7 Alasan Mengapa Orang Menulis dan Mengirim Undangan!

Mengapa orang menulis dan mengirim undangan? Orang menulis dan mengirim undangan tujuannya yaitu untuk mengundang orang lain untuk menghadiri/berpartisipasi dalam suatu acara atau kegiatan.

Selain itu, masih ada beberapa tujuan lain yang menjadi alasan kenapa orang menulis dan mengirim undangan.

Buat kamu yang belum tahu, artikel ini akan menjelaskan nya secara lengkap. Silahkan kamu baca artikel ini sampai selesai ya.

Mengapa Orang Menulis dan Mengirim Undangan?

Setiap orang pasti punya alasan kenapa dia menulis dan mengirim surat undangan. Namun secara umum, beberapa alasan mengapa orang menulis dan mengirim undangan, di antaranya yaitu:

1. Memberi Tahu Orang Lain Tentang Acara

Agar orang lain tahu bahwa kita sedang melangsungkan acara. Apalagi acara pernikahan.

Dalam agama terutama yang muslim, acara pernikahan itu harus diketahui orang lain (orang banyak). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi fitnah.

Maka dari itu, sudah selayaknya kita mengundang orang lain agar tahu acara yang sedang kita selenggarakan.

2. Mengundang Orang Lain Agar Hadir

Salah satu alasan kenapa orang menulis dan mengirim undangan adalah agar orang lain hadir ke acara yang kita selenggarakan.

Undang orang lain agar ikut andil dalam acara yang kita selenggarakan. Acara seperti milik bersama, akan terasa lebih seru dan lebih menyenangkan.

3. Silaturahmi dengan Kerabat dan Orang yang Diundang

Tujuan lain mengapa orang menulis dan mengirim undangan adalah untuk melakukan silaturahmi. Hal ini karena kita pasti jarang banget ketemu dengan orang-orang yang diundang.

Orang-orang ini biasanya akan datang jika diundang pada acara besar seperti ini. Hal ini bisa menjadi kesempatan baik untuk melakukan silaturahmi.

4. Berbagai Kebahagiaan dengan Orang yang Diundang

Orang yang punya acara sedang melangsungkan kebahagiaannya. Agar kebahagiaan itu bisa dirasakan orang lain, maka diundanglah orang-orang disekitar.

Dengan mengundang mereka, kebahagiaan yang dirasakan pemilik acara dapat dirasakan juga orang lain yang datang ke acara tersebut.

5. Untuk Memeriahkan Acara

Salah satu tujuan lain kenapa orang mengirim undangan adalah untuk memeriahkan acara. Semakin banyak orang yang datang, akan semakin meriah acaranya.

Acara kalo tidak ada orang, pasti akan terasa sepi dan tidak akan ramai sama sekali. Sensasinya acara itu adalah banyaknya orang yang datang pada acara tersebut.

6. Membantu Kelangsungan Acara

Kadang surat undangan itu juga ditujukan untuk orang-orang tertentu agar orang yang diundang ini bisa membantu kelangsungan acara yang akan berlangsung.

Jenis Jenis Surat Undangan

Berdasarkan jenisnya, surat undangan itu ada 2 jenis di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Undangan Formal

Undangan formal merupakan jenis undangan yang dikeluarkan untuk acara formal seperti rapat kantor, undangan wisuda, undangan seminar dan lain-lain.

2. Undangan Informal

Undangan informal adalah jenis undangan yang bersifat tidak formal seperti undangan acara pernikahan, acara ulang tahun, undangan acara lamaran dan lain-lain.

Struktur Surat Undangan

Surat undangan wisuda secara formal memiliki struktur sebagai berikut:

  • Alamat sekolah/universitas
  • Hari/tanggal
  • Kalimat sapaan kepada tamu yang diundang
  • Kalimat pembuka
  • Detil tentang lokasi dan waktu
  • Informasi tentang orang yang ada acara
  • Paragraf penutup
  • Salam penutup dan tanda tangan pengirim
  • Jabatan dan kontak info

FAQ | Mengapa Orang Menulis dan Mengirim Undangan

Apa tujuan dari surat undangan?

Tujuan utama dari surat undangan adalah agar orang yang diundang hadir ke acara.

Apa yang kamu ketahui tentang surat undangan?

Surat undangan merupakan jenis surat yang dipakai untuk mengundang suatu keperluan. Biasanya surat undangan memiliki isi yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya.

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis surat undangan?

Penulisan nama penerima harus tepat, menggunakan bahasa yang formal, serta
memiliki maksud undangan yang jelas.

Apakah syarat menulis surat undangan yang baik?

Menggunakan kop surat, mencantumkan nomor surat, mencantumkan perihal undangan, mencantumkan nama-nama orang yang diundang, mencantumkan hari, tanggal, waktu.

Artikel Menarik Lainnya: