupa untuk ambil struk kertas yang keluar dari ATM sebagai bukti transfernya

Biaya Admin Transfer BJB ke BCA Lewat ATM

Ketika melakukan transfer ke bank lain maka kamu akan dikenakan biaya admin. Ini berlaku di setiap bank termasuk ketika kamu transfer sejumlah uang dari rekening BJB ke rekening BCA melalui ATM tadi.

Kamu sebagai pihak pengirim maka akan dibebankan biaya admin transfer dari BJB. Biaya admin transfer ke BCA ini sebesar Rp.6.500,- per transaksinya. Maka dari itu saldo akan otomatis dikurangi biaya admin.

Limit Transfer BJB ke BCA Lewat ATM

BJB pun menerapkan besaran limit transfer ke bank lain seperti contohnya limit transfer ke BCA. Yang mana limit transfernya ini disesuaikan dengan jenis kartu rekening yang nasabah gunakan.

Terdapat 3 jenis kartu di BJB mulai dari GPN Silver, GPN Classic dan juga GPN Gold. Masing-masing kartu memiliki jumlah limit berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan beberapa poin berikut ini:

  • Kartu ATM GPN Silver Rp.10.000.000,- per harinya
  • Kartu ATM GPN Classic Rp.15.000.000,- per harinya
  • Kartu ATM GPN Gold Rp.25.000.000,- per harinya

Akhir Kata

Sekian informasi seputar cara transfer BJB ke BCA lewat ATM beserta informasi lainnya seperti biaya admin dan juga limit transfernya. Semoga dengan adanya informasi ini dapat berguna untuk semua.

Terlebih bagi kamu yang merupakan nasabah baru BJB dan masih awam menggunakan ATM. Jika ingin mengetahui lebih seputar transfer BJB ke bank lain maka kamu baca di artikel sebelumnya. Terimakasih.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: