Tuliskan Langkah-Langkah Menulis Iklan! [7 Langkah Benar]

Tuliskan Langkah-Langkah Menulis Iklan! [7 Langkah Benar]

Bagaimana cara menulis teks iklan yang benar? Tuliskan langkah-langkah menulis iklan yang baik dan benar! Kamu akan temukan jawaban lengkapnya di sini.

Menulis iklan bukanlah hal yang mudah. Teknik copywriting dan hipnowriting menjadi pondasi paling kuat yang harus digunakan dalam penulisannya.

Sebagai pemula yang akan menulis iklan untuk promosi produk secara online. Susunan dan pemilihan kata harus dilakukan dengan baik agar bisa mendatangkan hasil sesuai dengan keinginan.

7 Langkah Menulis Iklan yang Baik & Benar

Menulis teks iklan harus dilakukan dengan baik, karena tujuannya adalah mendapatkan penjualan. Teks iklan harus dapat mempengaruhi minat beli pembaca iklan.

Jika kamu sedang bingung mau mulai dari mana ketika akan menulis teks iklan yang benar, coba deh kamu ikuti 7 langkah berikut ini:

1. Mendeskripsikan Objek Iklan

Pertama kamu buat deskripsi objek iklannya terlebih dahulu. Apa yang akan kamu jual, tuliskan secara singkat dan sederhana apa yang menjadi objek iklan kamu.

2. Menentukan Media dan Bentuk Pemasangan Iklan

Kemudian kamu tentukan media yang akan kamu gunakan untuk memasang iklan serta bentuk pemasangan iklannya. Apakah kamu akan pasang iklan melalui Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads atau website?

Semuanya memiliki bentuk media yang berbeda dengan jenis konten iklan berbeda pula. Selain itu bahasa yang digunakan untuk setiap platform iklan juga beda.

3. Mencatat Isi Pesan yang Akan Disampaikan Dalam Iklan

Setelah itu, catat isi pesan yang akan disampaikan. Di bagian ini, kamu cukup tuliskan dulu saja poin penting yang akan kamu masukkan ke dalam teks iklan.

Untuk mempermudah kamu nantinya, kamu tulis dalam bentuk poin-poin penting.

4. Menentukan Judul Iklan yang Menarik

Salah satu bagian penting yang harus diperhatikan nomor pertama adalah menentukan judul. Judul teks iklan ini sangat penting, bahkan menurut kang Dewa Eka Prayoga, judul ini adalah iklannya iklan kita.

Maksudnya, judul merupakan komponen paling penting dalam teks iklan. Judul yang bagus akan dapat menarik minat pembeli untuk klik iklan yang kita buat.

Silahkan kamu tulis judul iklan yang menarik. Judul yang menarik harus dapat memberikan informasi yang jelas mengenai produk serta pembeli punya alasan kenapa mereka harus beli produk tersebut dan juga buat penasaran pembeli.

5. Menyusun Kerangka Iklan

Setelah itu, kamu buat kerangka iklan yang akan kamu tulis. Kerangka ini akan mempermudah kamu dalam penulisan teks iklan nantinya. Kerangka akan menjadi map dalam penulisan teks iklan.

Susun kerangka iklan dengan baik sesuai dengan poin poin yang akan di bahas dalam teks iklan kamu nantinya. Buat kerangka selengkap mungkin.

6. Menulis Isi Iklan dan Elemen Iklan

Setelah kerangka jadi, mulailah menulis isi iklan dengan baik. Kemudian, tambahkan elemen lain yang sekiranya dibutuhkan untuk membuat teks iklan kamu tersebut.

Elemen yang biasanya dibutuhkan dalam penulisan teks iklan itu bisa berupa image atau pun video. Pilih elemen yang tepat sesuai dengan jenis iklan yang kamu mau.

7. Edit Kembali Isi Teks Iklan

Setelah teks iklan jadi, kamu jangan langsung publish, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu teks iklan yang sudah kamu buat tersebut. Hal ini bertujuan untuk antisipasi kesalahan penulisan atau kalimat yang kurang tepat dalam iklan.

Pentingnya Menuliskan Teks Iklan

Menulis teks iklan menjadi satu bagian penting yang harus dilakukan. Teks iklan ini seperti sebuah konsep yang akan menjadi salah satu penentu tingkat keberhasilan iklan.

Beberapa alasan kenapa menulis teks iklan itu penting, yaitu sebagai berikut:

1. Menyesuaikan Isi Teks Iklan dengan Konsumen

Iklan itu perlu penyesuaian, karena iklan akan menjangkau orang dengan kriteria tertentu. Maka kita butuh konsep iklan yang sesuai dengan market yang kita targetkan.

Sebelum mulai beriklan kita harus membuat konsep iklannya terlebih dahulu. Konsep ini harus disesuaikan dengan jenis dan target konsumen yang akan kita bidik dengan iklan yang dibuat.

2. Relevansi Iklan dengan Konsumen

Iklan juga harus relevan dengan target marketnya. Baik dari penggunaan bahasa hingga elemen yang digunakan harus sesuai dengan target iklan yang akan dibuat.

Dari sisi usia ataupun kebiasaan serta lokasi, akan menentukan hal ini. Maka dari itu, konsep iklan perlu dibuat dan disesuaikan dengan target marketnya.

3. Melihat Seberapa Cocok Teks Iklan dengan Produk & Konsumen

Teks iklan harus dibuat karena harus sesuai dengan produk yang akan di iklankan. Teks iklan harus dapat menjelaskan secara sederhana dan singkat apa yang dijual.

4. Meningkatkan Penjualan

Syarat utama dari teks iklan adalah harus mampu mempengaruhi pembeli hingga mereka tertarik dan mau beli. Untuk bisa seperti itu, yang kita butuhkan adalah iklan yang terkonsep dengan baik.

Akhir Kata

Tuliskan langkah-langkah menulis iklan, di atas saya jelaskan 7 langkah sederhana yang bisa kamu ikuti dan gunakan ketika membuat teks iklan, yaitu:

  1. Mendeskripsikan objek teks iklan
  2. Menentukan media dan bentuk pemasangan media iklan
  3. Mencatat isi pesan yang akan disampaikan
  4. Menentukan judul teks iklan
  5. Menyusun kerangka teks iklan
  6. Menulis Isi Iklan dan Elemen Iklan
  7. Membaca dan meneliti kembali teks iklan

Sudah paham sampai di sini? Silahkan tanyakan jika kamu belum paham mengenai konsep penulisan teks iklan di atas. Simpan pertanyaan kamu di kolom komentar.

Hanya seorang Blogger enthusiasm dan penikmat kopi saja. Suka berbagi pengetahuan kecil & bercita-cita jadi pengusaha media.

Artikel Menarik Lainnya: