Langkah Langkah Menulis Teks Prosedur yang Baik & Benar

Langkah langkah menulis teks prosedur membahas mengenai berbagai langkah pembuatan teks prosedur. Teks prosedur tidaklah ditulis dengan secara asal namun harus sesuai dengan struktur penulisan yang baik dan benar.

Tak hanya langkah-langkah penulisan teks prosedur kamu juga akan memahami pengertian dari teks prosedur bahkan ciri-cirinya. Teks prosedur berisikan runutan cara melakukan atau langkah-langkah suatu kegiatan.

Dan biasanya teks prosedur ini biasanya di bagian belakang kemasan, cara pembuatan kartu KTP dan lain-lain yang menjelaskan petunjuk atau langkah-langkah proses pembuatan. Dijelaskan secara bertahap yang harus di tempuh untuk mencapai tujuan atau penyelesaian

Apa Itu Teks Prosedur?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi prosedur adalah langkah-langkah atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini menjelaskan proses pembuatan atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah-langkah secara teratur dan sistematis.

Teks prosedur ini bermanfaat untuk pembaca memahami dan menggunakan suatu alat tanpa merusaknya. Selain itu, teks prosedur ini bisa mengarahkan aktivitas tertentu untuk dijalankan lebih mudah.

Dengan bahasa yang mudah dipahami teks prosedur bertujuan agar petunjuk dapat dipahami dengan mudah dan jelas. Teks prosedur juga sangat mudah ditemukan di internet, majalah, buku, dan petunjuk kemasan barang.

Langkah Langkah Menulis Teks Prosedur

Adapun berikut ini merupakan langkah-langkah menulis teks prosedur, diantaranya adalah:

1. Menentukan Topik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk menulis teks prosedur yaitu menentukan topik terlebih dahulu. Sebelum kamu menulis teks prosedur sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu topik apa yang ingin kamu bahas.

Kamu bisa mencari sumber dari internet, buku, jurnal dan lain sebagainya untuk dasar kamu menentukan topik yang ingin kamu bahas dalam teks prosedur.

2. Menentukan Tujuan

Selanjutnya setelah kamu menemukan topik apa yang ingin kamu bahas dalam teks prosedur kamu selanjutnya menentukan tujuan dari penulisan teks tersebut. Karena teks prosedur berisi tujuan untuk memudahkan pembaca mendapatkan informasi dan langkah-langkah yang tepat.

3. Mengumpulkan Informasi

Setelah menentukan tujuan kamu juga harus mengumpulkan informasi kamu bisa mencari sumber informasi dari media cetak dan media elektronik. Informasi ini berguna untuk membuat kalimat teks prosedur dan akan dikembangkan lebih jauh nantinya.

4. Menyusun Kerangka Kalimat

Selanjutnya setelah mengumpulkan informasi kamu sudah bisa memulai untuk menyusun kerangka kalimat yang ingin disampaikan dalam teks prosedur.

5. Mengembangkan Informasi Ke Dalam Langkah-Langkah

Selanjutnya setelah kerangka kalimat tersusun kamu mulai mengembangkan informasi ke dalam langkah-langkah teks prosedur. Dengan bahasa sederhana dan sangat mudah di pahami pembaca tentunya.

6. Koreksi dan Revisi

Jika langkah-langkah telah tersusun dengan baik kamu jangan lupa untuk koreksi sekali lagi hasil kerjaan kamu. Ditakutkan nanti ada typo atau hal lainnya yang mengakibatkan kesalahpahaman pembaca.

7. Tulis Teks Prosedur Secara Utuh

Lalu tulis teks prosedur secara utuh mulai dari pembukaan langkah-langkah hingga ke tahap akhir.

8. Tahapan Akhir

Langka-langkah menulis teks prosedur yang baik dan benar terakhir adalah tulislah teks prosedur secara lengkap dan dengan kalimat yang jelas.

Struktur Teks Prosedur

Adapun berikut ini merupakan struktur dari teks prosedur, diantaranya adalah:

1. Tujuan

Struktur tujuan biasanya berada di awal kalimat pengantar dari teks prosedur. Tujuan ini berisi alasan mengapa teks prosedur dibuat. Dan dijelaskan sedikit mengenai topik yang akan dibahas. Di bagian ini berisi tujuan dan manfaat penulisan.

2. Langkah-langkah dan Materi

Struktur teks prosedur selanjutnya adalah langkah-langkah dan materi. Pada tahap ini menjelaskan suatu proses secara runtut tahapan ini sangat penting untuk dituliskan supaya proses akhir bisa lebih maksimal.

Penulisan memaparkan materi berupa alat, bahan, ukuran, dan takaran bahan-bahan untuk dimasak. Kemudian jelaskan tahapan untuk memasak supaya mudah dipahami oleh para pembaca.

3. Penegasan Ulang Atau Kesimpulan

Dan terakhir struktur dari teks prosedur adalah adanya penegasan ulang dan kesimpulan. Yang di dalamnya berisi manfaat dan petunjuk untuk dijalankan dengan baik. Bagian kesimpulan ini juga bisa ditambahkan atau tidak ada teks prosedur karena sifatnya opsional.

Ciri Ciri Teks Prosedur

Lalu berikut ini saya jelaskan apa saja ciri-ciri dari teks prosedur, diantaranya adalah:

  1. Yang pertama teks prosedur memiliki ciri berisi langkah-langkah atau tahapan-tahapan atau step by step cara.
  2. Selanjutnya ciri-ciri dari teks prosedur adalah disusun secara informatif.
  3. Dan berikutnya kalimat yang diungkapkan atau ditulis dalam teks prosedur kalimatnya harus jelas dan terperinci. Hindari kata-kata yang ambigu atau membingungkan pembaca. Buat kata yang sederhana dan mudah dipahami.
  4. Selanjutnya teks prosedur itu bersifat objektif.
  5. Memakai pola kalimat perintah (imperatif).
  6. Selanjutnya ciri-ciri teks prosedur adalah memakai kata kerja aktif (verbal Material) yang mengacu pada tindakan, sikap nyata dengan ungkapan.
  7. Memakai kata penghubung yang bertujuan untuk mengurutkan kegiatan yang harus dilakukan.
  8. Menggunakan kata keterangan waktu, tempat dan akurat.
  9. Memakai kalimat baku, logis singkat, padat, dan jelas.

Artikel Menarik Lainnya: