10 Tips Memilih VGA Gaming Terbaik & Anti Loading [Dijamin]

Untuk mendapatkan tampilan grafis yang detail dengan kecepatan yang tinggi, VGA adalah bagian yang harus kamu perhatikan ketika membeli atau merakit PC. Ini adalah 10 tips memilih VGA gaming terbaik yang bisa kamu gunakan.

1 Fashion murah

VGA (Video Graphics Array) merupakan salah satu part penting dalam PC ataupun laptop yang berfungsi untuk menghasilkan gambar dan video yang detail.

fashion muslim murah

Prinsipnya, semakin tinggi spesifikasi VGA maka akan semakin bagus tampilan gambar dan video pada PC/laptop.

Di tengah peperangan antara VGA NVidia dan AMD, kamu pasti bingung harus pilih yang mana. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Biar gak makin bingung, yuk simak tips memilih VGA gaming terbaik berikut ini agar kamu tidak salah memilihnya. Supaya bisa dapatkan VGA gameing sesuai dengan kebutuhan kamu.

Pilihan VGA Terbaik yang Ada di Pasaran

Saat ini terdapat 2 produsen VGA terbaik, yaitu Nvidian dan AMD. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut detailnya:

1 Fashion murah

1. VGA Nvidia

  • Memiliki harga lebih mahal dari pada AMD
  • Lebih cocok untuk main game
  • Dapat menampilkan gambar 3D lebih optimal
  • Gambar dan video lebih detail

2. VGA AMD

  • Harga lebih murah dari Nvidia
  • Lebih cocok untuk multimedia
  • Dibekali Unified Video Decoder
  • Fitur Eyefinity, gabung 6 monitor untuk dapat gambar lebih luas
  • Konsumsi listrik lebih efisien

Tips Memilih VGA Gaming Terbaik

Buat kamu yang bingung memilih VGA yang tepat untuk main game, berikut adalah beberapa tips memilih VGA gaming;

1. Pilih VGA Nvidia

Nvidia merupakan salah satu VGA terpopuler yang bisa kamu temukan di pasaran. Nvidia merupakan VGA terpopuler saat ini dan banyak sekali digunakan oleh jutaan orang.

Nvidia saya sarankan digunakan untuk PC gaming karena memang VGA ini cocok banget digunakan untuk bermain game. Detail gambar dan video nya sangat tajam.

2. Cek Kompatibilitas Motherboard & LCD PC

Jangan asal pilih, sebaiknya pilih VGA yang memang cocok dengan motherboard serta dengan layar PC yang kita miliki. Setiap motherboard memiliki dukungan khusus pada GPU VGA yang kompatibel dengan motherboard.

Pada kartu grafis terdapat seri yang dapat dicocokan antara keduanya apakah kompatibel atau tidak. Sebelum membeli VGA harus cek terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

3. Cek Core VGA

Nah ini juga tidak kalah penting nih. Untuk mendapatkan VGA terbaik, kamu harus pilih VGA dengan kecepatan yang tinggi. Semakin tinggi spesifikasi kecepatannya, akan semakin bagus pula aksesnya.

1 Fashion murah

Untuk memastikan VGA Card yang kamu beli itu cepat atau tidak, kamu bisa lihat dari core speed VGA yang akan kamu beli. Semakin besar maka akan semakin bagus.

4. Cek Tipe Memori & Bandwidth

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jenis memori yang digunakan. Jika kamu menggunakan VGA card ada 2 tipe memori yang bisa kamu pilih yaitu GDDR dan DDR.

Kedua jenis memori ini memiliki kemampuan yang berbeda. Untuk performa yang lebih maksimal disarankan untuk menggunakan GDDR5 versi terbaru.

Jika kamu masih menggunakan versi di bawahnya, saran saya sih ganti dulu dengan GDDR5 untuk memaksimalkan kinerja VGA yang dipakai.

5. Cek Juga TDP Laptop

TDP (Thermal Design Power) merupakan perangkat yang digunakan untuk perhitungan daya listrik. Nah, agar performanya lebih baik pilih dan gunakan TDP tinggi.

Dari pengalaman sendiri, semakin tinggi TDP maka performanya akan jauh lebih baik dan lebih stabil.

1 Fashion murah

6. Cek Spesifikasi Game yang Akan Digunakan

Setiap jenis game itu membutuhkan perangkat tertentu dengan spesifikasi khusus, termasuk untuk spesifikasi VGA yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Nah, salah satu tips memilih VGA gaming yang paling tepat adalah dengan melihat dulu spesifikasi VGA yang dibutuhkan game yang akan kamu mainkan.

Dengan demikian, kamu tidak perlu buang-buang waktu lagi karena sudah tahu jenis VGA apa yang kamu butuhkan untuk memainkan game tersebut.

7. Pastikan PSU Support ke VGA yang Dipilih

Jangan salah ya, PSU juga punya peranan penting bagi kinerja VGA. Saran saya pilih dan gunakan PSU dengan spesifikasi tinggi untuk bisa memaksimalkan kinerja motherboard sehingga transfer file lebih cepat.

Namun ini tidak wajib sih, selama support dengan VGA dan motherboard, maka bisa kamu gunakan. Namun untuk performa yang lebih oke, maka kamu harus pilih yang lebih good spesifikasi nya.

8. Pilih Sesuai dengan Budget

Pada akhirnya, semua harus disesuaikan dengan budget yang kamu sesuaikan. Memang untuk performa bermain game yang oke itu butuh dana yang tidak sedikit.

1 Fashion murah

Namun dengan budget kecil, kamu bisa juga dapatkan PC atau laptop dengan VGA yang mumpuni selama kamu membuat list kebutuhannya dan cek maksimal perangkat yang akan kamu dapatkan.

Sebelum melakukan riset dan memilih VGA pastikan dulu kebutuhan kamu dan budget yang kamu miliki.

9. Pilih VGA dengan Port yang Lengkap

Agar lebih mudah ketika digunakan, sebaiknya pilih VGA dengan port yang lengkap. Karena kebutuhan kita pasti akan banyak kan, nah cari VGA yang memiliki port lengkap.

Bagusnya sih jangan cuma port USB doang, tapi harusnya ada beberapa jenis port USB lain agar lebih multi fungsi. Tapi ya kembali ke kebutuhan kamu lagi sih.

10. Perhatikan Sistem Pendingin nya

Agar kinerja VGA lebih maksimal, perhatikan sistem pendingin pada komputer yang digunakan. Semakin baik sistem pendingin nya, maka akan semakin bagus pula kinerja nya.

Akhir Kata

Beberapa tips memilih VGA gaming ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Namun saya belum memakai game versi tinggi sih, masih versi rendah saja.

1 Fashion murah

Jadi VGA yang saya pakai belum pakai spek tinggi. Masih standar game yang saya pakai cuma GTA saja.

Artikel Menarik Lainnya:

Blog Literasi dan Dunia Teknologi

Menu