Cara Transfer Uang Di ATM Jepang Ke Sesama & Indonesia

Cara Transfer Uang Di ATM Jepang ke Sesama & Indonesia

Cara Transfer Uang Di ATM Jepang ke Sesama & Indonesia

Bingung dengan bagaimana cara menggunakan ATM di Jepang? Tidak semua hal di Jepang mudah dipahami dan dilakukan oleh orang asing.

Contohnya pada layanan ATM yang masih sulit dimengerti oleh turis mancanegara karena tidak semua ATM memiliki fitur bahasa Inggris.

Itulah salah satu alasan saya untuk membahas seputar cara transfer uang di atm jepang. Semoga pembahasan ini mudah untuk dipahami.

Untuk mengetahui lebih jelas dan juga lengkapnya. Kamu bisa simak beberapa poin mengenai uraian cara transfer uang di ATM Jepang baik ke rekening sesama maupun ke rekening yang ada di Indonesia.

Cara Transfer Uang Di ATM Jepang ke Sesama Rekening

Cara transfer uang di ATM Jepang ke rekening sesama ini bisa kamu lakukan dengan mudah setelah melihat informasi uraian caranya.

Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Jepang memanglah sulit untuk dipahami oleh orang yang masih minim pengetahuannya.

Uraian cara transfer ini bisa kamu baca agar ketika berada di Jepang dan melakukan transfer di ATM bisa dengan mudah dimengerti. Mari simak beberapa uraian cara transfer di ATM untuk rekening sesama:

1. Datangi Gerai ATM Jepang

Pertama-tama tentunya datangi gerai ATM dengan bank yang kamu gunakan ketika berada di Jepang. Seperti biasa masukkan kartu ATM atau Debit dan juga kode PIN dari bank yang kamu gunakan tersebut.

Setelah berhasil mengakses ATM tersebut maka akan masuk ke halaman awal atau beranda ATM. Dan muncul juga beberapa opsi pilihan fitur layanan perbankan seperti pada umumnya ATM lain.

2. Pilih dan Tekan Menu Tujuan Transfer Uang

Untuk mengirimkan uang ke rekening sesama maka kamu pilih opsi menu お振り込み ataupun ご送金. Kemudian muncul 3 menu transfer baik itu ke rekening sesama, lalu ke Smiles Wallet dan ke rekening lain.

Karena kamu akan transfer ke sesama rekening maka pilih dan tekan menu ゆうちょ口座へのご送金. Dengan menekan tombol menu tersebut maka kamu akan diarahkan ke menu selanjutnya untuk proses transfer.

3. Pilih dan Tekan Menu Rekening Tujuan

Pada halaman ATM selanjutnya ini muncul 2 menu dan juga 1 kolom untuk memasukkan nomor rekening sesama bank sebagai tujuannya. Rata-rata ATM di Jepang memiliki 2 opsi sumber rekening dana.

Yaitu 普通 (Futsuu) yaitu rekening dana biasa dan juga 当座 (Touza) yang artinya rekening giro atau koran. Maka kamu bisa pilih sumber dana yang akan ditransferkan dari kedua opsi sumber dana tadi.

4. Input Informasi Rekening Penerima Secara Detail

Jika sudah maka masukkan beberapa data informasi rekening penerimanya. Mulai dari 口座番号 (nomor rekening), 金額 (jumlah transfer) dan juga 電話番号 (nomor telepon) milikmu.

Pada opsi menu yang terakhir kamu bisa mengganti ご依頼人名 (nama pengirim) ini digunakan untuk membayar tagihan yang memerlukan nomor referensi ditambahkan sebelum atau sesudah namamu.

5. Lakukan Konfirmasi Data Penerima

Setelah kamu selesai memasukkan seluruh detail data penerima. Maka akan muncul layar konfirmasi yang terdapat informasi dari nomor rekening dan juga jumlah uang yang akan kamu transferkan.

Jika terdapat kesalahan kamu bisa menggantinya dengan menekan tombol 戻る (kembali). Namun jika sudah benar maka tekan 確認 (konfirmasi) dan tunggu sesaat hingga berhasil diproses.

Cara Transfer Uang Di ATM Jepang ke Indonesia

Nah, selain cara transfer uang di atm jepang pada artikel kali ini saya juga akan membahas cara transfer uang di ATM Jepang ke Indonesia.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas transfer via ATM BNI. Tentu ATM BNI yang berada di Jepang tepatnya di sekitaran kota Tokyo.

Tidak perlu khawatir jika tidak memahami bahasa Jepang. Karena ATM tersebut memiliki fitur pilihan berbagai macam bahasa termasuk bahasa Indonesia. Silahkan simak langkah transfernya di bawah ini:

1. Kunjungi Gerai ATM BNI atau ATM Seven Bank

Datangi gerai ATM BNI terdekat atau ATM yang terdapat di beberapa gerai minimarket. Karena beberapa gerai ATM yang terdapat di negara Jepang ini memiliki beberapa fitur opsi berbagai bahasa.

Termasuk bahasa Indonesia dengan begitu kamu tidak perlu bingung untuk melakukan transfer dari Jepang ke negara Indonesia.

2. Masukkan Kartu Debit atau ATM

Selanjutnya adalah seperti biasa yaitu dengan masukkan kartu ATM atau Debit. Maka akan muncul 3 opsi menu yaitu menu Tarik Tunai, Cek Saldo dan juga Transfer.

3. Pilih Menu Transfer

Untuk melakukan transfer ke Indonesia maka pilih menu “Tarik Tunai” dan akan muncul pemberitahuan “Transaksi Internasional” lalu tekan menu “Konfirmasi”. Dan pilih menu (Transfer) masukkan 6 digit PIN.

4. Masukkan Informasi Transfer

Berikutnya pilih jumlah yang akan ditransferkan dan masukkan juga nomor rekening tujuan transfer. Namun jika transfer ke rekening bank lain selain BNI maka kamu harus memasukkan dan pilih bank tujuan.

5. Konfirmasi dan Kirim

Setelah semua informasi sudah benar dan sesuai maka kamu bisa mulai transfer uang ke rekening tujuan yang ada di Indonesia. Tekan tombol “Lanjutkan” tunggu sesaat dan transfer pun akan diproses.

Cara Ambil Uang Di ATM Jepang

Sedangkan untuk menarik atau ambil uang tunai di ATM Jepang ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Penasaran dengan caranya? Langsung saja perhatikan beberapa poin uraiannya di bawah ini:

  • Datangi gerai ATM Seven Bank terdekat
  • Masukkan kartu ATM atau Debit
  • Tekan menu opsi bahasa yang ingin digunakan contoh “Indonesia”
  • Lalu pilih menu “Tabungan” dan masukkan 6 digit kode PIN
  • Pilih jumlah nominal yang akan kamu tarik. Mulai dari 1.000 Yen hingga paling besar yaitu 100.000 Yen
  • Jika sudah menentukan jumlah yang akan ditarik. Maka tunggu beberapa saat hingga uang keluar dari ATM
  • Dengan begitu kamu berhasil mengambil uang dari ATM di Jepang

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara transfer uang di atm jepang baik ke sesama rekening maupun ke rekening bank Indonesia. Semoga dapat dipahami dengan mudah. Terimakasih.

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: