Apa Itu Reksadana Campuran, Manfaat Dan Apa Risikonya?

Apa itu Reksadana Campuran, Manfaat dan Bagaimana Risikonya?

Gambar Dibuat di Canva | Reksadana Campuran

Reksadana campuran, seperti namanya memang jenis investasi dari Reksadana ini berisi dari beberapa campuran instrumen investasi. Mulai dari instrumen pasar uang, pendapatan tetap dan juga saham.

Namun perlu diketahui bahwa instrumen investasi ini punya aturan tentang bobot masing-masing aset.

Jadi campuran tiap jenis instrumen baik pasar uang, pendapatan tetap dan saham pembuatnya tidak lebih dari 79% dari total portofolio.

Untuk Anda yang menyukai fleksibilitas saat melakukan investasi, maka Reksadana campuran layak untuk dipertimbangkan.

Sebab Anda jadi lebih mudah untuk mengkombinasikan satu instrumen investasi dan instrumen lainnya sesuai dengan kondisi pasar saat ini. 

Manfaat Reksadana Campuran

Apa itu Reksadana Campuran Manfaat dan Bagaimana Risikonya 1
https://www.freepik.com/free-photo/digital-increasing-bar-graph-with-businessman-hand-overlay_13312397.htm#page=2&query=stock%20market&position=31&from_view=search

Reksadana campuran adalah jenis Reksadana yang membantu meminimalisir risiko saat investasi. Karena dana Anda tentu saja tersebar di beberapa instrumen aset. Selain itu apa saja manfaat memilih Reksadana jenis ini?

1. Relatif Lebih Aman

Reksadana campuran akan memberikan rasa aman yang lebih pada Anda sebagai investor. Apalagi Anda yang merupakan tipe investor yang lebih suka meminimalisir risiko. Kerugian bisa diminimalisir karena investasi disebar ke beberapa aset. 

Meski mungkin bisa merugi saat pasar tidak baik-baik saja, tapi kerugian yang Anda alami bisa tertutupi oleh keuntungan dari aset lain. 

2. Lebih Menguntungkan

Mengapa harus pilih Reksadana campuran? Tentu saja karena jenis instrumen investasi ini memiliki potensi yang menguntungkan. Reksadana campuran mampu memberikan potensi keuntungan setiap tahunnya tergantung dari perkembangan nilai aktiva bersih dari Reksadana. 

3. Sudah Terdiversifikasi

Reksadana jenis ini merupakan jenis investasi yang aman karena sudah diversifikasi. Hal ini jelas terlihat karena Reksadana campuran memberikan pilihan bagi Anda untuk melakukan investasi ke beberapa jenis instrumen sekaligus. 

Anda tinggal menyetor dana untuk investasi dan tidak perlu khawatir soal risikonya atau bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melakukan minimalisasi pada risiko tersebut. Reksadana campuran akan melakukannya untuk Anda.

4. Keuntungan Perpajakan

Sudah pasti Anda juga akan bebas dari namanya perpajakan karena pengembalian investasi Reksadana bukan merupakan objek pajak. Anda tidak perlu khawatir akan dikenai pajak saat melakukan pencairan dana investasi di reksadana. Reksadana juga liquid jadi bisa dicairkan sewaktu-waktu pada hari kerja. 

Risiko Investasi Reksadana Campuran

Apa itu Reksadana Campuran Manfaat dan Bagaimana Risikonya
https://www.freepik.com/free-photo/asian-woman-using-tablet-while-lying-home-sofa-her-living-room_4691899.htm#query=ASIAN%20USING%20PHONE&position=11&from_view=search

Setiap melakukan investasi tentu ada manfaat dan risiko yang harus diterima. Apabila memilih investasi dengan keuntungan yang tinggi maka sejalan pula dengan risikonya.

Begitu pula saat memilih Reksadana campuran, di mana Anda tidak hanya harus tahu manfaat di Reksadana jenis ini, tapi juga risikonya.

1. Risiko Pasar Naik Turun

Reksadana campuran tentu saja memiliki risiko dari nilai pasar yang berubah-ubah. Alasannya adalah karena investasi jenis ini memiliki komposisi pasar saham di dalamnya. Jadi harga atau nilai aktiva bersih (NAB) juga akan mengikuti pasar saham. 

Saat saham sedang naik maka Reksadana Anda naik dan jika turun maka Reksadana campuran Anda juga ikut turun.

Pasar saham terus mengalami gejolak atau disebut fluktuasi. Maka Anda juga harus pintar yang namanya menganalisa kondisi dan nilai tempat investasi yang tepat.

2. Tidak Dijamin Pemerintah

Risiko kedua yang perlu Anda pahami bahwa reksadana campuran ini adalah produk pasar modal dan bukan produk perbankan. Jadi sudah otomatis produk investasi ini tidak dijamin oleh pemerintah atau lembaga penjaminan simpanan (LPS). 

Jadi ketika Anda mengalami kerugian maka harus menanggung sendiri risiko tersebut. Namun penting untuk diketahui, bahwa Reksadana tetap merupakan produk yang diawasi dan diatur oleh OJK.

Sehingga produk investasi ini tepercaya namun harus paham keuntungan dan risiko masing-masing.

Investasi Reksadana Campuran di DBS Treasures

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa investasi Reksadana campuran harus memilih mitra investasi yang tepat. Anda bisa memilih perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra investasi yang memberikan banyak kelebihan. 

  • Dikelola oleh profesional, artinya bahwa seluruh investasi Anda tidak hanya aman tapi investasi reksadana di DBS Treasures dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang akan membantu untuk mengoptimalkan kinerja produk Reksadana campuran yang Anda investasikan dananya. 
  • Panduan berinvestasi, Anda tidak perlu khawatir karena DBS Treasures sudah didukung oleh tim ahli finansial yang handal dan juga proaktif. Tidak perlu bingung melakukan analisa pasar sendiri jika merasa tidak sempat, karena Anda akan mendapatkan analisa pasar dan peluang terkini dan paling update, apalagi sudah dipersonalisasi dan langsung dikomunikasikan kepada Anda sesuai momentum
  • Meminimalisir risiko dengan diversifikasi, karena Anda memilih jenis Reksadana campuran, maka risiko bisa teratasi dengan diversifikasi secara langsung. Karena dana Anda sudah disebarkan beberapa jenis aset sekaligus. 
  • Diawasi oleh pemerintah, investasi reksadana di DBS Treasures sudah diatur oleh pemerintah dan terdaftar serta diawasi oleh OJK. Semua kinerjanya juga transparan, karena semua reksadana wajib melakukan pelaporan informasi yang sama ke seluruh investor.
  • Proses transaksi mudah, Anda tinggal siapkan dana lalu lakukan transaksi di DBS Treasures. Didukung dengan inovasi digital Aplikasi digibank by DBS memberikan kemudahan transaksi. Mulai dari beli Reksadana, jual hingga switching. Anda yang merupakan investor baru dan tidak memiliki SID atau single investor identity maka bisa memiliki SID lewat Aplikasi digibank by DBS saja tanpa perlu pindah aplikasi atau platform.

Kini tentu Anda sudah tahu apa itu Reksadana campuran, serta manfaat dan risikonya.

Tidak perlu khawatir masalah tempat investasi yang tepat, Anda bisa memilih DBS Treasures untuk investasi dana Reksadana campuran atau pilihan instrumen Reksadana lainnya.

Investasi Reksadana campuran lewat DBS Treasures dan dan nikmati berbagai keuntungan sebagai nasabah prioritas. Tunggu apalagi, segera lakukan investasi hanya bersama DBS Treasures. 

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: