Pemuliaan Tanaman Dapat Dilakukan dengan Cara? Tekniknya!

pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara

Jika kamu seorang yang gemar akan merawat tanaman, maka kamu wajib mengetahui pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara atau teknik konvensional dan juga inkonvesional.

Seperti yang kita ketahui bahwa berkembangnya pengetahuan di berbagai bidang sangatlah membantu kehidupan manusia. Yang salah satunya adalah pemuliaan tanaman, dengan tujuan mendapatkan tanaman dengan kualitas yang terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan Pemuliaan Tanaman?

Definisi atau maksud dari pemulian tanaman adalah suatu metode yang sangat sistematis untuk menghubungkan genetik yang beragam pada suatu tanaman agar menghasilkan bentuk serta manfaat yang dapat lebih baik untuk manusia.

Teknik Pemuliaan Tanaman

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di awal, bahwa proses pemuliaan tanaman ini dapat dilakukan dengan 2 cara atau teknik. Yang tentunya, masing-masing teknik tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu tanaman yang unggul.

1. Teknik Konvensional

Teknik konvensial atau bisa diartikan sebagai teknik tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat yang bekerja sebagai petani. Berikut ini terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan dengan cara konvensional.

  • Persilangan, yaitu penyilangan pada gamet yang sudah sesuai dengan tiap gametnya terdapat sifat berbeda untuk memdapatkan varietas yang baru. Cara ini terbukti cukup efisien untuk menghasilkan bibit unggulan
  • Manipulasi genom merupakan suatu rekayasa terhadapa struktur gen tanaman untuk menghasilkan jenis yang lebih unggul
  • Rekayasa gen juga dilakukan untuk mendapatkan dan menggunakan unsur genetika sel beserta mutasi gen tanaman
  • Introduksi yaitu cara yang dilakukan dengan mendatangkan induk dari tempat lain. Yang kemudian dikembangbiakan dengan proses vegetatif

2. Teknik Inkonvensional

Kebalikan dengan teknik konvensional, yang mana teknik inkonvensional ini lebih banyak menggunakan sarana yang cenderung moderen untuk melakukan pemuliaan tanaman. Ada beberapa cara atau teknik didalam inkonvensional ini.

  • Transfer gen yang merupakan teknik pemuliaan tanaman, dengan cara memasukkan gen berjenis organisme yang berbeda ke dalam DNA tanaman. Maka akan menghasilkan unggul dan hasilnya disebut tanaman transgenik
  • Kloning gen adalah teknik penyalinan gen agar nantinya tanaman tersebut menerima sifat unggulan tertentu
  • Marka molekuler juga merupakan teknik dengan mengurutkan jenis DNA pada suatu genom. Yang juga berguna untuk mengenali spesies tanaman tertentu atau yang akan lahir dari teknik marka molekuler tersebut

Beberapa Manfaat Pemuliaan Tanaman

Dengan melakukan pemuliaan tanaman pada suatu spesies tanaman ini tentu bertujuan untuk menghasilkan sifat tanaman yang baru atau unik. Selain itu, terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari pemuliaan tanaman ini.

1. Meningkatkan Produktivitas Tanaman

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Dengan memiliki sifat unggul pada tanaman yang baru, maka produktivitas bisa lebih tinggi. Contohnya waktu panen yang semakin singkat dari pada biayanya.

2. Menciptakan Spesies yang Lebih Unggul

Dengan melakukan pemuliaan tanaman, maka akan menciptakan suatu spesies tanaman yang lebih unggul. Untuk contohnya adalah buah stroberi yang asalnya memiliki rasa yang asam namun sudah berwarna merah menjadi manis dan besar.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman

Seperti yang kita ketahui, bahwa terdapat beberapa jenis tanaman yang memiliki daya tahan kurang baik atau lemah di suatu kondisi. Namun dengan melakukan pemuliaan tanaman ini, maka tanaman yang dihasilkan akan jauh lebih kuat.

4. Meningkatkan Kandungan pada Buah

Yang terakhir adalah manfaat dengan meningkatkan kandungan yang terdapat pada buah hasil pemuliaan. Dengan begitu, kandungan yang terdapat di dalam buah tersebut akan meningkat lebih baik dan lebih banyak kandungannya.

Tujuan Utama Pemuliaan Tanaman

Setelah kamu mengetahui bahwa pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara konvensional dan juga inkonvensional. Maka kamu pun harus mengetahui tujuan utama dari dilakukannya proses pemuliaan tanaman ini.

1. Menghasilkan Kualitas lebih Baik

Tujuan dari dilakukannya pemuliaan tanaman ini adalah agar bisa menghasilkan kualitas tanaman yang baik dari campuran gen melalui perhitungan yang tepat. Maka tanaman yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

Contohnya adalah dengan meningkatkan ukuran, warna, rasa, kandungan dan lainnya yang terdapat pada buah menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan Kuantitas lebih Tinggi

Selanjutnya adalah tujuan untuk meningkatkan daya hasil atau jumlah dan waktu berbuah yang cepat dari sebelumnya. Tanaman dengan hasil sedemikian rupa baik atau unggul ini sering disesuaikan dengan teknologi moderen di suatu pertanian.

3. Memudahkan Perawatan

Tujuan dari pemuliaan tanaman ini pun salah satunya agar memudahkan proses perawatan tanaman. Contohnya adalah pemberian vitamin atau pupuk pada tanaman bisa dilakukan cukup sekali dalam seminggu yang biasanya per 3 hari.

Contoh Pemuliaan Tanaman

Terakhir ada beberapa contoh tanaman atau buah yang dihasilkan dari proses pemuliaan tanaman. Yuuk langsung saja simak beberapa contoh dan uraiannya berikut ini:

1. Grapple

Pertama ada buah Grapple, yang mana buah ini adalah hasil dari rekayasa atau campuran gen antara buah apel dan juga anggur. Grapple memiliki nutrisi yang lebih banyak dibandingkan buah apel dan anggur biasanya.

2. Tomat

Seperti yang kita ketahui, bahwa buah tomat merupakan salah satu buah yang tidak dapat tahan lama dan cepat membusuk. Tomat hasil pemuliaan ini menjadi berwarna agak ungu dan memiliki waktu simpan hingga 48 hari.

3. Plumcot

Selanjutnya ada buah Plumcot yang berhasil disilangkan antara buah aprikot dan juga buah parem. Buah Plumcot ini memiliki tekstur daging yang tebal dan padat, namun lembut dengan rasa manis masam yang tentunya menyegarkan.

4. Yuzu

Yang terakhir ada Yuzu yang sering dikenal dengan Citrus Junos merupakan tanaman jeruk hibrida hasil pemuliaan. Jeruk yang berasal dari Tibet tersebut mempunyai aroma yang cukup kuat dan ukurannya terbilang kecil.

Akhir Kata

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pemuliaan tanaman dapat dilakukan dengan cara atau metode konvensional dan inkonvensional. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa lebih meningkatkan wawasan.

Contoh Abstrak dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Abstrak dalam Kehidupan Sehari-hari

Abstraksi merupakan sebuah konsep yang sering dipakai dalam berbagai bidang termasuk bidang informatika. Lantas apa contoh abstrak dalam kehidupan sehari-hari? bagi kamu yang ingin memahami lebih dalam mengenai contohnya. Kamu bisa simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan lengkap apa saja contoh dan juga manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penggunaan […]
Rekomendasi Nama Kedai yang Menarik Bagi Pelanggan

Rekomendasi Nama Kedai yang Menarik Bagi Pelanggan

Kamu yang ingin membuka usaha kedai tapi belum memiliki nama. Kamu bisa banget simak artikel ini sampai selesai karena tim Mustakim Media akan menjelaskan beberapa nama kedai yang menarik yang bisa kamu gunakan. Karena jika nama kedai yang terkesan asal tentunya tidak akan membuat orang penasaran dengan kedai tersebut. Maka dari itu nama kedai juga […]

Penulis bayangan yang suka mengaspal di sepanjang jalan pantura.

Artikel Menarik Lainnya: