Fungsi dan Tujuan Penulisan Teks Cerita Sejarah Adalah?

Tujuan penulisan teks cerita sejarah adalah untuk memberikan informasi mengenai sejarah agar bisa dijadikan sebuah pembelajaran, pendidikan, dan pengetahuan.

Selain itu teks cerita sejarah juga memiliki fungsi dan tujuan lainnya.
Teks cerita sejarah merupakan teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta/kejadian masa lalu.

Yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah. Dengan tujuan untuk di jadikan pelajaran, dan hikmah kehidupan untuk masa sekarang.

Dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian teks cerita sejarah bersamai dengan tujuan dan fungsi dari teks cerita sejarah itu sendiri di tulis untuk apa.

Teks Cerita Sejarah Adalah

Teks cerita sejarah dapat dipahami sebagai sebuah teks yang memuat mengenai penjelasan atau penceritaan tentang suatu fakta dan peristiwa yang terjadi masa lalu.

Teks cerita sejarah sendiri biasanya di gunakan untuk mencari asal-usul atau latar belakang munculnya benda atau terjadi peristiwa sehingga memiliki nilai sejarah.

Suatu peristiwa yang dianggap memiliki nilai sejarah karena telah memenuhi beberapa syarat. Beberapa syarat teks cerita sejarah antara lain yaitu, peristiwa tersebut dapat memberikan dampak kepada banyak orang.

Selain itu, teks cerita sejarah hanya dapat memuat peristiwa yang unik, abadi, dan dianggap penting. Dengan begitu, teks cerita sejarah perlu mengandung nilai sejarah dan nilai-nilai kehidupan lain.

Sebab itu, sejarah menjadi bagian dari kehidupan karena ceritanya saja memiliki nilai kehidupan yang bisa di gunakan di masa sekarang.

Tujuan Penulisan Teks Cerita Sejarah Adalah?

Apa yang dimaksud teks cerita sejarah telah kamu pahami dari pengertiannya di atas. Sekarang beranjak mengenai apa tujuan penulisan teks cerita sejarah di buat. Dan berikut penjelasannya diantaranya adalah:

1. Memberikan Informasi

Tujuan pertama dalam teks cerita sejarah adalah memberikan informasi. Perlu kamu ketahui bahwa penulisan teks cerita sejarah tidak asal-asalan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penulisannya.

Contohnya seperti mengenai data fakta dari cerita sejarah itu sendiri yang tidak di tambahkan dan tidak di kurangi sehingga teks cerita sejarah yang dijadikan informasi yang cukup akurat dan terpercaya.

2. Memberikan Gambaran Peristiwa Masa Lalu

Selanjutnya tujuan dari penulisan teks cerita sejarah adalah untuk memberikan gambaran peristiwa masa lalu. Agar tujuan penulisannya tercapai maka penulis perlu menuliskan ceritanya dalam bentuk non fiksi.

Non fiksi yang wajib di penuhi seperti tokoh, alur, latar, dan kejadiannya harus nyata sesuai dengan data dan fakta.

Dan pembaca dengan mudah memahaminya. Dengan begitu pembaca akan bisa membayangkan peristiwa masa lalu tersebut dengan baik.

3. Mengedukasi Masyarakat Modern

Tujuan selanjutnya dari teks cerita sejarah adalah untuk mengedukasi masyarakat modern. Hal ini dikarenakan dalam ceritanya secara tidak sadar terdapat banyak nilai yang bisa di terapkan di kehidupan oleh masyarakat jaman sekarang.

Di tambah lagi dengan memperhatikan struktur drai penulisan teks cerita sejarah yakni orientasi, runtutan kejadian, serta reorientasi tentu tujuannya untuk mengedukasi pembaca.

Sehingga pembaca mengetahui waktu dan tempat bersejarah yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Sehingga tujuan mengedukasi tercapai.

4. Mengetahui Fakta Sebenarnya Mengenai Sebuah Peristiwa

Selanjutnya tujuan dari teks cerita sejarah adalah untuk mengetahui fakta sebenarnya sebuah peristiwa.

Karena teks cerita sejarah di ceritakan secara runut dengan menggunakan waktu kejadian yang sebenarnya sehingga para pembaca mengetahui fakta-fakta tentang kejadian sebenarnya.

Bukan dengan katanya, tapi benar-benar dengan data dan fakta yang sesuai dengan kejadian aslinya. Sehingga tujuan teks cerita sejarah adalah untuk mengetahui fakta sebuah peristiwa bisa di jadikan sebuah rujukan akurat.

5. Di Jadikan Bahan Pelajaran Dan Hikmah

Selanjutnya bertujuan untuk dijadikan bahan pelajaran dan hikmah. Banyak kejadian sejarah yang di dalamya memuat nilai-nilai kehidupan yang dapat kita petik sebagai pelajaran hidup.

Serta kita dapat mengambil hikmah atas peristiwa yang terjadi di masa lampau. Dan dijadikan cerminan atau juga pengingat untuk menghadapi kehidupan kita pada jaman sekarang ini.

Fungsi Penulisan Teks Cerita Sejarah Adalah

Berikut beberapa fungsi teks cerita sejarah yang harus kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Menginsfirasi Pembaca

Ketika membaca cerita sejarah masa lalu, pembaca akan bisa membayangkan kejadian dan tokoh di masa itu. Hal ini mendukung bangunnya sebuah pikiran, fantasi, serta kreativitas pada kehidupan berbangsa untuk semakin baik.

2. Membangun

Fungsi lainnya dari teks cerita sejarah adalah membangun. Artinya membangun disini adalah ceritanya bisa membantu manusia belajar apa yang belum di pelajarinya.

Yang dimaksud adalah belajar mengenai nilai moral sosial di lingkungan bermasyarakat serta kehidupan.

Dari cerita masa lalu pembaca bisa membangun sikap agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam lingkungan bermasyarakat.

3. Reaktif

Dengan membaca teks cerita sejarah akan menimbulkan beberapa perasaan atau emosi yang di timbulkan seperti perasaan campur aduk baik senang, sedih atau susah setelah membacanya.

Hal tersebutlah yang dibutuhkan anak-anak bangsa agar dapat tumbuh dengan baik dan peka terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Dan bersikap lebih baik dari sebelumnya.

4. Edukatif

Sebuah kisah yang mengandung nilai-nilai kehidupan sangat di butuhkan, hal tersebut bisa menajdi media edukasi untuk anak bangsa.

Terutama dijadikan panutan hidup oleh manusia modern seperti sekarang yang tidak merasakan peperangan.

Kesimpulan

Nah, itu dia penjelasan mengenai tujuan penulisan teks cerita sejarah beserta pengertian dan juga fungsinya. Semoga tulisan ini bermanfaat jangan lupa coment, like share ke media sosial kesayanganmu ya!

Artikel Menarik Lainnya: