Paragraf Argumentasi Adalah: Jenis, Ciri, Struktur

Paragraf Argumentasi Adalah: Jenis, Ciri, Struktur

Seperti yang telah kita pahami bahwa paragraf berfungsi untuk memudahkan pengertian dan pemahaman dengan memisahkan satu topik dengan tema yang lain karena setiap paragraf hanya boleh mengandung satu unit pikiran atau ide.

Paragraf ternyata banyak jenisnya salah satunya paragraf argumentasi. Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti. Untuk lebih lengkapnya simak artikel ini ya!

Paragraf Argumentasi Adalah

Paragraf Argumentasi Adalah

Paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti. Jadi, paragraf argumentasi adalah sebuah karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu.

Dengan begitu, paragraf argumentasi tersebut bukan hanya omong kosong saja dan pembaca merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis.

Paragraf argumentasi atau paragraf bahasan adalah suatu corak paragraf yang bertujuan membuktikan pendapat penulis agar pembaca menerima pendapatnya.

Dan dalam paragraf ini penulis menyampaikan pendapat yang diserta penjelasan dan alasan yang kuat dan meyaakinkan dengan maksud agar pembaca bisa terpengaruh.

Dasar tulisan argumentasi adalah berpikir kritis dan logis berdasarkan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan. Fakta tersebut dapat diperlohe dengan berbagai cara, antara lain bahan bacaa dari buu, majalah, surat kabar, atau juga internet.

Selain itu paragraf ini harus di jauhkan dari emosi dan unsur subjektif. Paragraf argumentasi dapat dikembangkan dengan polsa sebab akibat yakni menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya sebagai akibat dari sebab tersebut.

Dan dalam penggunaannya, pola sebab akibat yaitu menyampaikan terlebih dahulu akibatnya kemudian dicari sebab-sebabnya.

Jenis-Jenis Paragraf Argumentasi

Setelah mengetahui paragraf argumentasi yaitu paragraf bahasan selanjutnya mari kita simak apa saja jenis dari paragraf ini, dan berikut penjelasannya:

1. Paragraf Argumentasi Rincian

Jenis paragraf argumentasi rincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa perincian.

2. Paragraf Argumentasi Contoh

Paragraf ini adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulisan yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca.

3. Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Yaitu paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut.

4. Paragraf Argumentasi Akibat Sebab

Paragraf argumentasi akibat sebab adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya.

Bagaimana Cara Menyusun Paragraf Argumentasi

Nah, bagi kamu yang masih kebingungan bagaimana cara menyusun paragraf argumentasi berikut adalah langkah-langkah untuk menyusun paragraf argumentasi yang perlu kamu ketahui yaitu:

  • Pertama kamu bisa buat topik terlebih dahulu
  • Selanjutnya kamu menetapkan tujuan karangan
  • Kemudian melakukan observasi lapangan
  • Dan setelah itu membuat kerangka karangan
  • Lalu mengembangkan kerangka karangan
  • Dan membuat kesimpulan
  • Dan selesai

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

Untuk lebih mengetahui apakah paragraf yang kamu baca adalah merupakan paragraf argumentasi kamu bisa diamati dari ciri-cirinya di bawah ini.

Ciri-ciri ini juga bisa kamu jadikan patokan untuk membuat paragraf argumentasi yang baik dan benar. Ciri-ciri dari paragraf argumentasi diantaranya adalah:

  • Pertama berisikan pendapat penulisan tentang suatu  fenomena
  • Pendapat disertai alasan yang logis dan fakta
  • Memiliki data faktual yang mendukung pendapat penulis
  • Fenomena dijabarkan dengan cara menganalisis dan memberikan analogi
  • Diakhiri dengan kesimpulan berupa pendapat penulis secara lebih luas

Struktur Paragraf Argumentasi

Seperti jensi paragraf lainnya, paragraf argumentasi juga memiliki beberapa struktur diantaranya adalah:

1. Pendahuluan

Pada bagian ini, penulis menunjuka dasar atau landasan dari sebuah argumentasi yang akan disampaikan. Bagian ini sangat penting karen abertujuan untuk menyampaikan argumentasi yang dapat memikat dan meyakinkan pembaca.

Dengan menggunakan gaya bahasa yang menarik, maka pembaca akan memusaykan argumen yang akan disampaikan.

2. Tubuh Argumen

Pada bagian ini, penulis menyampaikan pendapat yang berfokus pada usaha yang membuktikan pendapat atau gagasan yang telah disampaikan di awal pada bagian pendahuluan.

Tubuh argumen berisi kalimat-kalimat pendukung yang berfungsi untuk menjelaskan idepokok dengan memaparkan data, fakta, atau alasan yang logis.

3. Kesimpulan

Yaitu merupaa sebuah ringkasan dari penulis. Yang bertujuan untuk menunjukan kepada pembaca bahwa gagasan atau pendapat yang diberikan sesuai dengan kebenaran dan dapat dipercaya.

Contoh Paragraf Argumentasi

Kemudian ada beberapa contoh paragraf argumentasi yang bisa kamu jadikan contoh jika memang suatu saat kamu membutuhkannya. Dan berikut beberapa contoh paragraf argumentasi.

1. Contoh paragraf argumentasi 1

Udara di kota-kota industri sangat kotor dengan banyaknya asap hitam hasil pembakaran di pabrik-pabrik.

Udara makin panas sehingga menyebabkan berbagai dampak lingkungan hidup. Es mulai mencair. Itulah berbagai akbiat yang terjadi karena eksploitasi besar-besaran minyak bumi.

2. Contoh paragraf argumentasi 2

Kemarai tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagai penyerap air banyak yang ditebang.

Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. ditambah lagi dengan hara pupuk yang makin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan tanahnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.

3. Contoh Paragraf Argumentasi 3

Biaya pendidikan di Indonesia saat ini cukup tinggi bahkan sangat mahal. Memberikan bantuan, namun tetap saja para siswa wajib membayar biaya untuk keperluan sekolah, yaitu seragam, baju, buku dan lain sebagainya.

Mahalnya biaya pendidikan di mulai dari dasar hingga perguruan tinggi. Banyak anak yang lulus dari SMA lebih memilih untuk bekerja dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Sehingga pendidikan di Indonesia tidak merata dan hanya terkonsentrasi pada orang yang mampu. Sedangkan bagi yang kurang, pendidikan tinggi hanya sebuah impian belaka.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai paragraf argumentasi adalah sebuah tulisan yang isinya bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data atau fakta sebagai alasan/bukti.

Suka membaca novel dan dunia literasi. Menuangkan ke dalam tulisan agar banyak orang yang tahu apa yang aku baca hari ini.

Artikel Menarik Lainnya: