Apa Itu Organic Traffic dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Apa itu organic traffic? Bagaimana cara untuk mendapatkannya? Ini adalah pertanyaan yang seringkali menjadi pembahasan di kalangan blogger atau pemilik website. Trafik sendiri merupakan jumlah visitor atau pengunjung yang sudah melakukan akses, membaca, maupun mengunjungi suatu halaman web.

Dimana aktivitas ini sudah direkam oleh mesin pencarian. Semakin tingginya trafik atau lalu lintas web ini, maka akan makin besar pula peluang sebuah website bisa menarik perhatian dan berpotensi mendapatkan keuntungan. Ketika mengelola situs web, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mendapatkan lalu lintas web ini.

Adapun salah satu trafik yang paling banyak dimanfaatkan dan dijadikan strategi andalan oleh para blogger atau pakar SEO adalah trafik organik. Pasalnya, jenis trafik ini sangatlah efektif untuk meningkatkan domain authority dan juga page authority.

Apa Itu Organic Traffic?

Apa Itu Organic Traffic dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Organic traffic adalah pengunjung yang datang ke situs web melalui halaman hasil mesin pencari (SERP) tanpa iklan berbayar. Dengan kata lain, trafik organik adalah hasil dari pengguna yang menemukan situs web Anda secara alami dengan klik hasil pencarian saat pengunjung mencari kata kunci tertentu.

Saat pengguna memasukkan kata kunci ke mesin pencari seperti Google, algoritma mesin pencari menganalisis keyword dan menyajikan hasil yang paling relevan di SERP. Trafik organik terjadi saat situs web muncul di hasil penelusuran tersebut dan pengguna klik tautan untuk mengunjungi situs Anda.

Dengan meningkatnya trafik organik, situs website Anda tentu akan mempunyai peluang yang lebih tinggi untuk dapatkan pengunjung relevan. Selain itu, hal ini juga berpengaruh pada meningkatkan visibilitas web.

Website bisa menghasilkan lebih banyak interaksi, seperti penjualan, langganan, atau pembacaan konten. Penting untuk memperhatikan trafik organik dalam strategi pemasaran online karena dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi sebuah situs web.

Bagaimana Cara Mendapatkan Organic Traffic?

Untuk mendapatkan trafik organik yang signifikan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dan terapkan.

1. Riset Kata Kunci

Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui kata kunci yang relevan dan populer dalam niche atau tema website Anda. Gunakan tools seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau SEMrush untuk menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi, namun persaingan yang cukup ringan.

2. Optimisasi SEO On-Page

Optimalkan setiap halaman di situs web Anda dengan memasukkan kata kunci yang relevan ke dalam judul, meta deskripsi, URL, konten, dan atribut gambar. Pastikan konten Anda berkualitas, informatif, dan sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

3. Konten yang Berkualitas

Buat konten yang relevan, informatif dan berkualitas tinggi yang mampu menarik bagi pengunjung yang Anda targetkan. Buatlah artikel blog, panduan, video, atau konten visual lainnya yang dapat memberikan nilai tambah kepada pengunjung Anda. Perbarui konten secara teratur untuk menjaga keterlibatan pengunjung dan memberikan alasan bagi mesin penelusuran untuk mengindeks kembali situs Anda.

Backlink adalah tautan yang mengarah ke situs Anda dari situs web lain. Dapatkan backlink berkualitas dari situs web yang relevan dengan website. Membangun backlink dapat meningkatkan kepercayaan website Anda di mata mesin penelusuran. Maka dari itu, hindari membuat link yang mengarah ke website Anda dari web yang berkualitas buruk dan tidak relevan.

5. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Manfaatkan kekuatan media sosial untuk memperluas jangkauan konten Anda. Bagikan konten secara teratur di platform media sosial yang relevan dengan audiens target Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan jumlah tautan balik, lalu lintas, dan tingkat branding.

6. Pengalaman Pengguna yang Baik

Fokuslah pada pengalaman pengguna yang baik dengan memastikan situs web Anda responsif dan mudah dinavigasi. Pastikan halaman web Anda memiliki waktu loading yang cepat, tautan yang berfungsi dengan baik, dan desain yang responsif di berbagai perangkat. Jangan sampai pengunjung Anda hanya masuk dan kemudian pergi, dan hanya meningkatkan bounce rate.

SEO organik adalah proses yang membutuhkan waktu dan cenderung rumit untuk dilakukan. Terlebih bila Anda masih awam dan belum terlalu paham mengenai seluk beluk SEO itu sendiri. Anda pun perlu memiliki penguasaan dan keahlian yang baik untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di mesin penelusuran.

Sebagai solusi mudah, Anda bisa menggunakan SparkTraffic Traffic Bot. Layanan lalu lintas bot ini mampu meningkatkan trafik ke situs web Anda dengan cepat dan kuat. Menariknya, Anda tidak akan bisa membedakan antara trafik pengunjung bot dan juga manusia yang sebenarnya dengan SparkTraffic.

Anda bisa mendapatkan lalu lintas konstan dengan layanan trafik bot premium. Dapatkan jaminan hasil di Google Analytics dan tunggu kemungkinan prospek, penjualan, serta konversi sebenarnya dari web Anda. SparkTraffic menghadirkan 100% trafik web berkualitas dan terkonversi.

Artikel Menarik Lainnya: