Artikel SEO Friendly Adalah: Arti, Ciri & Cara Membuatnya!

Artikel SEO friendly adalah artikel yang dibuat dengan cara mesin pencari Google menyajikan konten di halaman SERP (Search Engine Result Page) sehingga artikel akan lebih mudah dikenali bot Google.

Artikel yang SEO friendly akan menjadi prioritas utama mesin telusur untuk ditampilkan di halaman pertama hasil pencarian.

Blog yang diupdate dengan menggunakan artikel yang SEO friendly akan memiliki trafik lebih tinggi dari pencarian organik ketimbang artikel yang ditulis asal-asalan.

Pengertian: Artikel SEO Friendly Adalah?

Sederhananya, artikel SEO friendly itu adalah artikel yang dibuat dengan tujuan agar masuk ke halaman pertama hasil pencarian. Artikel seperti ini dibuat dengan teknik dan cara khusus.

Serangkaian cara dan proses yang dilakukan ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan mesin telusur.

Para praktisi SEO marketing, menempatkan artikel di posisi paling atas dalam urusan optimasi. Bahkan para kakar SEO sepakat bahwa konten adalah hal utama yang harus diperhatikan untuk optimasi SEO.

Untuk itu, proses dan cara penulisannya tidak bisa dilakukan secara asal-asalan dan sembarangan.

Ciri dan Kriteria Artikel SEO Friendly

Artikel SEO dan artikel biasa, memiliki banyak sekali perbedaan. Di artikel sebelumnya sudah saya jelaskan perbedaan artikel SEO dan artikel biasa, silahkan baca dulu.

Artikel SEO memiliki ciri-ciri tertentu yang akan jadi pembeda. Beberapa ciri yang dimiliki artikel SEO, di antaranya:

  • Awal paragraf pasti terdapat kata kunci utama
  • Kata kunci sering kali di bold
  • Dilengkapi dengan LSI keyword
  • Format nya rapi
  • Pembahasan lengkap dan menjawab keyword
  • Mudah ditemukan di SERP

Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Membuat artikel SEO friendly sebenarnya sangat mudah. Tidak jauh berbeda dengan menulis artikel biasa. Jika kamu sudah terbiasa menulis artikel biasa, kamu pasti bisa menulis artikel SEO.

Kamu mungkin butuh sedikit pengetahuan saja tentang artikel SEO. Setelah paham, kamu akan dapat menulis artikel tersebut dengan mudah dan cepat.

Adapun tahapan menulis artikel SEO, yaitu sebagai berikut:

1. Lakukan Riset Keyword

Artikel SEO sangat bergantung pada riset keyword. Untuk membuat artikel SEO yang bagus dan friendly serta mudah dioptimasi, riset Keyword adalah bagian paling utama yang harus dilakukan.

Terlebih jika dilakukan dengan menggunakan bantuan tools premium. Lakukan riset Keyword dengan baik, dan temukan celah paling mudah untuk menang di SERP Google.

2. Tulis Paragraf Pertama Mengandung Keyword

Ciri khas artikel SEO adalah menempatkan kata kunci atau Keyword di paragraf pertama. Meski ini sudah dianggap kuno oleh sebagian praktisi SEO, namun saya masih menganut paham tersebut.

Artikel SEO memang sangat identik dengan kalimat pertama yang mengandung kata kunci. Namun gak nagasal tempatin saja, Keyword harus related dengan bahasa dalam paragraf tersebut.

3. Keyword Tulis di Judul

Selain di paragraf pertama, dalam artikel SEO, Keyword juga harus ditulis pada judul artikel. Bahkan ini menjadi hukum wajib dalam penulisan artikel SEO.

4. Judul Ada di Heading

Heading atau sub judul pun harus mengandung kata kunci. Relevansi heading pada judul dan kata kunci harus diperhatikan dengan baik. Ini akan menunjang kekuatan dari artikel yang ditulis.

Namun penempatan nya pun tidak boleh dilakukan secara asal-asalan atau sembarangan. Keyword harus ditempatkan pada judul dengan baik dan relate dengan kata kunci yang dibahas.

5. Tulis Keyword di Penutup

Dibagian penutup pun harus mengandung kata kunci. Walau ini juga merupakan konsep artikel SEO jadul yang masih kaku. Tapi masih banyak juga praktisi SEO yang gunakan teknik ini.

6. Lengkap Artikel dengan LSI Keyword

LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword adalah salah satu bagian penting dari artikel SEO. Artikel yang SEO friendly pasti akan ditulis dengan menggunakan LSI Keyword.

Penjelasan mengenai LSI Keyword akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

7. Tambahkan Gambar + ALT Keyword

Artikel yang SEO Friendly harusnya dilengkapi dengan gambar. Gambar yang digunakan pun harus dilengkapi dengan ALT Keyword. Selain itu, gambarnya juga harus relate dengan isi konten artikelnya.

Akhir Kata

Artikel seo friendly adalah adalah artikel yang ditulis dengan tujuan untuk mempermudah artikel masuk ke halaman utama hasil pencarian Google.

Artikel SEO menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan ketika akan menulis konten artikel.

Artikel Menarik Lainnya: