5 Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik

Bingung membuat alinea pembuka surat lamaran kerja? Gak perlu bingung, saya buatkan 5 contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Kamu bisa tiru sendiri untuk membuat surat lamaran kerja dengan baik serta menarik bagi HRD.

Sehingga peluang kamu untuk diterima kerja akan lebih besar. Surat lamaran kerja harus dibuat semenarik mungkin, alinea pembuka adalah bagian paling krusial yang perlu kamu perhatikan.

Apa Itu Paragraf Pembuka Dalam Surat?

Paragraf pembuka merupakan kalimat pembuka surat yang berisi salam pembuka atau sapaan untuk penerima surat. Dalam hal ini salam pembuka yang ditujukan untuk HRD perusahaan.

Salam pembuka ditulis dengan menggunakan kata-kata baku dan resmi. Tidak menggunakan salam pembuka khusus seperti sapaan agama ataupun salam di rumah.

paragraf pembuka dibuka dengan menggunakan salam resmi serta kata-kata pembuka resmpu dan baku. Kamu akan temukan contoh kata-katanya secara lengkap di sini.

Apa yang Tercantum Dalam Alinea Pembuka Surat?

Alinea pembuka surat lamaran pekerjaan mengandung beberapa unsur penting didalamnya. Di mana setiap bagiannya harus dapat menunjukkan bahwa kamu adalah calon pekerja terbaik.

Agar alinea pembuka surat lamaran kerja terlihat lebih menarik di mata HRP, setidaknya harus mengandung 5 unsur berikut ini:

  1. Salam pembuka yang sopan dan bersifat umum
  2. Menggunakan bahasan yang enak dibaca
  3. Mengungkapkan maksud dan tujuan
  4. Menyampaikan informasi lowongan kerja

Minimal 4 hal ini harus ada dalam alinea pembuka suratlamaran kerja yang kamu buat.

5 Contoh Alinea Pembuka Surat Lamaran Pekerjaan

Buat kamu yang masih merasa bingung harus menuliskan apa di alinea pembuka surat lamaran kerja, berikut ini saya tulis beberapa contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar:

1. Contoh Pembuka Surat Berdasarkan Iklan Loker di Koran

Jika kamu mendapatkan informasi lowongan kerja dari iklan di koran, berikut adalah contoh alinea pembuka surat lamaran kerjanya:

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan di harian Kompas, 25 Agustus 2022, tentang lowongan kerja. Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

1. Nama
2. Alamat
3. Pendidikan terakhir 
4. Alamat email

Tuliskan identitas kamu....

2. Contoh Pembuka Surat Berdasarkan Inisiatif Sendiri

Jika kamu tidak dapat informais lowongan kerja, tapi kamu ingin membua surat lamaran kerja sesuai dengan inisitif sendiri. Berikut adalah contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan nya:

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama
2. Alamat
3. Pendidikan terakhir 
4. Alamat email

Melalui surat ini saya berencana mengajukan diri untuk melamar kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

3. Contoh Pembuka Surat Berdasarkan Iklan Loker di Facebook

Jika kamu dapatkan informasi lowongan kerja dari halaman Facebook resmi perusahaan yagn kamu lamar, berikut contoh alinea pembuka surat lamarannya:

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan di halaman Facebook PT Astra Honda Motor, 01 September 2022, saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

1. Nama
2. Alamat
3. Pendidikan terakhir 
4. Alamat email

Tuliskan identitas kamu....

4. Contoh Pembuka Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Info Loker di Web Perusahaan

Jika kamu dapatkan informasi lowongan kerja dari halaman web resmi perusahaan, berikut contoh pembuka surat lamarannya yang tepat kamu gunakan:

Berdasarkan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan halaman KarirHub, PT Konten Media Tama Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama
2. Alamat
3. Pendidikan terakhir 
4. Alamat email

Tuliskan identitas kamu....

5. Contoh Pembuka Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Informsai di Situs Loker

Dan jika kamu dapatkan informasi lowongan kerja dari halaman web loker resmi, berikut ccontoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaannya:

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan di situs lowongan kerja Ngejob.com. Saya yang bertanda tangan di bawah ini: 

1. Nama
2. Alamat
3. Pendidikan terakhir 
4. Alamat email

Tuliskan identitas kamu....

Aturan Membuat Alinea Pembuka Surat

Dalam penulisan alinea pembuka surat lamaran kerja perlu memperhatikan hal-hal teknis berikut ini:

  1. Menuliskan salam pembuka (salam hormat)
  2. Informasi lowongan kerja (dari mana)
  3. Pengantar data diri

Sebenarnya tidak ada aturan baku untuk alinea pembuka surat ini. Namun, mayoritas surat pembuka lamaran kerja menggunakan format dan struktur seperti ini.

Akhir Kata

Contoh alinea pembuka surat lamaran pekerjaan di atas saya sesuaikan dengan tempat dimana kamu mendapatkan informasi lowongannya. Beda sumber lowongan kerjanya, beda pula cara buat pembuka suratnya.

Contohnya sudah saya tuliskan di atas. Silahkan saja kamu cek dan tiru cara pembuatan pembuka suratnya seperti di atas.

Artikel Menarik Lainnya: