Cara Transfer Style Keyboard Yamaha Semua Seri [Mudah]

Cara Transfer Style Keyboard Yamaha Semua Seri [Mudah]

Cara Transfer Style Keyboard Yamaha

Memainkan musik dengan berbagai style di Keyboard tentunya akan membuat alunan nada yang dimainkan menjadi lebih berwarna.

Mungkin itulah salah satu alasan kamu untuk mengetahui bagaimana bisa style atau efek ada di semua seri Keyboard terutama Yamaha.

Jika benar demikian, maka sangat pas sekali. Karena kali ini saya akan membahas seputar cara transfer style keyboard Yamaha semua seri.

Lalu bagaimana cara memindahkan atau transfer style Keyboard Yamaha ini dilakukan? Nah, untuk mengetahui lebih jelas dan juga lengkapnya kamu bisa perhatikan pada pembahasannya berikut ini.

Apakah Bisa Transfer Style Keyboard Yamaha?

Mengirim style musik atau efek pada semua jenis Keyboard Yamaha dapat kamu lakukan dengan bantuan USB Drive alat perantara lainnya.

Mulai menggunakan Flashdisk dan juga kabel dengan port sambungan khusus dari Keyboard ke laptop dan komputer yang bisa kamu lakukan.

Transfer style musik atau efek di semua jenis Keyboard Yamaha ini bisa kamu lakukan dengan cukup mudah. Yang mana proses transfer style ini bisa dilakukan melalui kabel khusus ke komputer dan juga Flashdisk.

Apa yang Dibutuhkan untuk Transfer Style Keyboard Yamaha?

Untuk melakukan transfer atau memindahkan beberapa style Keyboard Yamaha ini. Kamu perlu memiliki beberapa media pendukung transfer.

Karena pada dasarnya, transfer ataupun memindahkan style Keyboard Yamaha ini membutuhkan bantuan beberapa alat dan juga software.

Lantas hal-hal apa saja yang diperlukan untuk melakukan transfer atau memindahkan style Keyboard Yamaha tersebut? Silahkan simak poin di bawah ini untuk mengetahui hal apa saja yang harus kamu siapkan.

  • Yang pertama tentunya Keyboard Yamaha jenis apapun sebagai media pengirim atau penerima style efek nadanya
  • Kemudian siapkan juga kabel dengan port colokan khusus untuk menghubungkan ke komputer atau laptop
  • Namun jika kamu hendak melakukan transfer atau memindahkan style efek musik ke Keyboard Yamaha. Maka kamu bisa melakukan transfer style-nya dengan menggunakan Flashdisk
  • Menginstal atau memasang USB Driver Yamaha dikomputer
  • Dan yang terakhir adalah dengan menyiapkan juga software khusus yaitu Yamaha Musicsoft Downloader

Cara Transfer Style Keyboard Yamaha Menggunakan Flashdisk

Cara pertama yang akan saya bahas atau uraiakan adalah cara transfer style atau efek nada Keyboard Yamaha melalui Flashdisk.

Sebelum ke uraian cara transfernya maka kamu harus mengetahui terlebih dulu sistem yang akan digunakan pada proses transfernya ini.

Nah, sistem yang digunakan pada semua jenis Keyboard Yamaha ini tidaklah berbeda jauh dengan sistem OS Windows. Karena terdapat beberapa fitur pendukung transfer style seperti Copy, Paste, dan Cut.

  • Untuk melakukan transfer style atau biasa disebut dengan file midi ini maka pertama-tama nyalakan dulu perangkat Keyboard-mu
  • Lalu jangan lupa juga untuk colokkan atau sambungkan Flashdisk pada port USB di Keyboard Yamaha yang kamu gunakan
  • Selanjutnya pilih style nada atau file midi yang bersumber dari driver Flashdisk tadi. Jika ingin melakukan sebaliknya maka pilih folder style nada atau file midi di Keyboard untuk ditransferkan
  • Jika sudah dipilih maka kamu tekan tombol menu “Copy atau Cut” yang tersedia dibagian bawah layar Keyboard Yamaha tersebut
  • Berikutnya buka menu “Directory” atau tempat penyimpanan file style midi yang akan kamu pindahkan atau transferkan
  • Cara transfer style keyboard yamaha menggunakan Flashdisk selanjutnya adalah dengan menekan tombol “Paste” pada folder di menu “Directory” sebelumnya tadi
  • Kemudian periksa dan pastikan kembali apakah style efek nada atau file midi yang ditransferkan tadi sudah ada di Directory yang diinginkan? Jika ada maka transfer style via Flashdisk berhasil
  • Namun jika tidak ada pada menu Directory. Maka kamu bisa ulang langkah transfernya dari awal yang mudah ini. Selamat mencoba

Cara Transfer Style Keyboard Yamaha Dari Komputer

Sedangkan cara yang kedua sekaligus terakhir ini adalah cara transfer style efek nada atau file midi dari komputer ke Keyboard Yamaha. Cara transfernya tidak terlalu rumit jika alat yang diperlukan sudah tersedia.

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan pada poin hal yang perlu disiapkan. Jika semua yang diperlukan sudah tersedia, maka proses transfer style efek nada atau file midi dari komputer bisa kamu mulai.

  • Nyalakan kedua perangkat yaitu Keyboard Yamaha dan Komputer
  • Jangan lupa sambungkan atau colokkan kabel dengan port khusus dari Keyboard ke Komputer
  • Jika sudah tersambung maka langsung instal aplikasi USB Driver. Ini bertujuan agar kedua perangkat bisa terhubung satu dengan lain
  • Kemudian instal juga software khusus yaitu Yamaha Musicsoft Downloader untuk transfer style efek nada atau file midi. Karena pada software ini terdapat banyak jenis efek style midi
  • Apabila software sudah terpasang maka buka atau akses software Yamaha Musicsoft Downloader tersebut. Lalu software tersebut akan memunculkan 2 opsi menu
  • Pilih salah satu menu sesuai yang kamu butuhkan
  • Tekan tombol “Check Connection” lalu ke “Electronic Music Instrument” untuk menampilkan penyimpanan atau storage-nya
  • Pilih “Add File” untuk memilih file midi atau style yang diinginkan
  • Maka tekan “Move” ke Storage yang “Electronic Music Instrument”
  • Jika sudah dipindahkan, maka kamu bisa cek langsung di menu “Directory” yang ada pada Keyboard Yamaha
  • Jika style efek nada atau file midi ada di dalam Directory maka proses transfernya sudah berhasil dilakukan

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat di sampaikan pada kesempatan kali ini terkait cara transfer style keyboard yamaha. Baik itu transfer melalui Flashdisk maupun dari komputer ke perangkat Keyboard Yamaha.

Semoga pembahasan di atas tadi mudah untuk dipahami. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya dan terimakasih.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: