8 Cara Membuat Artikel Jurnal yang Baik dan Benar [Mudah]

Bagi para akademisi, cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar sudah biasa dan mudah dilakukan. Namun bagi kamu yang masih pemula, sudah pasti akan lebih sulit dilakukan.

Jangankan membuat, format artikel jurnal pun pasti masih blank. Itu pula yang saya rasakan ketika pertama kali akan membuat jurnal artikel saya.

Biar kamu gak bingung seperti saya, kamu bisa ikuti langkah-langkah cara buat artikel jurnal yang baik dan benar berikut:

Struktur Artikel Jurnal

cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar

Artikel jurnal dibuat dengan menggunakan format khusus. Berikut adalah format penulisan artikel jurnal yang benar:

1. Judul

Struktur jurnal yang harus ada pertama yaitu adalah judul. Judul merupakan sebuah identitas dari sebuah jurnal.

Semakin menarik dan spesipik sebuah judul maka akan semakin menarik pula untuk melanjutkan membaca isi jurnalnya.

2. Abstrak

Struktur dalam pembuatan jurnal harus adanya abstrak. Abstrak bisa dikatakan sebagai ringkasan dan berfungsi untuk mencerna isi jurnal secara singkat.

Setidaknya harus ada 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil dan juga kesimpulan semua di sajikan di abstrak.

3. Pendahuluan

Setelah abstak struktur jurnal yang harus ada di jurnal adalah adanya pendahuluan. Di pendahuluan tersebut di bahas latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan.

Tulislah pendahuluan secara singkat dan pembahasannya jangan terlalu melebar agar pembaca tidak merasa bingung. Fokuskan ke judul, masalah dan tujuan.

4. Bahan dan Metode

Setelah pendahuluan selanjutnya yaitu menentukan bahan dan metode. Di bagian ini anda menjelaskan tentang proses percobaan yang akan dilakukan.

Jelaskanlah secara rinci dan jelas. Seperti desain percobaannya apa, peralatan yang digunakan apa, metode pengumpulan datanya seperti apa serta gambaran lokasi dan jenis pengendalian.

5. Hasil

Penyajian hasil bisa menggunakan tabel atau gambar atau gambar yang disisipkan teks naratif. Penyampaian hasil gunakan bahasa yang singkat dan jelas. Sajikan hanya hasil saja.

6. Pembahasan

Struktur artikel jurnal selanjutnya yaitu pembahasan. Di pembahasan anda harus bisa menyajikan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda dengan percobaan penelitian orang lain.

Dalam pembahasan tafsirkan data-data yang ada dengan pola yang diamati dari setiap hubungan antara variable percobaan dengan variable korelasi.

7. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan terdiri dari inti dari penilitian dari keseluruhan percobaan yang telah dilakukan dan setiap data yang diinformasikan secara singkat dan jelas.

8. Daftar Pustaka

Selanjutnya struktur jurnal adalah adanya daftar pustaka atau referensi rujukan yang telah anda gunakan dalam menulis artikel tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Artikel Ilmiah Non Penelitian Baik

Ciri Ciri Artikel Jurnal

cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar

Artikel jurnal juga punya beberapa ciri yang membedakan antara artikel jurnal dengan artikel ilmiah lainnya.

1. Memenuhi Kaidah Keilmuan

Ciri-ciri jurnal yang baik dan benar pertama harus memenuhi kaidah keilmuan. Artinya jurnal tersebut memberikan manfaat yang maksimal bagi pembaca.

2. Memiliki ISSN

Selanjutnya harus memiliki ISSN atau Internasional Standard Serial Number. ISSN ini merupakan delapan digit angka yang berfungsi sebagai nomor identifikasi jurnal.

3. Terdapat Terbitan Versi Online

Ciri-ciri jurnal yang baik dan benar lainnya yaitu memiliki versi online agar jika di butuhkan bisa di download atau di unduh jurnal nasional yang di akui dalam format PDF secara mudah.

4. Jurnal Dikelola Secara Profesional

Jurnal dikelola secara profesional dan konsisten jika jurnal nasional di terbitkan dua kali setahun maka setidaknya akan ada dua jurnal berbeda yang akan terus terbit di setiap tahunnya.

5. Ditujukan untuk Masyarakat Ilmiah

Jurnal yang diterbitkan untuk masyarakat ilmiah penerbitan jurnal akan membantu komunitas ilmiah untuk menemukan sumber referensi yang efektif.

Dan isinya sudah tidak diragukan lagi sehingga kebermanfaatannya sangat baik bagi masyarakat ilmiah.

6. Diterbitkan Lembaga Mumpuni

Jurnal yang baik dan benar harus diterbitkan oleh lembaga mumpui artinya bisa di terbitkan oleh penerbit, lembaga ilmiah, organisai profesi atau universitas dan unitnya.

Lembaga-lembaga tersebut sudah dijamin lembaga yang berkualitas.

7. Menampung Hasil Penelitian dari Berbagai Bidang Ilmu

Isi jurnal yang baik dan benar harus menampung hasil penelitian dari berbagai bidang ilmu dengan berbagai jenis metode penelitian. Dan harus berkaitan dengan bidang keilmuan dan profesi.

8. Memiliki Direksi

Memiliki direksi juga merupakan ciri dari jurnal yang baik dan benar dewan direksi atau editor harus ahli dalam bidangnya. Minimal editor memiliki pengetahuan yang beragam dalam mengoreksi lebih detail.

Baca juga:  Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Benar

Langkah Penyusunan Artikel Jurnal Ilmiah

cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar:

1. Buat Judul yang Menarik & Memiliki Latar Belakang Masalah

Judul merupakan hal pertama yang penting dalam pembuatan jurnal. Buatlah judul yang menarik dan memiliki latar belakang masalah agar pembahasan dapat fokus ke pokok permasalahan

2. Buat Abstrak

Buat abstrak yang singkat rinci namun jelas. Membuat abstrak bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Pertama tuliskan: judul penelitian, rumusan masalah, latar belakang dan tujuan penelitian
  • Kedua tuliskan: metode penelitian, teknik analisa data, landasan teori
  • Ketiga tuliskan: hasil atau kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yang sudah dilakukan

3. Buat Pendahuluan yang Jelas

Buatlah pendahuluan yang jelas. Jelaskan latar belakang masalah, rumusan masalah, hepotesis dan tujuannya di pendahuluan.

4. Tentukan Metode Penelitian

Tentukanlah metode penelitian yang menurut anda sesuai dengan judul penelitian yang akan kamu lakukan.

5. Lakukan Penelitian & Pengumpulan Materi

Setelah judul, abstrak, pendahuluan dan metode selanjutnya lakukakn penelitian dan kumpulkan materinya baik berupa dokumentasi, angket atau catatan.

6. Tuliskan Hasil dan Pembahasan Penelitian

Setelah mengetahui hasilnya tuliskanlah hasil dari penelitian yang anada lakukan dan bahas secara terperinci.

7. Tulis Kesimpulan

Berikan keimpulan dari hasil penelitian yang anda lakukan. Jelaskan sesuai hasil.

8. Tulis Daftar Pustaka

Tulislah daftar pustaka yang telah menjadi rujukan anda ketika menulis. Tulis kaidah daftar pustaka sesuai dengan kaidah-kadiah penulisan jurnal ilmiah.

Baca juga: Struktur Artikel Ilmiah yang Baik 

Akhir Kata

8 cara membuat artikel jurnal yang baik dan benar di atas adalah yang paling tepat kamu gunakan. Ikuti saja setiap poin dan langkah di atas ketika kamu akan membuatnya.

Ini adalah format dan cara penulisan artikel jurnal yang sering saya gunakan ketika buat artikel jurnal. Silahkan kamu ikuti langkah di atas jika mau buat artikel jurnal.

Tinggalkan komentar