Teks Deskripsi Dapat Ditemukan di Buku? Ini Jawabannya!

Teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film, cerpen, majalah perjalanan serta dalam program televisi tentang jalan-jalan.

1 Fashion murah

Teks deskripsi ini merupakan tulisan yang menjelaskan tentang suatu benda dan bersifat ilustratif. Teks ini dapat membuat pembaca seperti ada dalam cerita dari teks deskripsi ini.

fashion muslim murah

Apa Itu Teks Deskripsi?

Teks deskripsi merupakan teks yang berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Dengan kalimat deskripsi, pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, dan merasakan sendiri tentang hal yang disampaikan pada teks tersebut.

Penulisan teks deskripsi berbeda dengan teks lainnya. Di mana teks deskripsi dibuat dengan menggunakan imajinasi serta memposisikan diri sebagai pembaca.

Kalimat yang digunakan dalam penulisan teks deskripsi ini harus jelas serta mudah dipahami. Agar pembaca lebih mudah mencerna apa yang digambarkan dalam teks tersebut.

Teks Deskripsi Dapat Ditemukan di Buku Apa?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa teks deskripsi itu dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film, cerpen, majalah perjalanan serta dalam program televisi tentang jalan-jalan.

1 Fashion murah

Teks informasi perjalanan harus ditulis dengan gaya penulisan desksiptif. Hal ini agar memudahkan pembaca memahami lokasi atau jalan yang akan ia lalui.

Tujuan Teks Deskripsi

Teks deskripsi dibuat dengan tujuan untuk menggambarkan sesuatu secara rinci dan subjektif. Sehingga pembaca bisa menelaah dan membayangkan sesuatu tersebut dengan baik.

Tanpa melihat benda yang di deskripsikan pembaca bisa memahaminya dengan sangat baik. Teks deskripsi akan membuat benda atau hal yang dideskripsikan menjadi secara nyata.

Teks deskripsi dapat menggambarkan objek secara rinci dan detail. Mulai dari latar waktu, suasana hingga bentuk dan rupa objek yang dideskripsikan dapat diuraikan dengan baik dan jelas.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi juga memiliki beberapa ciri yang menjadi identitasnya dan membuatnya beda dengan teks lainnya. Adapun beberapa ciri dari teks deskripsi di antaranya yaitu:

  1. Menjelaskan objek secara rinci dan detail
  2. Isi teks deskripsi menggambarkan objek secara kongkrit
  3. Menguraikan objek secara objektif, tidak menyertakan emosi atau pun kebutuhan pribadi ke dalamnya

Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi

Dilihat dari sisi kebahasaan nya, teks deskripsi juga memiliki ciri khusus, di antaranya yaitu:

1 Fashion murah
  1. Menggunakan kata-kata khusus untuk mendeskripsikan hal tertentu seperti warna dirinci merah, kuning, hijau
  2. Menggunakan kalimat rincian untuk mengongkretkan sesuatu
  3. Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat
  4. Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret
  5. Menggunakan kalimat rincian
  6. Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, dan merasakan apa yang diuraikan
  7. Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang

Akhir Kata

Jadi dari uraian di atas bisa disimpulkan bahwa teks deskripsi dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film, cerpen, majalah perjalanan serta dalam program televisi tentang jalan-jalan.

Buku-buku seperti ini memang dibuat dengan teknik penulisan deskriftif yang mana tulisannya akan sangat ilustratif sekali.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu