Tujuan Utama Merevisi Teks Hasil Observasi Adalah? Jawab!

Tujuan Utama Merevisi Teks Hasil Observasi Adalah? Jawab!

Tujuan utama merevisi teks hasil observasi adalah? Teks hasil observasi merupakan catatan hasil pengamatan dari lapangan secara langsung. Di mana kita melakukan analisa berdasarkan fakta lapangan.

Teks observasi sendiri merupakan tulisan yang berkaitan dengan catatan hasil penelitian. Di mana data-datanya bisa dibuktikan secara nyata.

Namun teks ini masih mentah. Kita perlu mengolah lagi datanya menjadi lebih baik agar tidak ada kesalahan penulisan ataupun miss dengan data lainnya.

Proses ini disebut dengan istilah revisi teks observasi. Walau sebenarnya buka merevisi, melainkan meninjau ulang dan menyusunnya menjadi data valid yang bisa dijelaskan kepada orang lain.

Apa yang Dimaksud Merevisi Teks Hasil Observasi?

Yaitu proses melakukan peninjauan pada data hasil observasi untuk disajikan menjadi sebuah data valid yang akan digunakan pada saat proses persentase.

Data ini berasal dari lapangan kemudian diolah dengan menggunakan metode ilmiah. Setelah itu, di susun menjadi sebuah laporan yang menggambarkan proses observasi hingga menghasilkan data valid.

Proses peninjauan dari A-Z ini disebut dengan proses merevisi teks hasil observasi.

Tujuan Utama Merevisi Teks Hasil Observasi Adalah?

Adapun beberapa tujuan utama merevisi teks hasil observasi adalah:

1. Memperbaiki Kesalahan

Dikhawatirkan ada kesalahan pada data hasil observasi, maka dilakukan pembaikan pada data tersebut. Atau bisa juga ada kata-kata yang salam dalam penulisannya.

2. Merapi kan Data

Selain itu, datanya juga perlu banget dirapikan dengan baik. Dalam penulisannya, agar lebih enak dilihat dan nyaman dibaca, maka perlu dirapikan sedikit.

3. Menganalisa Perhitungan Data

Selain itu, tujuan utama merevisi teks hasil observasi lainnya yaitu adalah untuk melakukan analisa pada perhitungan data. Ini untuk memastikan

4. Menyajikan Data Sebaik Mungkin

Data hasil observasi tentu akan disajikan ketika persentase. Sebelum itu, perlu dilakukan revisi dahulu untuk memastikan data siap dibuka ke publik.

5. Menyempurnakan Penulisan Agar Mudah Dipahami

Tujuan utama lainnya ketika melakukan merevisi teks hasil observasi adalah untuk menyempurnakan penulisan teks agar mudah dipahami oleh pihak pembaca.

Kata Penutup

Tujuan utama merevisi teks hasil observasi adalah untuk memperbaiki kesalahan yang ada dalam teks maupun makalah/proposal agar menjadi sempurna sesuai kaidah dan strukturnya yang sudah berlaku.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: