Pluralitas Budaya Bangsa Sebaiknya Disikapi dengan Apa?

Pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan bijak oleh setiap masyarakat di negara Indonesia. Ini dilakukan sebagai penolakan atas adanya perbedaan di setiap masing-masing daerah, etnis atau suku di Indonesia.

Karena pada dasarnya pluralitas ini sangat erat kaitannya dengan masyarakat di negara Indonesia. Untuk lebih jelas dan juga lengkapnya, kamu bisa perhatikan pembahasan mengenai pluralitas budaya di Indonesia pada kesempatan kali ini.

Apa Itu Pluralitas Budaya?

Definisi dari pluralitas budaya sendiri adalah suatu konsep yang merujuk kepada pengakuan, penerimaan atau diterima keberadaannya mulai dari menyikapi keanekaragaman suatu bangsa, suku maupun latar belakang perbedaan budaya.

Seperti definisi lainnya menjelaskan bahwa pluralitas merupakan kondisi dimana budaya yang tumbuh di masyarakat memiliki sifat atau karakteristik yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Ini menjadi ciri dasar masyarakat yang majemuk.

Macam-Macam Pluralitas Budaya Bangsa Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya, bahwa masyarakat di negara Indonesia memiliki keberagaman di berbagai aspek. Dengan begitu, terdapat juga beberapa macam pluralitas budaya yang dijunjung tinggi masyarakat Indonesia.

Lantas apa sajakah macam-macam pluralitas budaya yang dimaksud? Silahkan simak beberapa poin pluralitas beserta uraiannya di bawah ini:

1. Pluralitas Agama di Indonesia

Pertama ada pluralitas agama yang tentunya memiliki konsep yang sangatlah luas. Ini berkaitan dengan menerima kehadiran atau keberadaan agama yang berbeda. Pluralitas ini dapat meningkatkan kepercayaan jika semuanya sama.

Namun agama yang terdapat di Indonesia ini bermacam-macam, dengan begitu agama tidak dapat dipaksakan kepada setiap individu. Karena pada dasarnya, kebenaran di suatu atau setiap agama bersifat relatif.

2. Pluralitas Media di Indonesia

Sedangkan pluralitas media ini merupakan keberagaman teknologi yang digunakan untuk dapat membantu setiap individu berkomunikasi. Baik berkomunikasi dalam jarak yang dekat maupun komunikasi jarak jauh.

Dengan begitu, pluralitas media menjadi salah satu sarana penyampaian suatu informasi yang diakui keberadaannya.

3. Pluralitas Budaya di Indonesia

Lalu pluralitas budaya yang merupakan suatu kondisi budaya pada masyarakat majemuk. Istilah ini banyak digunakan untuk dapat menggambarkan kondisi penerimaan adanya budaya lain selain budaya yang dianut atau digunakan.

Yang mana artinya setiap individu akan mampu hidup dan berinteraksi bersama-sama dengan menerapkan sikap toleransi pada setiap perbedaan.

4. Pluralitas Sosial di Indonesia

Menerima perbedaan atau keberagaman dengan cara saling menghormati setiap individu yang hidup berdampingan. Ini dikarenakan interaksi sosial yang dibangun secara tidak langsung antara individu maupun pada tatanan sosial.

Pluralitas sosial ini akan terbangun atau tercapai pada saat masyarakat dapat hidup saling berdampingan di atas perbedaan.

5. Pluralitas Ilmu Pengetahuan di Indonesia

Kemudian yang terakhir adalah pluralitas ilmu pengetahuan yang merupakan suatu keanekaragaman ilmu yang dapat menjadi faktor utama dalam menumbuhkan ilmu pengetahuan. Ini dilakukan untuk berpikir secara ilmiah.

Maka hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ekonomi sosial menjadi bagian dari pluralitas ilmu peengetahuan di Indonesia.

Cara Menyikapi Pluralitas Budaya Bangsa di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa macam pluralitas budaya bangsa Indonesia di atas tadi. Maka pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan bijak sesuai dengan norma-norma kehidupan yang berlaku di lingkungan sosial masyarakat.

Selain menyikapi pluralitas budaya secara bijak, masih terdapat beberapa cara untuk menyikapinya. Langsung saja simak beberapa poin cara menyikapi suatu pluralitas budaya bangsa di Indonesia berikut ini:

1. Menyikapi dengan Bijak

Cara pertama yang wajib kamu sikapi terhadap pluralitas budaya bangsa di Indonesia adalah menyikapinya dengan bijak. Yang mana hal ini dilakukan agar kamu cermat dan pandai memilih mana nilai-nilai yang bisa diambil atau tidak.

2. Menyikapi dengan Toleransi

Kemudian menyikapi dengan memberikan toleransi pada kehidupan sosial. Seperti yang kita sadari, bahwa kita hidup di lingkungan masyarakat dengan berbeda latar belakang. Baik latar belakang mengenai agama, suku, dan lainnya.

3. Menyikapi dengan Menghargai

Menyikapi pluralitas budaya dengan menghargai setiap perbedaan yang terdapat di lingkungan memang harus selalu dilakukan. Karena hal ini merupakan suatu cara orang lain memandang kamu sebagai personal yang menghargai perbedaan.

4. Menyikapi dengan Menerima Pendapat

Menerima pendapat dari suatu pernyataan yang dikemukakan oleh individu yang memiliki latar belakang berbeda pun perlu kamu lakukan. Ini mencerminkan sifat atau karakteristik yang akan dihargai oleh individu ataupun kelompok lain.

5. Mencoba Mempelajari Kebudayaan Lain

Dengan mempelajari suatu kebudayaan lain tidaklah salah sepenuhnya. Namun kembali lagi, kamu harus pandai dan juga cermat dalam memilih serta memilah suatu aspek yang baik dipelajari dari suatu kebudayaan asing.

6. Tidak Mencela Perbedaan

Mencela merupakan suatu sifat yang buruk jika diaplikasikan pada kehidupan di masyarakat. Seperti yang kita ketahui, bahwa masyarakat di Indonesia sangatlah menjunjung tinggi norma menghargai dan menjauhi mencela suatu perbedaan.

7. Tidak Pilih-Pilih dalam Bersosialisasi

Yang dimaksud tidak pilih-pilih dalam bersosialisasi ini adalah tidak membedakan suatu individu atau kelompok berdasarkan latar belakangnya. Baik itu agama, suku, ras dan juga latar belakang lainnya.

Jadi, Pluralitas Budaya Bangsa Sebaiknya Disikapi dengan Apa?

Dengan begitu, pluralitas budaya bangsa tentunya harus disikapi dengan sangat bijak. Bukan tanpa sebab, ini dikarenakan saat ini banyak budaya atau kebiasaan asing yang belum tentu baik untuk diserap oleh masyarakat di negara Indonesia.

Kesimpulan

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa pluralitas budaya bangsa sebaiknya disikapi dengan bijak. Kamu bisa dengan cermat, pandai untuk memilih dan memilah antara hal yang baik dan buruk dari pluralitas budaya di Indonesia ini.

Artikel Menarik Lainnya: