Cara Membuat Slip Gaji Karyawan di Word & Excel [Mudah]

Cara membuat slip gaji yang paling mudah yaitu dibuat pada microsoft word dan excel. Bahkan sekarang ada banyak berbagai template slip gaji karyawan yang dapat didownload di internet secara gratis.

Tetapi, membuat slip gaji karyawan secara manual di word dan excel akan lebih memudahkan kita untuk menentukan format apa saja yang akan ditulis sesuai dengan tujuannya.

Apa Itu Slip Gaji?

Slip gaji adalah dokumen yang diberikan kepada karyawan pimpinan perusahaan.

Slip gaji merinci jumlah pembayaran yang diberikan, disertai dengan potongan gaji seperti untuk membayar pajak, asuransi, dan pensiunan.

Slip gaji akan menuliskan jumlah yang diterima karyawan setelah pemotongan asuransi dan lainnya dalam periode pembayaran yang tertulis di slip.

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan di Word

Berikut ini cara membuat slip gaji karyawan di word yang harus kamu ketahui.

1. Buat Tabel

Pertama, cara membuat slip gaji karyawan di word yaitu membuat tabel. Pastikan kamu sudah menulis manual contoh slip gajinya. Dengan begitu, kamu dapat memperkirakan seberapa banyak tabel yang dibutuhkan.

2. Tuliskan Nama Perusahaan

Tuliskan nama perusahaan kamu di bagian paling atas. Tujuannya seperti KOP slip gaji,

3. Tuliskan Periode Slip Gaji

Setelah menuliskan nama perusahaan, kamu juga disarankan untuk menuliskan periode slip gaji. Dengan begitu, slip gaji ini memang dapat dijadikan sebagai bukti pembayaran setiap bulannya.

4. Tuliskan Informasi Umum

Silahkan kamu tuliskan informasi umum karyawan, seperti nama, tanggal pengangkatan, gaji kotor, informasi rekening bank, dan informasi lain yang diperlukan.

5. Tuliskan Jumlah Off Days

Sekarang tuliskan jumlah off days karyawan dan jumlah hari dalam sebulan. Kurangi off days dari jumlah hari dalam sebulan untuk mendapatkan total hari pembayaran.

6. Jumlahkan Nominal Gaji

Tambahkan semua gaji karyawan, termasuk gaji pokok, tunjangan sewa rumah, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan tunjangan khusus, ke dalam satu kolom.

Hitung nominal gaji setiap karyawan sesuai jumlah hari kerja. Gaji kotor aktual karyawan dihitung dengan menjumlahkan penghasilan mereka.

7.Kurangi Jumlah Gaji Kotor dengan Potongan

Tuliskan potongan seperti pajak, asuransi kesehatan, cicilan, arisan, dan yang lainnya.

Kurangi semua potongan dari kompensasi kotor yang diperoleh karyawan untuk bulan itu, dan jumlah sisanya adalah gaji bersih karyawan.

Cara Membuat Slip Gaji Karyawan di Excel

Berikut ini cara membuat slip gaji karyawan di excel dengan langkah-langkah yang mudah, yaitu:

1. Siapkan Informasi Umum

Pertama, kamu harus terlebih dahulu menyiapkan informasi umum tentang perusahaan.

Misalnya, kita harus menyertakan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan logo. Setelah itu, kamu dapat menambahkan informasi lain mengenai perusahaan tersebut.

2. Periode Gaji

Berikutnya, kamu perlu menentukan gaji bulan mana yang akan dibayarkan.

3. Tuliskan Data Karyawan

Selanjutnya, kamu harus memasukkan semua informasi yang berkaitan dengan karyawan. Informasi karyawan harus terdiri dari nama karyawan, ID, jabatan departemen, jenis kelamin, tanggal bergabung, dan alamat.

4. Catat Nomor Rekening

Setelah informasi karyawan diberikan, tuliskan juga nomor rekening bank karyawan, dan nama bank. Tujuannya yaitu agar pengiriman gaji dapat ditransfer ke rekening karyawan.

5. Tuliskan Rincian Gaji

Selanjutnya, kamu perlu menuliskan periode hari pembayaran, hari libur, dan hari dalam sebulan.

Tuliskan rincian gaji dari gaji kotor, tunjangan, hingga potongan setiap bulannya.

6. Hitung Pembayaran Bersih

Selanjutnya, kamu perlu menghitung jumlah pembayaran bersih. Untuk menghitungnya, gunakan rumus: Total Penghasilan – Total Potongan.

Jadi, setelah pembayaran bersih tiba, format slip gaji siap digunakan.

7. Tanda Tangan

Dalam slip gaji yang resmi, tentu harus ada bagian atau format untuk tanda tangan.

Fungsi dan Manfaat Slip Gaji Bagi Karyawan

Berikut ini beberapa manfaat dan fungsi dari slip gaji untuk karyawan yaitu:

1. Mengetahui Rincian Gaji

Pada dasarnya, mengetahui rincian gaji adalah manfaat dari slip gaji. Karyawan dapat mengetahui dan memahami detail gaji, seperti jumlah uang lembur yang karyawan dapatkan.

Karyawan dapat melihat berapa gaji yang diterima, beserta potongannya seperti iuran BPJS ketenagakerjaan, BPJS kesehatan, dan pajak penghasilan.

Informasi yang dicantumkan harus lengkap agar tidak terjadi masalah industri antara perusahaan dengan karyawannya.

Dengan informasi yang tidak lengkap, ini menunjukkan tidak adanya transparansi. Mungkin ada kesalahpahaman di kedua sisi antara pihak karyawan dan perusahaan.

2. Slip Gaji Sebagai Bukti Resmi Pekerjaan

Slip gaji adalah bukti resmi dari pekerjaan. Slip gaji juga membantu dalam berbagai kepentingan. Misalnya, untuk mendaftarkan sekolah anak ke universitas, mendaftar hutang, dan lainnya.

3. Perencanaan Pajak Penghasilan

Gaji kamu mengandung berbagai komponen seperti, tunjangan transportasi , tunjangan kesehatan , tunjangan perjalanan cuti , dan lainnya.

Kamu yang mungkin memiliki perlakuan pajak yang berbeda. Mengetahui nilai komponen terpisah dapat menjadi dasar untuk memaksimalkan penghematan pajak penghasilan Anda untuk tahun keuangan yang berlaku.

4. Mengajukan Kartu Kredit

Untuk mengajukan permohonan kartu kredit, ada mekanisme yang harus dipenuhi oleh nasabah. Salah satunya yaitu harus ada bukti slip gaji.

Selain membantu menentukan limit kartu kredit nasabah, slip gaji juga bermanfaat bagi pihak bank sebagai bukti dan jaminan, dan sebagai alat untuk mengaudit kesehatan uang nasabah.

Hal tersebut akan mempengaruhi persetujuan permohonan sebuah kartu kredit.

5. Mengajukan KPR Rumah

Jika kamu ingin memiliki rumah tetapi tidak memiliki cukup keuangan maka dapat mengajukan KPR. Salah satu syaratnya yaitu dengan menyertakan slip gaji.

Umumnya, pihak KPR bank akan menyetujui pengajuan pinjaman KPR apabila nasabah mempunyai penghasilan tetap sesuai dengan nominal tertentu.

6. Lampiran Melamar Pekerjaan Baru

Ketika kamu ingin melamar pekerjaan baru, kamu juga dapat melampirkan slip gaji dari pekerjaan sebelumnya. Meskipun perusahaan tidak menanyakannya. Tetapi, hal ini dapat menjadi bukti bahwa kamu memang sebelumnya sudah pernah bekerja di perusahaan tersebut.

7. Mengajukan KTA Kredit

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk pinjaman yang diberikan untuk nasabahnya tanpa memerlukan jaminan atau permintaan agunan. Kini, kamu dapat mengajukan pinjaman KTA Kredit di berbagai aplikasi pinjaman online.

Dengan melampirkan slip gaji maka kemungkinan besar, pinjaman kamu akan disetujui.

Artikel Menarik Lainnya: